Cara Membuka Pola HP yang Lupa

0
cara membuka pola hp yang lupa

Memasang pengaman pola di HP merupakan salah satu cara untuk menjaga privasi kita, agar tidak sembarang orang bisa membuka dan menggunakan Handphone kita. Namun, repotnya kalau kita lupa dengan pola yang kita buat. Untungnya ada cara membuka pola hp yang lupa.

Fungsi utama dari pola kunci hp adalah untuk menjaga privasi pengguna HP, seperti foto, video, percakapan dan beberapa hal penting lainnya tentu ada beberapa yang sifatnya rahasia. Dengan ada pola kunci hp juga bisa menghindarkan dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Apalagi jika pada handphone Anda terhubung dengan akun bisnis dan keuangan, tentu bisa gawat jika ada tangan-tangan jahil yang berniat jahat. Maka dengan pola hp yang sulit dan tidak mudah ditebak orang lain akan membuat hp Anda aman.

Namun dalam membuat pola hp yang sulit dan rumit bisa berakibat Anda lupa pola hp yang sudah dibuat. Jika hal itu terjadi, bisa sangat merepotkan, apalagi jika tidak tahu cara membuka pola hp yang lupa.

Nah, jika Anda lupa pola yang sudah dibuat sebelumnya, Anda bisa menyimak beberapa cara membuka pola Android tanpa reset yang akan dibahas pada artikel ini. Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa digunakan jika Anda lupa pola, bukan lupa kata sandi handphone Anda.

Berikut beberapa cara membuka pola hp Android tanpa melakukan reset perangkat.

Memanfaatkan Fitur “Lupa Sandi/ Fotgot Pattern”

Cara membuka pola hp yang lupa pertama adalah dengan memanfaatkan fitur lupa sandi atau forgot pattern. Untuk menggunakan fitur ini cukup mudah, namun pastikan handphone Anda terhubung dengan jaringan internet.

Cara membuka pola yang lupa:

  1. Pertama pastikan hp Anda sudah terhubung internet, juga siapkan akun Google.
  2. Ketika hp Anda sudah masuk ke tampilan pola, klik menu Fogot Pattern (Lupa Pola).
    cara membuka pola yang lupa
  3. Selanjutnya akan dialihkan ke laman Account Unlock. Anda akan diminta untuk memasukan email dan password. Jika sudah klik tombol Sign in.
    cara membuka kunci pola
  4. Selanjutnya Anda bisa memilih 2 metode mengatasi lupa pola kunci hp. Pertama Google akan kirim pertanyaan lewat email yang hanya Anda ketahui jawabannya. Kedua Google akan kirim pola kunci lewat email. Anda bisa memilih opsi kedua.
  5. Selanjutnya Anda bisa membuka akun Gmail lewat PC, laptop atau smartphone milik keluarga. Karena tidak mungkin melakukannya di hp yang lupa pola kunci.
  6. Lalu pada kotak masuk Email akan ada kiriman email Google berisikan pola kunci. Tinggal masukan pada hp Anda yang masih terkunci.
  7. Selesai, Anda berhasil membuka kunci pola.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa Lewat Android Device Manager

cara membuka pola hp samsung

Cara membuka handphone yang terkunci karena lupa pola bisa juga lewat Android Device Manager. Untuk melakukannya harus menggunakan perangkat lain, bisa lewat PC atau handphone milik keluarga.

  1. Pertama buka dan jalankan browser/ peramban.
  2. Lalu kunjungi laman Android Device Manager.
  3. Lalu Login menggunakan akun Google yang terpasang pada hp yang lupa pola.
  4. Setelah berhasil masuk, akan ada 3 pilihan, yaitu Deringkan, Kunci dan Hapus. Anda pilih Kunci, jika dalam bahasa inggris Lock.
  5. Lalu Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru.
  6. Selanjutnya masukan kembali kembali kata sandi baru untuk konfirmasi. Lalu klik Kunci.
  7. Selanjutnya tinggal menunggu beberapa saat, lalu coba buka hp Anda dengan kata sandi baru yang sudah dibuat.
  8. Selamat, Anda berhasil membuka handphone yang terkunci.

