Bagaimana Cara Membuat Petisi di Facebook Community Action?

0
Membuat Petisi di Facebook Community

Baru-baru ini Facebook telah menambahkan fitur baru yang mirip dengan Change.org yang dinamai dengan Community Action. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna Facebook bisa membuat, menandatangi, dan membagikan sebuah petisi.

Pada Fitur Community Action, penggun Facebook bisa melakukan pencarian berbagai macam petisi yang sudah dibuat. Pengguna bisa memberi dukukangan terhadap sebuah petisi dengan menekan tombol Support, atau bisa juga hanya mengikuti perkembangan dari petisi yang sudah ada dengan meninggalkan komentar/post atau dengan menekan tombol follow pada petisi tersebut.

Namun, pada fitur Community Action ini berbeda dengan post di news feed lainnya, tidak dijumpai tombol suka atau tidak suka, hanya terdapat tombol Bagikan, Support, Ikuti dan pada menu pilihan hanya ada menu Laporkan.

Untuk menunjukan sikap tidak suka atau berlawanan dengan petisi yang dibuat, pengguna bisa melaporkan petisi tersebut dengan menekan tombol Laporkan, atau bisa dengan meninggalkan komentar dan dengan membuat petisi tandingan.

Facebook juga akan menggunakan moderator manusia, yang dibantu dengan algoritma khusus dan penanda dari para pengguna. Tujuannya untuk menciptakan kondisi yang tetap aman dan kondusif.

Apakah Community Action Sudah bisa Digunakan di Indonesia?

Sampai artikel ini dimuat(31/01/19) belum ada tanda-tanda fitur Community Action bisa digunakan untuk pengguna Facebook Indonesia. Fitur ini baru bisa digunakan oleh para pengguna yang tinggal di Amerika Serikat untuk awal peluncurannya.

Meski begitu, pengguna Facebook Indonesia sudah bisa melihat berbagai macam petisi yang sudah dibuat, seperti petisi Moratorium on New Drilling di Colorado, Support Constitutional Carry (HB 357) di Texas, dan Pedestrian Safety near Nebinger and Santore Library di Philadelphia, Pennsylvania yang sudah mulai mendapatkan dukungan.

Cara Membuat Petisi di Facebook

Cara membuat petisi pada fitur Community Action Facebook ini hampir sama dengan ketika akan membuat halaman Facebook Event, pengguna yang sudah memperoleh kesempatan menggunakan fitur ini bisa membuat petisi dengan mengunjungi laman Facebook Community Action.

Untuk langkah selanjutnya bisa mengikuti petujuk yang ditampilkan dan melakukan pengisian data pada formulir yang tersedia. Dalam membuat petisi, pengguna juga menandai orang yang bersangkutan atau memiliki kepentingan agar petisi lebih mudah mendapat respon.

Untuk memperoleh dukungan lebih banyak, pengguna bisa membagikan petisi yang dibuat ke beranda Facebook. Dengan langkah ini, akan memungkinkan petisi akan cepat mendaptkan respon dari banyak orang yang setuju dengan petisi yang dibuat.

Sejauh ini Facebook belum mengeluarkan peraturan mengenai batasan topik yang bisa dibuat dalam fitur barunya ini. Namun, tujuan awal Facebook membuat fitur Community Action adalah untuk membantu masyarakat menyelesaikan permasalah lokal yang terjadi di negara bagian, khusunya untuk Amerika Serikat.

– Pertama terbit di: Gadgetren

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here