Cara Membuat Stiker di WA (WhatsApp)

0
cara membuat stiker di wa

Ingin membuat stiker hasil karya sendiri untuk WhatsApp? Atau ingin membuat stiker foto sendiri? Jawabannya bisa. Ada cara membuat stiker WhatsApp sendiri, Anda bisa melakukannya dengan batuan aplikasi, kreativitas dan sedikit kesabaran.

Untuk Anda yang berubah pikiran bikin stiker WhatsApp sendiri, maka bisa menggunakan WAStickerApps (Stiker Untuk WhatsApp) yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Ada banyak stiker yang bisa Anda gunakan.

Membuat stiker WhatsApp sendiri bisa dilakukan hanya lewat smartphone, dengan menggunakan aplikasi edit foto untuk mengubah latar belakang foto menjadi transparan, mengubah ukuran dan menambah teks. Selain itu Anda juga akan menggunakan aplikasi khusus untuk menambahkan foto yang Anda buat tadi menjadi stiker untuk WhatsApp.

Perlu diketahui, untuk membuat stiker karya sendiri dengan hasil yang maksimal, stiker yang Anda buat harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Gambar yang akan dijadikan stiker harus memiliki latar belakang transparan.
  • Ukuran stiker yang disarankan adalah 512×512 piksel.
  • Ukuran file gambar yang akan dijadikan stiker harus kurang dari 100 KB.

Berikut cara membuat sticker WhatsApp sendiri dengan foto atau gambar sesuai dengan keinginan.

Personal stickers for WhatsApp

Aplikasi Personal stickers for WhatsApp memiliki fungsi untuk menambahkan gambar hasil olahan menjadi stiker WhatsApp, jadi aplikasi ini akan digunakan di akhir.

Untuk membuat sticker whatsapp di Android Anda memerlukan bantuan aplikasi Background Eraser untuk membuat labar belakang gambar menjadi transparan dan PicsArt untuk menambahkan teks atau ikon tertentu.

Berikut beberapa aplikasi yang harus Anda unduh sebelum ke tahap pembuatan stiker WA.

Untuk aplikasi edit gambar bisa menggunakan aplikasi selain aplikasi di atas, bisa menggunakan aplikasi edit foto atau aplikasi tulisan yang biasa digunakan.

Setelah memasang semua aplikasi di atas, untuk membuat stiker WA sendiri Anda juga harus menyiapkan beberapa gambar yang akan dijadikan stiker, minimal tiga gambar yang akan dijadikan menjadi satu paket stiker.

Cara membuat stiker sendiri pada WhatsApp:

1. Pertama, jalankan aplikasi Background Eraser, klik Load a photo, lalu pilih foto atau gambar yang akan dijadikan stiker. Atur bagian yang akan dipotong, klik Done.

2. Hapus latar belakang foto dengan fitur magic atau manual. Lakukan dengan mengusapkan jari pada bagian yang ingin jadi transparan.

cara menulis stiker di wa

3. Setelah semua bagian backgroud selesai dihilangkan, klik Done, Save dan Finish. Ulangi langkah sama untuk foto lainnya.

4. Untuk menambahkan kata-kata dan stiker tambahan, jalankan aplikasi PicsArt.

5. Tekan ikon +, pilih Semua foto, lalu cari dan pilih foto sebelumnya yang sudah dibersihkan backgroud-nya.

cara membuat stiker sendiri

6. Tekan Teks untuk menambahkan kata-kata dan Stiker untuk menambahkan ikon atau stiker tertentu.

7. Setelah selesai, klik ikon dan Simpan. Ulangi langkah sama untuk foto lainnya yang akan dijadikan stiker WA.

8. Setelah semua foto berhasil diedit. Selanjutnya jalankan aplikasi Personal Stickers for WhatsApp. Nantinya akan muncul foto yang sudah diedit tadi pada folder PicsArt. Klik tombol TAMBAH untuk menambahkan stiker WA.

personal sticker for whatsapp

9. Selanjutnya jalankan aplikasi WhatsApp, lakukan obrolan, klik tombol emoticon, klik ikon stiker, dan stiker buatan Anda akan muncul.

