Cara Cek Hp Samsung Asli atau Palsu

1
Cara Cek Hp Samsung

Sebelum memutuskan membeli smartphone merek Samsung, ada baiknya Anda mengetahui cara cek hp Samsung asli atau palsu. Jangan sampai beli mahal-mahal ternyata ponsel Samsung tiruan alias KW. Pastikan Anda tahu cara mengecek Samsung asli.

Seperti yang kita tahu bahwa Samsung merupakan salah satu ponsel pintar yang banyak digunakan karena terkenal memiliki kualitas yang bagus, khususnya dalam masalah performa dan kualitas kamera. Melihat hal itu, banyak oknum yang berbuat curang, yaitu membuat produk Samsung KW/ replika.

Cara Cek Hp Samsung Asli atau Palsu

Sepintas Samsung KW memiliki tampilan luar yang sama percis, namun pada bagian hardware dan software jauh berbeda dengan Samsung asli. Untuk itu Anda harus tahu cara cek keaslian hp samsung sebelum membelinya.

Namun untuk mengecek handphone Samsung ori atau replika, Anda harus tahu beberapa ciri hp Samsung asli seperti dari IMEI, tipe, negara asal buatan, dan bagian hardware sesuai atau tidak dengan hp Samsung original.

Untuk itu pada artikel ini kita akan membahas tentang cara mengecek hp samsung asli atau palsu yang masih jarang dikeathui banyak orang. Agar bisa memahami artikel ini, Anda harus membaca secara runut dan tuntas. Simak pembahasan cara cek hp samsung berikut.

Cek IMEI

Ketika memeriksa HP Samsung yang akan dibeli, periksa dan pastikan IMEI pada ponsel sama dengan IMEI yang terdapat pada dus, ini penting dilakukan pada saat akan membeli ponsel Samsung baru. Pun bisa dilakukan pada saat akan membeli Samsung bekas.

1. Pastikan HP dalam keadaanya menyala, masuk ke menu panggilan dan ketikan *#06# dan tekan tombol Call (tombol telepon).

2. Lalu akan muncul informasi mengenai IMEI. Akan nampak IMEI1 dan IMEI2, namun pada beberapa tipe hanya memiliki satu IMEI. Kemudian cek dan pastikan IMEI-nya sama. Jika berbeda, maka kemungkinan tidak asli alias palsu.

cara mengecek handphone samsung

Cek Tipe Samsung

Cara mengecek imei Samsung bisa dilakukan secara online melalui website yang menyediakan layanan mengecek hp samsung asli, nanti akan muncul informasi mengenai tipe ponsel Samsung, Anda hanya perlu memasukan tipenya sesuai dari segi tampilan dan spesifikasinya.

Cara cek imei samsung:

1. Pastikan Anda sudah mengetahui kombinasi nomor IMEI-nya.

2. Kunjungi laman situs IMEI.info, dan masukan nomor IMEI tersebut pada kolom yang tersedia, lakukan centang pada “Iā€™m not a robot ” dan klik tombol Chek.

cara cek imei samsung

3. Nantinya akan muncul informasi detail mengenai tipe HP, mulai dari model sampai spesifikasinya. Anda harus pastikan model yang muncul sama, dan pada bagian Brand tercantum tulisan SAMSUNG untuk membuktikan bahwa HP tersebut buatan Samsung.

cek imei samsung

4. Untuk mengetahui spesifikasi HP bisa dilihat pada bagian kanan, akan dijumpai beberapa informasi seperti tahun keluaran, berat HP, jenis SIM, kapasitas baterai dan lain sebagainya. Jika ingin tahu lebih detail tentang Spesifikasi HP Samsung tersebut bisa klik tombol Read more…

cek imei samsung online

Cek Negara Asal Pembuat

Cara cek hp Samsung selanjutnya adalah mencari tahu hp dibuat di negara mana. Beberapa tipe ponsel Samsung ada yang diproduksi di China, Korea, Amerika dan beberapa negara lainnya. Lalu bagaimana cara mengeceknya?

