Cara Melihat Source Code di Android

view source chrome android

Ingin melihat source code suatu website? Untuk melakukannya cukup mudah, kita bisa memanfaatkan fitur view source code html pada browser Google Chrome, Firefox, Opera Mini Android.

Saat ini ada banyak website yang memiliki tampilan sederhana namun elegan yang kadang membuat kita penasaran dengan struktur kode html-nya. Seperti apa sih struktur kodenya?

Untuk melihat source code website lewat browser desktop memang cukup mudah, karena fiturnya bisa kita akses dengan cepat, cukup dengan klik kanan lalu pilih View page source.

Lain halnya dengan melihat source code website di android, untuk melakukannya perlu dengan cara khusus. Yaitu dengan mengetikan secara manual perintahnya pada bilah alamat.

Nah, dengan melihat source code html suatu website kita bisa belajar beberapa bagian penggunaan source code html untuk diterapkan pada website yang kita buat.

Cara Melihat Source Code Website di Android

Untuk mengaktifkan view source code html pada browser Chrome, Firefox, dan Opera tidak jauh berbeda. Untuk jelasnya bisa ikuti pembahasan berikut.

Cara Melihat Source Code di Chrome

Untuk memunculkan sumber kode html suatu website pada browser Google Chrome Android sebenarnya tidak jauh berbeda dengan melihat source code website lewat browser dekstop, hanya saja di browser Android kita harus melakukannya secara manual.

Cara melihat source code di Chrome Android:

  • Buka browser Google Chrome di ponsel Android.
  • ketikan view-source:website.com, contoh view-source:saung.net.
  • Lalu tekan tombol Enter.
  • Akan muncul laman yang berisi source code website.
  • Ketuk Menu (titik tiga di pojok kanan atas), pilih Cari di halaman untuk menemukan source code website yang kita cari.
html source code viewer
view source chrome android

Pada fitur html source code viewer Chrome kita bisa melakukan zoom in dan zoom out dengan cara menyentuh layar dengan dua jari lalu lebarkan untuk zoom in dan sebaliknya. Dengan begitu kita bisa dengan mudah melihat source code website.

Untuk cara melihat source code website lewat browser Opera tidak jauh berbeda dengan Chrome, bisa menggunakan langkah-langkah seperti di atas.

Cara Melihat Source Code di Android dengan VT View Source

view source code html

Selain lewat broweser, cara melihat source code website di android bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama VT View Source. Aplikasi ini tersedia di Google Play dengan ukuran yang cukup kecil, yaitu hanya 1.6Mb saja.

Caranya menggunakannya adalah:

  • Buka Google Play lalu ketikan VT View Source pada menu pencarian.
  • Ketuk tombol Instal untuk melakukan pemasangan aplikasi.
  • Jalankan Aplikasi VT View Source.
  • Pada menu Open URL ketikan alamat website yang ingin kita lihat source code html-nya lalu ketuk Ok.
  • Setelah fitur view source code html akan muncul menampilkan sumber kode website tersebut.
  • Ketuk ikon + untuk zoom in dan ikon – untuk zoom out.

Pada aplikasi ini juga tersedia fitur seperti Search untuk memudahkan kita menemukan kode tertentu, Copy All untuk menyalin semua kode, Save to file untuk menyimpan source code website dalam bentuk file.

Aplikasi VT View Source bisa jadi alternatif untuk melihat source code website di android, selain ukuran aplikasi yang kecil juga ringan saat dijalankan.

Kesimpulan

Dengan melihat sumber kode suatu website kita bisa melihat struktur kode website untuk kita pelajari dan nantinya bisa kita terapkan pada website yang kita bangun.

Selain itu, dengan fitur view source code html kita bisa memeriksa struktur kode website yang kita bangun lewat ponsel, jadi bisa lebih mudah memeriksanya kapan saja dan dimana saja meski tidak sedang di depan laptop atau komputer.

Demikian pembahasan cara melihat source code website di Android yang paling mudah untuk dilakukan. Jika ada pertanyaan atau punya metode lain silahkan kirim komentar di bawah ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here