Cara Cek Nomor Smartfren

0
cek nomor smartfren

Lupa dengan nomor telepon Smartfren yang digunakan saat ini? Hal serupa juga dialami banyak orang, khususnya pada saat ganti nomor dan baru kebingungan saat mau isi pulsa. Nah, artikel ini akan membahas beberapa cara cek nomor Smartfren.

Kartu GSM Smartfren sudah mendukung jaringan 4G LTE di banyak tempat. Bahkan kini Smartfren sudah mendukung teknologi 4G LTE Advanced, itu artinya pengguna bisa menikmati jaringan 4G LTE yang lebih optimal dengan cakupan wilayah yang lebih luas.

Itu sebabnya jumlah pengguna baru Smartfren terus bertambah, selain tarifnya yang terbilang murah juga jaringan internetnya sudah stabil dan mendukung jaringan 4G.

Namun, kebanyakan pengguna baru Smartfren belum tahu banyak mengenai seluk-beluk operator seluler yang digunakannya, termasuk cara mengecek nomor Smartfren yang digunakannya.

Khusus untuk pengguna baru, cara melihat sisa dan masa aktif pulsa Smartfren bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut pembahasanya: Cara Cek Pulsa Smartfren.

Untuk menambah pengetahuan kita tentang kartu GSM Smartfren 4G, maka akan di bahas beberapa cara cek nomor Smartfren. Berikut pembahasannya.

5 Cara Mengecek Nomor Smartfren

1. USSD

Cara cek nomor Smartfren pertama yang paling umum digunakan adalah menggunakan kode USSD yang biasa di awali dengan karakter bintang dan di akhiri pagar.

cara melihat nomor smartfren

Cara cek nomor Smartfren GSM:

  1. Masuk ke menu Panggilan.
  2. Ketikan *995#, lalu tekan tombol Call/ Panggil/ Ok.
  3. Tunggu beberapa saat, akan muncul jendela.
  4. Pilih menu INFO dan tekan KIRIMKAN.
  5. Kemudian akan muncul informasi mengenai nomor Smartfren kita. Silahkan catat atau tangkap layar untuk menyimpannya.

Supaya bisa mengontrol penggunaan kuota internet, sebaiknya cek sisa kuota secara berkala. Berikut Cara Cek Kuota Smartfren.

2. SMS

Selanjutnya, mengecek no Smartfren juga bisa dilakukan lewat SMS. Untuk melakukannya tidak sulit, kita hanya perlu membuat pesan SMS seperti biasa. Meski lewat SMS, namun layanan cek nomor Smarfren ini bisa digunakan tanpa potongan pulsa alias gratis.

cara mengetahui nomor smartfren

Untuk yang belum mengetahui format SMSnya bisa mengikuti langkah-langkah cara cek nomor Smartfren GSM lewat SMS:

  1. Jalankan menu SMS/ Pesan.
  2. Buat pesan baru dan ketikan INFO.
  3. Isi nomor tujuan/ Kepada dengan nomor 995.
  4. Lalu tekan tombol Kirim.
  5. Tunggu beberapa saat, nanti akan ada balasan dari operator. Pada pesan tersebut kita bisa melihat nomor Smartfren yang digunakan saat ini.

3. Call Center

cara cek nomor smartfren 4g gsm

Selanjutnya kita juga bisa menggunakan layanan Call Center Smartfren untuk mengetahui nomor yang kita gunakan saat ini.

Perlu diketahui bahwa layanan pusat panggilan atau Call Center memang diperuntukan untuk melayani pelanggan, baik itu untuk bertanya atau pengaduan masalah. Termasuk bisa untuk mengetahui nomor dari kartu Smartfren kita.

Cara menghungi Call Center Smartfren tidak sulit kok, sama seperti ketika kita akan melakukan panggilan biasa.

  1. Jalankan menu Panggilan, ketikan 955 dan tekan tombol Call/ Panggil.
  2. Tidak lama, kita akan langsung terhubung.
  3. Ikuti pentujuk selanjutnya untuk mengetahui nomor Smartfren kita.
  4. Ketika nomor telepon disebutkan, segera catat nomor tersebut, bisa di kertas atau smartphone lain.