Cara cek Samsung dibuat di negara mana:

1. Masih menggunakan informasi yang diperoleh dari IMEI.info. Perlu diketahui bahwa IMEI adalah kombinasi angka yang memiliki arti khusus pada setiap hp. Maka perhatikan pada urutan angka ke-7 dan ke-8 pada IMEI ponsel Anda.

cara mengecek keaslian hp samsung

2. Kedua nomor tersebut merupakan kode dimana ponsel tersebut diproduksi, ada yang di Eropa, China, Amerika dan negara lainnya. Untuk jelasnya bisa dilihat pada tabel berikut.

KODEASA NEGARA
00Korea Selatan
01Finlandia
02Uni Emirat Arab
03Korea
04China
05Benua/dataran Amerika
06China, Hongkong, dan Meksiko
08Jerman,dan Hongaria
10Finlandia
13Azerbaijan
20Uni Emirate Arab
30Korea
40China
50Dataran Amerika
60China, Hongkong, dan Meksiko
80Jerman,dan Hongaria
90Finlandia

Berdasarkan tabel diatas, handphone Samsung dengan IMEI diatas dibaut di negara Jerman. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap tipe ponsel Samsung bisa berbeda-beda negara asal pembuatnya. Namun yang biasa jadi pertanyaan adalah perbedaan kualitasnya. Apakah ada perbedaan kualitas?

Ada beberapa artikel yang menjelaskan bahwa HP yang dibuat di negara A kualitasnya sangat bagus, di negara B kualitasnya lumayanan dan di negara C kualitasnya jelek. Namun sebenarnya tidak begitu, karena Samsung pasti memiliki standar SOP dalam memproduksi smartphone buatannya meski dibuat dibeberapa negara yang berbeda, pasti ada pengujian terlebih dahulu sebelum dipasarkan.

Namun yang harus diketahui adalah meski hp tersebut diproduksi di negara Jerman, jika produk tersebut cacat maka kualitasnya bisa jelek. Dan produk cacat banyak beredar di pasaran, bukan hanya dari Samsung saja, vendor lain seperti Asus, Xiaomi, dan Oppo juga banyak.

Ponsel saya diproduksi di negara China, namun pada dus ditulis “Made in Indonesia”?

Perlu diketahui bahwa Indonesia memiliki aturan TKDN untuk ponsel dengan jaringan 4G, jadi setiap vendor harus mengikuti aturan 20% kandungan lokal, baik itu dalam segi komponen atau proses prakitaannya.

Umumnya komponen utama ponsel banyak diproduksi di negara lain dan proses prakitan dan pemasarannya dilakukan di Indonesia, itu dilakukan hampir oleh banyak vendor ponsel yang menargetkan pasar Indonesia. Mendirikan cabang perusahaan, dan menuliskan “Made un Indonesia”.

Melakukan Tes Hardware

Tindakan lain yang bisa dilakukan adalah mengetes komponen atau hardware pada ponsel, seperti pada layar LCD, getaran (vibration), sensitivitas sentuhan layar, kamera, speaker dan lain sebagainya. Namun menu testing hardware pada setiap tipe hp Samsung bisa berbeda.

Untuk mengecek hardware hp Samsung bisa dengan cara berikut.

1. Buka menu panggilan lalu ketik *#0*# dan tekan tombol Call.

cara mengecek imei samsung

2. Kemudian Anda akan menjumpai menu-menu seperti dibawah ini. Menu tersebut bisa digunakan untuk mengecek komponen hardware pada ponsel Samsung Anda.

kode hp samsung

Jika Anda tidak mengerti dengan fungsi menu-menu tersebut. Anda bisa membaca fungsi dari setiap menu berikut.

Red, Green, Blue dan Black

kode cek hp samsung

Untuk mngetes warna dasar pada layar HP Samsung. Ketika Anda menekan menu Red misalnya, pastikan yang muncul warna merah. Jika ingin kembali ke menu utama tekan tombol back 2x.