Menggunakan Bantuan Handphone Milik Orang Lain

Cara buka hp lupa pola ini cukup berhasil pada beberapa merek hp. Untuk melakukannya tidak memerlukan jaringan internet. Untuk jelasnya bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Lakukan panggilan dari handphone orang lain ke hp miliki Anda yang terkunci, bisa milik teman atau keluarga.
  2. Lalu terima panggilan tersebut, lalu tekan tombol Home.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Setting/ Setelan, lalu masuk ke menu Keamanan dan nonaktifkan pola kunci.

Catatan: Mungkin saja acara ini tidak berjalan pada Android versi terbaru.

Dengan Cara “Reboot To Safe Mode”

Cara membuka hp lupa pola ini hanya bisa digunakan jika Anda menggunakan aplikasi pola kunci dari pihak ketiga. Caranya Anda tinggal masuk ke safe mode, setiap jenis hp berbeda caranya.

Setelah berhasil masuk ke safe mode, selanjutnya tinggal menonaktifkan kunci pola yang berasal dari aplikasi pihak ketiga.

Gunakan ADB pada PC Untuk Menghapus Pola Kunci

Cara membuka pola yang lupa ini hanya bisa dilakukan pada hp Android yang sudah mengatifkan fitur USB Debugging. Untuk Anda yang sebelumnya pernah melakukan root, pasti sudah tahu caranya.

  1. Sambungkan hp Android menggunakan USB ke PC.
  2. Lalu buka dan jalankan Command Prompt/ CMD, ketikan perintah pada direktori instalasi ADB ‘adb shell rm /data/system/gesture.key ‘ dan tekan Enter.
  3. Selanjutnya lakukan reboot pada hp Android Anda, lalu pola kunci pada hp Anda akan hilang.

Catatan: Segera ubah pola sandi lama Anda dengan pola sandi baru, karena pola kunci hanya hilang sementara waktu.

Membuat Crash Lockscreen

Cara membuka pola selanjutnya dengan cara membuat crash lockscreen. Namun cara ini hanya bisa dipraktikan pada Android versi Lolipop. Kemungkinan besar pada Android versi terbaru cara ini tidak bisa bekerja.

Cara membuat crash lockscreen Android:

  1. Pada tampilan pola kunci, tekan tombol Panggilan Daruta.
  2. Kemudian akan dialihkan ke tampilan dial, lalu ketikan bintang(*) sampai 10 kali.
  3. Lalu Copy tanda bintang tersebut dan Pastekan berkali-kali sampai tanda bintang pada kolom panggilan menjadi 20.
  4. Lalu ulangi Copy dan Paste hingga kolom panggilan tidak bisa memuat karakter bintang yang Anda Copy.
  5. Langkah selanjutnya kembali ke layar kunci dan klik Kamera dan tarik jendela notifikasi dan ikon Setting.
  6. Nantinya akan muncul notifikasi untuk memasukan Password, pada kolom tekan dan pastekan tanda bintang tadi sampai kolom penuh.
  7. Dengan cara tersebut akan membuat kunci layar menjadi rusak/ Crash. Dengan begitu, Anda bisa membuka kembali smartphone yang terkunci pola.

Jika cara diatas tidak berhasil, maka Anda bisa mengikuti cara terakhir berikut.

Factory Reset

Cara membuka kunci pola terakhir bisa jadi jurus pamungkas. Untuk melakukan cara ini pastikan Anda sudah yakin kehilangan semua data pada hp.

Untuk melakukannya, matikan terlebih dahulu hp Anda, lalu tekan dan tahan tombol Power dan Volume bawah/ atas. Biasanya setiap merek hp Android berbeda. Jika pada hp Samsung, Anda harus menekan tombol Home juga.

Jika berhasil, nantinya akan dialihkan ke menu Recovery dan gunakan tombol Volume atas atau bawah untuk menggeser ke menu Wipe Data/Factory Reset, lalu tekan tombol power untuk memilih dan pilih lagi Reboot System Now. Lalu tunggu beberapa saat sampai proses reboot. Nantinya Android Anda akan kembali ke default.

Bagaimana?

Berikut beberapa gambar pola hp yang bisa digunakan untuk kunci layar. Mulai dari yang mudah sampai yang sulit. Mungkin Anda pernah menggunakan salah satu pola kunci berikut?

cara membuka handphone yang terkunci
pola kunci layar yang mudah ditebak
gambar pola hp
pola kunci layar yang sulit ditebak
pola kunci
gambar pola kunci yang sulit

Jika ada pertanyaan atau memiliki alternatif cara membuka pola hp yang lupa bisa disampaikan lewat kolom komentar dibawha ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here