Selain bisa menghubungi nomor 995, kita juga bisa menggunakan nomor pusat panggilan Smartfren lain yaitu 500. Untuk menyampaikan keluhan terkait layanan bisa menghubungi 888 atau Twitter @SmartfrenWorld.

4. Aplikasi MySmartfren

cek nomor kartu smartfren

Untuk yang sudah menggunakan smartphone Android atau iOS (iPhone) disarankan untuk memasang aplikasi MySmartfren. Karena aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengguna Smartfren mengakses berbagai layanan.

Lewat aplikasi MySmartfren kita bisa dengan mudah mengetahui informasi tentang kartu Smartfren yang kita gunakan, seperti informasi jumlah pulsa, masa aktif, sisa kuota dll. Termasuk juga bisa untuk mengetahui nomor Smartfren kita.

Jika belum tahu cara memasang aplikasi MySmartfren, bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan Install aplikasi MySmartfren lewat Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk iOS.
  2. Setelah berhasil terpasang. Jalankan aplikasi dan akan auto login jika menggunakan kartu dan jaringan Smartfren.
  3. Jika menggunakan jaringan lain, maka kita harus melakukan login manual atau daftar akun MySmartfren.
  4. Setelah berhasil login, kita bisa melihat nomor Smartfren yang kita gunakan pada beranda aplikasi di bagian atas.

Lewat aplikasi MySmartfren akan memudahkan kita melihat dan memantau penggunaan pulsa dan kuota paket. Selain itu juga, kita bisa dengan mudah mengakses informasi seputar harga paket, promo terbaru dll.

5. Telepon atau SMS ke Nomor Lain

Cek nomor Smartfren GSM selanjutnya bisa dengan melakukan Telepon atau SMS ke nomor Lain. Mungkin bisa nomor teman atau keluarga yang posisinya dekat dengan kita.

Namun untuk menggunakan cara ini kartu Smartfren kita harus memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan telepon atau SMS.

Umumnya cara cek nomor ini dilakukan oleh pengguna yang tidak tahu sama sekali dengan fitur cek nomor dengan kode USSD, SMS, Call Center dan lewat aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Caranya:

  1. Pastikan handphone milik teman atau keluarga dekat lokasinya dengan kita.
  2. Jalankan menu Panggilan dan cari nomor kontak teman atau keluarga kita. Klik tombol Panggil.
  3. Lalu lihat pada layar handphone milik teman atau keluarga kita. Kita bisa melihat panggilan masuk berserta nomor Smartfen kita sendiri.

Kita juga bisa menggunakan SMS, namun sayang sekali jika pulsa kita terpotong hanya untuk mengetahui nomor telepon. Lebih baik menggunakan opsi Telepon atau Misscall

Selain itu, berikut beberapa informasi tambahan seputar provider seluler Smartfren.

Keunggulan Smartfren

Smartfren merupakan salah satu provider seluler Indonesia yang mengawali layanannya dengan jaringan CDMA yang kini menjelma menjadi salah satu provider yang memiliki banyak pengguna.

Sejak tahun 2014 Smartfren sudah menggunakan teknologi 4G LTE untuk jaringan internetnya. Bahkan jaringan 2G, 3G, atau 3G Plus sudah sejak lama tidak tersedia. Untuk memanjakan penggunanya, jaringan LTE 4G dan 4G+ sudah menjangkau 200 kota Indonesia.

Kecepatan Internet Smartfren

Kecepatan internet Smartfren pada jaringan LTE 4G dan 4G+ tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut data yang dikutif dari laman penyedia deteksi kecepatan internet nPref, provider seluler milik Sinar Mas Grup ini memiliki kecepatan internet yang tercepat.

Data tersebut berdasarkan hasil pengujian sebanyak 319.000 kali antara awal bulan Januari sampai Juni 2018 lewat aplikasi nPerf.

Berdsarkan pengujuan oleh aplikasi nPert tersebut, Smartfren menjadi operator yang memiliki kecepatan internet yang unggul di beberapa kategori dibandingkan operator lainnya.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here