Receiver dan Vibration

Receiver untuk mengetes panggilan masul dll. Saat ditekan akan timbul suara, itu menandakan bahwa hardware receiver berfungsi dna tidak ada masalah. Untuk vibration digunakan untuk mengeters fungsi getar pada ponsel. Jika berfungsi, ketika menekan tombol ponsel akan bergetar. Tekan tombol back 2x untuk kembali ke menu utama.

Dimming

cek layar samsung

Memiliki fungsi untuk mengetes layar hp bisa diredupkan atau tidak. Tekan menu Dimming dan lakukan swipe ke bawah untuk meredupkan layar HP, jika berhasil, maka tidak ada masalah, tekan tombol back 2x untuk kembali ke menu utama.

Mega cam dan Front cam

Mega cam digunakan untuk mengetes kamera utama dan Front cam untuk kamera depan, apakah berfungsi secara normal? Jika menemukan masalah, Anda bisa menekan tombol back 2x untuk kembali ke menu utama.

Sensor dan Touch

Sensor untuk mengecek sensor accelerometer yang memilik fungsi untuk mengukur dan mendeteksi getaran atau percepatan gravitasi bumi. Untuk menu Touch digunakan untuk melakukan tes sensitivitas sentuhan pada layar.

Sleep dan Speaker

Sleep digunakan untuk mengetes fitur mematikan layar sejenak untuk menghemat daya bisa. Speaker untuk mengetahui apakah speaker HP bisa berfungsi secara normal atau tidak.

Sub key dan Low frequency

Sub key untuk mengeters fungsi tombol-tombol seperti tombol Menu, Back, Volume, Power dll bisa bekerja dengan normal. Anda bisa menekan tombol tersebut satu persatu, jika layar berubah warna, itu menandakan bahwa hp tidak bermasalah.

Cara Cek Hp Samsung Asli

Untuk Anda yang tidak mau ribet melakukan cek keaslian HP Samsung seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka bisa menggunakan cara berikut untuk memastikan HP Samsung yang akan dibeli asli.

Harga

Jangan tertarik dengan harga murah, karena HP dengan harga murah memiliki kualitas yang murahan pula. HP Samsung Palsu memiliki kualitas yang jelek karena dibuat dari komponen kualitas rendah, makanya bisa dijual dengan harga murah. Untuk itu jangan tertarik dengan HP Samsung yang harganya murah tidak wajar.

Fisik HP

Untuk Anda yang sudah pernah menggunakan produk Samsung, pasti sudah tahu bagaimana kualitas dari bodi HP Samsung asli. Jika menemukan HP Samsung dengan warna mengkilta berlebihan, ringkih dan terkesan murah, bisa jadi itu barang palsu.

Anda juga bisa mengecek pada bagian logo Samsung, jika memiliki tekstur yang kasar, timbul, dan mudah tergores bisa jadi itu adalah Samsung replika. Kemudian pada bagian tombol terasa keras, terlalu empuk, posisinya tidak wajar dan terlalu jauh dari posisi wajar, bisa dipastikan HP tersebut adalah Samsung palsu atau KW.

Kualitas Kamera

Seperti yang kita tahu bahwa HP Samsung memiliki kualitas kamera yang bagus. Jadi sebenarnya cukup mudah membedakan HP Samsung asli atau palsu. Hasil kamera dari HP Samsung palsu cendrung gelap dan kualitasnya jelek.

Beli di Toko Resmi

Ini yang terpenting. Saat akan membeli di Mall atau toko online, pastikan Anda membeli di Toko resmi. Hal ini berlaku juga untuk hp merek lainnya. Semua HP yang dijual di official store dijamin 100% asli.

Meski kadang harga di toko resmi sedikit lebih mahal, namun untuk kualitas dan keasliannya terjamin. Ketika melakukan pembelian HP di toko resmi, Anda bisa melakukan retur, jika perangkat yang Anda beli cacat atau ada kerusakan.

Dapat Garansi 1 Tahun

Saat membeli HP Samsung asli, Anda akan mendapatkan garansi selama 1 tahun. Jadi pada saat HP mengalami masalah atau kerusakan Anda bisa melakukan pengajuan perbaikan.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here