Cara Reset HP Samsung dengan Mudah

0
Cara Restart HP Samsung dengan Mudah

Banyak orang mulai mencari cara reset handphone Samsung ketika beberapa masalah muncul. Misal HP menjadi lemot bin lelet atau karena ada kerusakan software. Umumnya orang akan pergi ke tukang service, padahal bisa dilakukan sendiri dengan membaca tutorialnya di internet dan melakukannya secara hati-hati.

Dengan melakukan Factory Reset atau restart hp Samsung Android, bertujuan untuk mengembalikan sistem dan aplikasi seperti sedia kala. Kembali ke setelan pabrik, sama ketika baru membelinya.

Yang harus diketahui ketika akan melakukan reset HP Samsung adalah data-data seperti foto, video, musik, dokumen, dan kontak yang tersimpan di memori internal akan terhapus. Juga aplikasi yang di instal pada memori handphone akan ikut terhapus.

Untuk melakukan instal ulang HP samsung dan HP Android lain ada beberapa cara yang bisa lakukan, yaitu dengan menggunakan menu Backup & Reset, dengan Recovery Mode atau dengan memasukan kode reset.

Cara Reset HP Samsung dengan Mudah

Dengan banyaknya cara reset hp samsung. Maka akan dibahas beberapa caranya. Jadi ketika menggunakan cara yang satu tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara lainnya.

Berikut beberapa cara merestart hp samsung dengan mudah untuk melakukan instal ulang handphone ke setingan pabrik.

1. Melalui Menu Pengaturan

Cara mereset hp samsung ini bisa digunakan ketika handphone Samsung masih bisa mengakases menu pengaturan/Setelan.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan melakukan reset ulang ponsel, jangan sampai lupa melakukan cadangkan data atau backup pada data yang penting. Data tersebut bisa dipindah ke memori eksternal atau laptop.

Berikut langkah-langkah melakukan reset ulang melalui pengaturan.

  • Pertama, masuk ke menu pengaturan.
  • Cari ke bagian menu bawah Backup & Reset.
  • Jika sudah ketemua menu tersebut sentuh Factory data reset.
  • Selanjutnya centang yang dianggap perlu dan sentuh Reset device.
  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses reset ponsel berhasil selesai. Biasanya akan memakan waktu 5 sampai 10 menitan. Tergantung dari banyak atau tidaknya data pada handphone atau tablet.
  • Setelah proses selesai, maka HP android akan melakukan reset. Namun jika HP tidak otomatis melakukan reset, maka bisa melakukannya secara manual.

2. Menggunakan Kode Rahasia

Cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan hard reset Samsung adalah dengan memasukan kde rahasia pada dialup. Pada menu panggilan ketik kode riset Samsung *2767*3855#. Namun cara ini bisa dilakukan jika HP masih bisa mengakses keyboard.

3. Dengan Recovery Mode

Jika kedua cara diatas tidak bisa mengatasi masalah yang dialami. Maka bisa melakukan cara ketiga ini. Cara ini cukup efektif untuk mengembalikan HP ke setelan pabrik secara maksimal.

Umumnya cara ini juga digunakan pada HP yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Ketika dihidupkan hanya sampai pada logo yang biasa disebut Bootloop. Untuk mengakses menu Recovery Mode, HP harus dalam keadaan mati.

Berikut adalah langkah-langkah masuk ke Recovery Mode untuk melakukan Factory Reset pada handphone Samsung yang menggunakan operasi sistem Android.

  • Pertama pastikan baterai dalam keadaan penuh, minimal 70% lagi. Untuk menghindari HP habis baterai ketika proses reset.
  • Selanjutnya matikan handphone atau tablet Android.
  • Tekan dan tahan kedua tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan selama bebera detik.
  • Setelah masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol volume up untuk memilih menu “Factory reset / wipe data”. Dan tombol Home untuk memulai proses reset.
  • Selanjutnya tinggal menunggu prosesnya sampai selesai.

Cara Masuk Recovery Mode Semua Tipe Hp SAMSUNG

cara reset handphone samsung

Sebagai informasi tambahan, bahwa tidak semua tipe hape Samsung memiliki cara masuk Recovery Mode yang sama. Ada yang mudah dan ada juga yang sedikit rumit. Berikut beberapa cara masuk Recovery Mode semua jenis handphone Samsung Android.

Tipe Samsung Galaxy Mini, Galaxy Gio , Galaxy Fit dan Galaxy Ace

  • HP dalam keadaan mati, tekan tombol Home + Power secara bersamaan sampai muncul logo Samsung.

Tipe Samsung Galaxy Y (Young) GSM

  • HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Up + Home + Power scara bersamaan selama beberapa detik.

Tipe Samsung Galaxy Y (Young) CDMA:

  • HP dalam keadaan mati, tekan tombol power, pada saat logo Samsung muncul tekan tombol Volume Up beberapa saat sampai masuk ke Recovery Mode. Jika gagal masuk, matikan lagi dan ulangi lagi prosesnya. Karena agak sulit untuk untuk tipe yang satu ini.

Tipe Samsung Galaxy Mini II S6500

  • HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Up + Volume Down + Home + Power secara bersamaan.

Tipe Samsung Galaxy Chat GT-B5330

  • HP dalam keadaan mati, tekan secara bersamaan tombol Volume Down + Home + Power.

Tipe Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200)

  • HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan dalam beberapa detik.

Tipe Samsung Galaxy Ace Plus

  • HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Up + Volume Down + Home secara bersamaan, dilanjutkan dengan tekan sekali tombol Power(jangan ditahan). Tunggu beberapa saat sampai masuk ke Menu Recovery, baru bisa lepas semua tombol.

Tipe Samsung Galaxy Pro

  • HP dalam keadaan mati, tekan Tombol T + Power secara bersamaan.

Tipe Samsung Galaxy 551

  • HP dalam keadaan mati, tekan tombol huruf T + Power. Untuk menggeser menu bisa menggunakan tombol panah, dan untuk memilih menu bisa menggunakan tombol Shift.

Tipe Samsung Galaxy W (Wonder)

  • HP dalam keadaan mati, tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan sampai ada logo muncul, kemudian tekan tombol Menu(tombol yang paling kiri)

Tipe Samsung Galaxy Note N7000

HP dalam keadaan mati, tekan tombol Volume Up + Home + Power, tunggu beberapa saat sampai ada muncul tulisan Galaxy Note, baru lepas semua tombol.

Warning!!! Jangan lakukan Factory reset pada tipe Samsung Galaxy Note yang menggunakan operasi sistem Andrid 4.0 Ice Cream Sandwich. Karena banyak yang mengalami kerusakan fatal setelah melakukannya.

Untuk langkah-langkah reset hp seperti samsung j1, samsung j2, samsung s8, samsung duos, samsung j7 prime, samsung galaxy v, samsung grand dll. Bisa menggunakan cara diatas juga.

Sampai disini pembahasan menganai cara reboot hp samsung dengan mudah. Jika ada pertanyaan atau memiliki cara lain yang lebih efektif menganai cara insatal ulang hp Samsung bisa disampaikan melalui komentar.

Semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here