Samsat Hadir Online, Begini 2 Cara Cek Pajak & Informasi Kendaraan Bermotor dengan Mudah

0
Cara cek pajak online
Cara cek pajak online © youtube: syam kapuk

Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) menyediakan fasilitas yang mempermudah bagi Anda yang ingin memeriksa pajak kendaraan melalui sistem online.

Dengan demikian, Anda hanya cukup mengaksesnya melalui ponsel atau laptop saja tanpa harus datang langsung ke kantor Samsat.

Selain memberikan informasi mengenai pajak, aplikasi dan website yang dibuat juga dilengkapi dengan fitur pembayaran seperti halnya cara pembayaran lewat ATM, mobile banking atau internet banking.

Hal ini dilakukan untuk menghindari praktek pencaloan yang merugikan masyarakat. Media ini juga memberikan sedikit informasi mengenai kendaraan motor yang akan di cek, warna plat, bahan bakar motor dan lain sebagainya.

2 Cara Melakukan Pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor Via Online

Pertama, untuk Anda yang ingin mencoba membayar kendaraan bermotor melalui aplikasi, Anda bisa mengeceknya dengan Android melalui SAMBARA (Samsat Mobile Jawa Barat) dan  Sultengcekpajak untuk yang berada di Sulawesi Tengah.

kedua, karena tidak semua provinsi memiliki pelayanan aplikasi mobile E-Samsat, maka bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor melalui website, seperti yang berikut ini:

  • Jawa timur : dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
  • DKI Jakarta: samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  • Aceh: esamsat.acehprov.go.id/
  • Kepulauan Riau: dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat
  • Sulawesi Tengah: dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkl
  • Jawa Barat: bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar
  • Riau: badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/

Adapun untuk langkah pembayaran pajak yang hendak dilakukan, Anda bisa mengikuti caranya sesuai yang tertera pada website atau aplikasi yang dijalankan. Tidak perlu khawatir mengingat langkahnya cukup mudah bahkan untuk orang awan sekalipun. Dalam melakukan pembayaran, Anda harus memasukkan Tanda nomor kendaraan bermotor/nomor polisi.

Mengenai informasi yang ada pada website ataupun aplikasi cek informasi pajak kendaraan bermotor, pihak kami akan terus memperbaruinya. Hal ini dimaksudkan agar pengguna fasilitas pembayaran pajak online bisa mendapatkan informasi secara lengkap dan pastinya up to date.

Mengingat dunia online tidak lepas dari yang namanya penipuan, ada baiknya pengguna fasilitas selalu waspada. Jangan sampai lengah ataupun tertipu oleh adanya website ataupun aplikasi tiruan.

Akseslah website resmi milik pemerintah dengan website resmi yang umumnya menggunakan domain (dot)GO(dot)ID dimana GO berarti goverment, sementara ID adalah Indonesia.

Sebagai contoh, pada E-Samsat milik Jawa Barat menggunakan domain: bapenda.jabarprov.go.id dan untuk aplikasinya sedikit sulit namun kami mengambil patokan di website resminya, seperti yang ada pada website bapenda.jabarprov.go.id, disana tersedia akan banner mengenai aplikasi “SAMBARA”.

Jika di dalam website resmi pembayaran pajak menyarankan untuk mengunduh aplikasi tersebut maka SAMBARA merupakan aplikasi resmi yang bisa Anda gunakan.

Manfaat Tertib Membayar Pajak

Membayar pajak kendaraan secara rutin ternyata memiliki banyak manfaat. Semua kendaraan memiliki biaya pajak yang sebaiknya dibayarkan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Adapun manfaat membayar pajak kendaraan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kendaraan aman saat digunakan di jalan raya ⇒ ketika kendaraan belum juga terbayarkan pajaknya, kemungkinan untuk kena tilang akan sangat tinggi. Dengan motor yang telah dibayar pajaknya, alhasil Anda tidak perlu kucing-kucingan menghindari polisi saat berkendara
  • Keuangan menjadi lebih sehat ⇒ membayar pajak tepat waktu membuat Anda tidak perlu kerepotan mencari pinjaman ketika tenggat pembayaran pajak berada di depan mata
  • Membantu pemerintah dalam mendapatkan pemasukan ⇒ membayar secara tertib membuat kas pemasukan pemerintah menjadi lebih sehat. Alhasil proses pembangunan juga akan lebih sehat dan lancar di dalam negeri.

Dengan manfaat di atas, membayar pajak sebaiknya dilakukan secara tertib sesuai dengan waktunya. Tertib membayar pajak juga mendorong pembangunan infrastruktur dalam negeri yang pastinya berguna untuk masyarakat kalangan luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here