Cara Membuat Email di Handphone

0

Cara membuat email di handphone kini semakin mudah dilakukan, karena pihak pengembang platform email khususnya Gmail dan Yahoo melihat kecenderungan jumlah pengguna HP(Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dll) semakin meningkat.

Selain mengembangkan tampilan website email menjadi lebih responsive, layanan email juga bisa diakses melalui aplikasi mobile yang bisa di temukan di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Jadi, selain bisa buat email baru lewat hp, pengguna juga bisa membuka email, menulis dan kirim email lewat hp, jadi lebih mudah dan cepat dalam mengelola email.

Perlu diketahui bahwa email adalah layanan surat elektronik yang kini sudah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima surat secara online. Sama halnya dengan Pos Indonesia, berkirim pesan lewat email pun memerlukan alamat untuk perantara antara penulis dan penerima.

Kini peran email tidak hanya untuk berkirim pesan saja, banyak kegiatan yang berhubungan dengan internet membutuhkan email, seperti mendaftar akun sosial media, belanja online, dan banyak kegiatan lainnya membutuhkan email.

Saat ini ada banyak layanan email yang bisa digunakan secara gratis. Namun yang paling banyak digunakan saat ini adalah Gmail dan Yahoo, dibandingkan dengan layanan email lainnya.

Sebelum masuk ke cara bikin email baru lewat handphone, mari simak beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Akun Gmail.

Cara Membuat Email Yahoo

Langkah buat email baru Yahoo lewat hp:

1. Buka dan jalankan browser dan kujungi laman https://mail.yahoo.com.

2. Klik tombol Buat Akun yang berada dibagian bawah.

cara membuat email di hp samsung

3. Lalu akan arahkan ke laman Daftar Yahoo Mail(buat alamat email baru Yahoo). Kemudian lakukan pengisian fomulir, seperti Nama depan, Nama belakang, Alamat email yang dinginkan, kata sandi,Nomor ponsel, Tanggal lahir, dan Jenis kelamin. Jika semuanya sudah diisi, maka bisa klik tombol Lanjutkan

cara membuat email baru

4. Kemudian akan diminta verifikasi nomor telepon. Masukan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS dan klik tombol Verifikasi.

Selamat! Yahoo mail daftar baru Anda sudah berhasil dibuat.

cara membuat email gratis

Berikutnya adalah cara daftar akun google mail lewat hp.

Cara Membuat Email Gmail

Cara buat email baru google mail:

1. Buka dan jalankan browser dan kunjungi laman www.gmail.com/ mail.google.com.

2. Klik Buat Akun.

3. Kemudian pada laman Buat Akun Google, lakukan pengisian data seperti Nama Depan, Nama Belakang, Nama pengguna(alamat email) dan Kata Sandi, kemudian klik tombol Berikutnya.

cara membuat email di google

4. Pada laman berikutnya, Anda akan dimintai untuk mengisi Nomor telepon, Alamat email pemulihan(opsional), Tanggal lahir, dan Jenis Kelamin.

5. Jika sudah diisi klik tombol Berikutnya.

6. Pada laman berikutnya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon. Klik tombol Kirim.

7. Setelah kode verifikasi dikirim dan masuk, masukan kode verifikasi pada kolom yang tersedia dan klik tombol Verifikasi.

cara membuat email di hp

Selanjutnya Anda akan diminta untuk menyepakati Privasi dan Persyaratan, klik saja Ya, saya ikut dan Saya setuju.

Selamat Anda berhasil membuat akun Google mail.

Tidak sulit bukan daftar google mail lewat hp?, hanya perlu mengisi beberapa data dan melakukan verifikasi, akun Gmail sudah berhasil dibuat.

Kelebihan Gmail

cara membuat email di hp

Sejauh ini Gmail merupakan penyedia layanan email yang paling unggul dibandingkan layanan email lainnya, khususnya dalam hal fitur, keamanan dan tampilannya. Berikut beberapa kelebihan akun Gmail.

1. Penyaringan spam

Sebagian besar layanan email memiliki fitur penyaring email spam. Pada Gmail fitur ini selain bisa menyarin pesan spam, juga bisa mendeteksi virus, dan phising iklan yang bekerja lebih efektif dibandingkan penyedia email lainnya.

2. Merger dengan Google Hangouts

Pada Gmail versi dekstop, akan tampil kontak hangout yang berada di bagian sisi kiri, pada daftar kontak tersebut kita bisa tahu siapa saja pada kontak email yang menggunakan Hangouts.

Google Hangout memilki fitur yang cukup lengkap, bisa digunakan untuk berkirim pesan singkat dan fitur terbarunya memungkinkan penggunannya untuk melakukan video call dengan banyak orang pada satu waktu bersamaan.

3. Akses offline

Kita bisa mengakses Gmail meski perangkat tidak sedang terhubung dengan jaringan intenet. Pada aplikasi mobile, Anda bisa membuka gmail dan membaca email masuk tanpa memerlukan jaringan internet. Pada komputer, Anda harus memasang ekstensi Gmail Offline Chrome pada browser.

4. Bisa login banyak akun secara bersamaan

Untuk Anda yang memiliki banyak Akun Gmail bisa memasang beberapa akun dalam satu browser, dengan begitu Anda akan lebih leluasa dalan mengelola email.

Google menambahkan fitur ini untuk memudahkan penggunanya dalam mengelola banyak akun dalan satu browser.

5. Kapasitas penyimpanan besar

Kapasitas penyimpanan Gmail cukup besar, satu akun bisa memiliki kapasitas penyimpanan sampai 15GB. Ukuran tersebut cukup besar dibandingkan dengan layanan email lainnya. Jika Anda memerlukan penyimpanan lebih besar, bisa menggunakan akun berbayar, biaya yang perlu dikeluarkan $1,99/ bulan.

6. Bisa membuka dan melihat lampiran secara langsung

Fitur ini sudah lama ada di Gmail, pengguna tidak perlu mengunduh file lampiran email untuk melihatnya, cukup klik pada bagian file lampiran, maka akan muncul pertinjauan file/ dokumen yang dilampirkan.

7. Bisa kirim file Besar

Anda bisa mengirim file ukuran besar lewat email, cara ini harus menggunakan Google Drive, Anda bisa mengirim file sampai 10 GB. Untuk caranya bisa baca: kirim file besar lewat email.

8. Tidak perlu refresh

Saat email baru masuk akan langsung muncul tanpa harus melakukan refresh pada laman Gmail.

9. Bisa menggunakan Email lain di Gmail

Untuk Anda yang memiliki email pribadi, bisa menggunakan Gmail sebagai platform untuk mengelola email, seperti menulis dan mengirim email.

Layanan email yang banyak digunakan setelah Gmail adalah Yahoo, memiliki tampilan dan fitur yang lebih baik setelah melakukan beberapa kali pengembangan. Namun pada artikel kali ini Saung Net akan membahas mengenai cara membuat email akun Yahoo mail dan Gmail

Demikian pembahasan mengenai cara membuat email(imel) Yahoo dan Gmail di HP. Anda bisa menggunakan akun email tersebut untuk berbagai keperluan.

Jika ada pertanyaan atau Anda memiliki cara yang lebih cepat dalam membuat email lewat HP bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here