Cara Cek Pulsa Smartfren

0
cara cek pulsa smartfren

Operator seluler Smartfren hingga kini masih eksis dan memiliki banyak pengguna khususnya di perkotaaan. Meski begitu, masih saja ada penggunanya yang belum tahu bagaimana cara cek pulsa Smartfren.

Tahukah Anda bahwa Smartfren dikenal sebagai rajanya CDMA? Sejak awal kemunculannya, Smartfren sudah mendapatkan respon positif dari masyarakat, terlebih setelah meluncurkan CDMA EVDO dan 4G LTE Advanced.

Kelebihan dari operator CDMA ini adalah memiliki tarif komunikasi yang lebih terjangkau dan memiliki kualitas yang cukup baik. Sayangnya jangkauan sinyal Smartfren tidak sampai ke pelosok Indonesia.

Cek sisa kuota internet juga bisa dilakukan beberapa cara. Berikut pembahasan Cara Cek Kuota Smartfren.

Teknologi CDMA juga diklaim sebagai jaringan yang memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, sehingga aman digunakan untuk melakukan komunikasi.

Berbagai layanan Smartfren kini semakin banyak digunakan, khususnya untuk layanan paket internet oleh kalangan anak muda karena memiliki harga yang terbilang murah.

Khususnya sejak jaringan 4G LTE hadir, jumlah pengguna Smartfren semakin meningkat. Pada tahun 2016 Smartfren yang memiliki 12 juta pengguna dan kini diperkirakan sudah lebih 20 juta orang menggunakan provider CDMA ini.

Dengan jumlah pengguna yang demikian banyak, tapi masih saja ada pengguna yang belum tahu cara mengecek pulsa Smartfren, khususnya para pengguna baru.

Padahal cara cek pulsa Smartfren sangat berguna untuk mengetahui sisa pula yang Anda miliki dan mengetahui kapan masa aktif pulsa Anda berakhir.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek pulsa Smartfren. Berikut pembahasannya.

1. Kode USSD

Cek pulsa Smartfren yang paling cepat dan mudah dilakukan adalah lewat kode USSD Smartfren. Caranya mudah.

cara mengecek pulsa kartu smartfren
  1. Jalankan menu Panggilan pada smartphone Anda.
  2. Ketikan format *999#. Lalu tekan tombol Panggil/ Call/ Yes.
  3. Tunggu beberapa saat, maka informasi mengenai jumlah pulsa Anda akan dikirim lewat SMS oleh operator Smartfren.

2. SMS

Cara mengecek pulsa Smartfren juga bisa dilakukan dengan mengirim pesan SMS. Tenang layanan cek pulsa lewat SMS ini bebas biaya alias gratis.

cek pulsa kartu smartfren

Caranya sama seperti kita akan kirim pesan SMS biasa, yang membedakan adalah isi formatnya saja. Cukup ketik kata ‘CEK’ dan kirim ke 999.

Tidak lama setelah pesan SMS cek pulsa kartu Smartfren dikirim, akan ada balasan dari operator berisi informasi mengenai jumlah pulsa dan masa aktif kartu kita.

3. Panggilan Suara

Cara melihat pulsa Smartfren juga bisa dilakuan lewat panggilan suara, dengan cara ini kita bisa langsung mengetahui informasi sisa pulsa dan masa aktif tanpa harus menunggu balasan operator.

kode cek pulsa smartfren
  1. Buka menu Panggilan.
  2. Ketikan 999 dan tekan tombol Call/ Panggil.
  3. Setelah tersambung, langkah selanjutnya kita hanya perlu mengikuti petunjuk dari operator dan kita akan mengetahui informasi sisa pulsa pada kartu Smartfren.

4. MySmartfren

cek smartfren

Untuk yang menggunakan paket internet Smartfren sebaiknya memasang aplikasi MySmartfren, karena selain bisa digunakan untuk cek pulsa juga bisa digunakan untuk mengetahui sisa kuota internet.

MySmartfren adalah aplikasi yang dibuat langsung oleh pihak Smartfren untuk memudahkan pelanggannya menggunakan berbagai layanan-nya. Seperti membeli paket internet, SMS dan Telepon.

Cara cek pulsa Smartfren lewat aplikasi MySmartfren:

cara melihat pulsa smartfren
  1. Jika belum memiliki aplikasinya, maka bisa memasangnya lewat Google Play atau App Store.
  2. Jalankan aplikasi MySmartfren dan sambungkan dengan jaringan internet dari kartu Smartfren. Maka akan otomatis masuk tanpa login.
  3. Namun jika internet yang digunakan berasal dari dari operator lain atau Wi-Fi, maka harus login secara manual.
  4. Setelah berhasil masuk, pada beranda aplikasi akan jumpai informasi jumlah pulsa yang kita miliki pada kartu Smartfren.

5. Website Smartfren

Cara mengecek pulsa Smartfren juga bisa dilakukan lewat Website Smartfren, bisa diakses lewat peramban laptop/ PC ataupun smartphone.

cara ngecek pulsa smartfren
  1. Jalankan peramban dan kunjungi my.smartfren.com.
  2. Selanjutnya Anda bisa Login dengan User Id/ Emal dan Password akun Smartfren kita.
  3. Jika belum memiliki akunnya, maka bisa membuatnya terlebih dahulu lewat laman Daftar dibawah tombol Login.
  4. Jika sudah berhasil masuk, pada beranda website akan kita jumpai berbagai informasi terkait informasi nomor Smartfren kita. Termasuk jumlah pulsa dan masa aktifnya.

Mengecek pulsa smartfren penting dilakukan pengguna untuk memastikan pulsa tersisa masih cukup digunakan untuk melakukan panggilan, kirim pesan atau membeli paket internet.

Ada banyak cara cek pulsa Smartfren yang bisa kita gunakan. Kita bisa menggunakan salah satunya, pilih yang paling mudah dilakukan. Namun lebih disarankan menggunakan aplikasi MyTelkomsel, karena selain sisa pulsa, kita jua bisa melakukan pembelian paket dll.

Untuk kartu Smartfren tidak bisa cek pulsa maka bisa coba cara mengecek pulsa nomor 3, 4 dan 5.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here