Selamat Anda berhasil membuat stiker WA sendiri.

Selain menggunakan cara diatas, Anda juga bisa menggunakan cara buat stiker WA dengan aplikasi lain.

Sticker Maker

Dengan bantuan aplikasi Sticker Maker, Anda tidak perlu banyak menginstal banyak aplikasi. Cukup menggunakan satu aplikasi ini saja, Anda bisa membuat sticker WhatsApp.

Cara membuat stiker di WA:

cara memasang stiker di wa
  1. Pasang aplikasi Sticker Marker lewat Google Play Store. Jalankan aplikasi.
  2. Tekan Create a new stickerpack. Masukan nama stikerpack dan nama pembuatnya.
  3. Lalu akan masuk ke laman pengisian sticker WA. Klik menu Tambahkan Foto di mulai dari nomor 1. Jangan lupa untuk mengisi gambar ikon.
  4. Akan muncul 3 pilihan, mengambil dari kamera, galeri atau dari filemanager. Pilih salah satunya.
  5. Jika foto sudah dipilih, selanjutnya lakukan Seleksi pada bagian foto yang mau dijadikan stiker dengan mengusapkan jari pada layar. Sambungkan garisnya. Lalu klik Yes, Save Sticker. Ulangi pada foto lainnya.
  6. Setelah semua foto sudah diseleksi dan jumlahnya lebih dari 3 foto, lalu klik Add to WhatsApp. Klik tombol Tambah untuk konfirmasi stiker akan ditambahkan ke WhatsApp.
  7. Untuk menggunakannya, tinggal buka aplikasi WA dan lakukan obrolan, masuk ke Menu Stiker dan pilih stiker yang sudah dibuat.
cara menyimpan stiker di wa

Kekurangan menggunakan aplikasi Sticker Maker di atas adalah, Anda tidak bisa menambahkan teks atau gambar lain. Hanya foto polos dengan latar belakang transparan.

Bagaimana?

Masih ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk bikin stiker WhatsApp. Berikut daftar aplikasinya:

Pembuat Stiker Sendiri untuk WhatsApp

cara custom sticker whatsapp

Cara membuat stiker WA juga bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Anda bisa menggunakan berbagai format gambar seperti jpg, webp, png, dll untuk dijadikan stiker WhatsApp. Buat stiker WhatsApp versi Anda sendiri.

Aplikasi ini mudah digunakan, Anda bisa menambahkan foto apapun, seperti foto pribadi, kucing, anjing dan gambar lainnya hasil unduhan dari internet.

Tidak sulit menggunakan aplikasi ini, menunya cukup simple dan hanya perlu beberapa langkah saja.

Pasang aplikasi Pembuat Stiker Sendiri untuk WhatsApp.

Wemoji

cara mengaktifkan stiker di whatsapp

Wemoji – WhatsApp Sticker Maker adalah aplikasi untuk membuat stiker WhatsApp gratis yang dilengkapi dengan fitur pengolahan foto seperti memotong, menambahkan teks,emoji, stiker dll. Anda juga bisa menambahkan beberapa foto menjadi satu.

Cara membuat stiker WA dengan aplikasi ini cukup mudah, hanya memerlukan beberapa langkah saja:

  1. Pasang dan jalankan aplikasi Wemoji.
  2. Tambahkan foto dan lakukan selektif menggunakan fitur potongan bebas menggunakan tangan.
  3. Tambahkan teks atau stiker yang Anda suka.
  4. Klik Save untuk menyimpan paket stiker Anda.
  5. Setelah menambahkan foto lebih dari 3 Anda bisa klik Add to WhatsApp untuk menambahkan stiker ke WA.

Itulah cara membuat stiker WhatsApp dengan bantuan aplikasi. Membuat stiker WhatsApp rasanya tidak mungkin dilakukan tanpa menggunakan aplikasi. Pilih aplikasi membuat stiker WA yang paling mudah digunakan menurut Anda sendiri.

Semoga bermanfaat dan bisa membuat stiker WA sendiri.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here