Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome

0
Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome

Cara cek ketersediaan jaringan IndiHome perlu dilakukan untuk mengetahui lokasi area atau daerah yang sudah tercover dengan jaringan Indihome fiber optik. Apakah saat ini anda berencana akan berlangganan atau sudah berlangganan Speedy namun akan upgrade ke IndiHome?

IndiHome adalah layanan Triple Play yang dimiliki Telkom, yaitu sebuah layanan yang menggabungkan Internet, UseeTV, dan Telepon Rumah dengan dukungan media perantara FO (Fiber Optik) dan kini sudah didukung dengan jaringan GPON yang bisa memberikan kecepatan internet hingga 100Mbps.

Layanan IndiHome juga telah menambahkan beberapa fitur baru untuk menunjang pelayanan kepada penggunanya, khususnya dalam hal layanan dan keamanan seperti Indihome View, Melon, hingga Trend Micro Security yang sebelumnya fitur tersebut tidak tersedia pada layanan Speedy.

Kelebihan yang dimiliki layanan IndiHome lainnya adalah harga paket IndiHome yang terbilang relatif mudah, yaitu mulai Rp285.000 s/d Rp1.750.000 perbulannya. Jadi pengguna bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan.

Seperti pada paket Netizen I Dual Play yang memiliki biaya bulanan Rp285.00 pelanggan sudah bisa menikmati layanan IndiHome seperti:

  • Jaringan internet cepat dan stabil sampai 10Mbps.
  • Phone dan WiFi.id Seamles.
  • Mendapat gratis 100 menit Telepon rumah dengan kualitas yang jernih.

Dengan fasilitas yang dan harga yang ditawarkan, tentu harga paket IndiHome sekarang jauh lebih murah dengan harga paket internet Speedy dahulu, dimana layanan paket Speedy 1Mbps pelanggan harus membayar biaya bulanan Rp295.000.

Sebagai informasi tambahan, bahwa Speedy adalah layanan Dual Play, yaitu intenet dan telepon rumah yang menggunakan teknologi ADSL dengan menggunakan media kabel tembaga yang memiliki kecepatan 1Mbps sampai 5Mbps, layanan Speedy hadir mengganti layanan sebelumnya yaitu internet Telkom Flexi (telkomnet Instan).

Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome

Agar bisa menggunakan layanan Internet IndiHome, calon pelanggan harus melakukan pendaftaran pemasangan baru Indihome melalui situs resmi Telkom, atau bisa datang langsung ke Plasa Telkom dengan membawa identitas asli seperti KTP.

Namun sebelum melakukan pemasangan layanan IndiHome atau melakukan upgrade untuk pelanggan Speedy sebaiknya memastikan terlebih dahulu bahwa tempat tinggal atau lokasi anda sudah terjangkau dengan jaringan fiber optic.

Hal ini penting dilakukan, dengan mengetahui ketersediaan jaringan fiber di lokasi anda tinggal, khususnya untuk pelanggan Speedy yang ingin beralih menggunakan jaringan IndiHome, jika lokasi tempat anda tinggal belum terjangkau kabel fiber, maka anda tidak akan bisa melakukan upgrade layanan.

Ada dua cara untuk mengetahuai ketersediaan jaringan IndiHome pada suatu daerah, yaitu dengan menggunakan situs Fibermap yang sudah disediakan oleh pihak Telkom dan cara kedua yaitu dengan melihat perngkat IndiHome yang terpasang pada tiang telepon rumah dimana anda tinggal.

Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome Melalui Situs Fibermap

Cara mudah yang bisa dilakukan untuk cek ketersedian jaringan IndiHome di daerah anda adalah dengan menggunakan layanan resmi milik Telkom, yaitu situs Fibermap. Untuk caranya bisa simak langkah-langkah berikut ini.

1. Kunjungi laman situs fibermap.indihome.co.id, tunggu beberapa saat sampai situs berhasil dimuat 100%.

2. Kemudian klik tombol Cek Fiber di Lokasi Anda yang berada di pojok kanan laman situs.

Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome Melalui Situs Fibermap

3. Nantinya akan muncul popup pengisian formulir. Langkah selanjutnya tinggal masukan data tempat tinggal Anda sekarang, seperti: Provinsi, Kota/ Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, Kode Pos, Perumahan/ Non Perumahan. Kemudian klik tombol Submit.

Cara Mengetahui Ketersediaan Jaringan IndiHome

4. Selanjutnya akan muncul keterangan tentang tersedia atau tidaknya jaringan Fiber Optic di tempat anda tinggal. Jika tersedia, maka notifikasinya “Jaringan Internet Fiber (IndiHome Fiber) tersedia di lokasi Anda…” jika belum tersedia “Maaf, jaringan IndiHome Fiber belum tersedia dilokasi Anda…“.

Cara Cek Ketersediaan Jaringan Fiber Optic

Jika jaringan fiber optik belum tersedia di daerah tempat anda tinggal, anda bisa bisa melakukan vote menggunakan akun sosial media seperti Facebook dan Twitter agar daerah anda dapat segera terjangkau oleh jaringan Indihome Fiber Optic.

Jika merasa belum puas dengan keterangan yang muncul pada laman Fibermap, anda bisa melakukan panggilan ke nomor 147 untuk memastikan keterseduaan layanan IndiHome di wilayah Anda.

Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome Melalui Ciri-Ciri Lokasi Sudah Terjangkau IndiHome.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui ketersediaan jaringan IndiHome adalah dengan melihat ciri-ciri lokasi yang sudah tercover IndiHome, seperti:

1. Pada kabel telepon terdapat sebuah kotak hitam yang merupakan Box FO. Untuk jelasnya memiliki tampilan seperti pada gambar berikut.

Odp Fiber Optic

2. Pada tiang kabel telepn terdapat kotak Label FO dengan kode ODP atau FDB. Jelasnya memiliki tampilan seperti gambar berikut.

Dengan adanya kotak hitam dengan tulisan ODP(Optical Distribution Point) dan kotak dengan kode ODP / FDB pada line telepon. maka bisa dipastikan bahwa lokasi tempat anda tinggal sudah mendukung jaringan Fiber Optic.

Untuk anda yang ingin segera menikmati layanan IndiHome bisa langsung menghubungi kantor Telkom terdekat untuk melakukan pemasang baru, dan untuk pelanggan Speedy bisa mengajukan upgrade layanan ke IndiHome.

SUMBERitwae.blogspot.com
Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here