Arti Status Pengiriman POS Indonesia

8
Arti Status Pengiriman POS

Kini POS Indonesia menjadi salah satu jasa pengiriman paket atau barang yang sering digunakan oleh masyarakat, baik ketika berbelanja online atau melakukan pengiriman barang. Keunggulan dari POS Indonesia adalah memiliki jangkauan yang lebih luas karena sudah memiliki kantor cabang dimana-mana.

Jika dilihat dari tarif pengirimannya, pengiriman POS memiliki harga sedikit lebih murah dari jasa pengiriman swasta. Untuk masalah traking atau pelacakang keberadaan barang/paket juga sudah tersedia menu tracking pada situs resminya. Namun, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan mengenai status pengiriman yang berhari-hari tidak berubah.

Banyak juga yang belum paham mengenai arti dari setiap status proses pengiriman barang POS Indonesia, seperti Manifest Terima atau Manifest Serah. Namun pada tahun 2018 kemarin, ada pembaruan pada tampilan halaman tracking POS, juga terjadi pembaharuan status.

Arti Status Pengiriman POS

Urutan dan Status Pengiriman POS

Perlu diketahui, bahwa kini cara membaca urutan status di laman tracking pada situs resminya adalah dari atas ke bawah. Berikut adalah arti dan urutan status pengiriman POS Indonesia.

Penerimaan di loket [NAMA KANTOR POS/AGEN]: Artinya paket atau barang yang dikirim sudah terdaftar pada sistem pengiriman dan berada di kantor POS/ Agen POS penerimaan. Sebelum pergi meninggalkan kantor POS, pastikan pada bukti pengiriman setiap huruf dan angka bisa terbaca, khususnya untuk nomor resi.

Diteruskan ke Hub [NAMA KANTOR POS/AGEN]: Artinya paket sedang dalam proses antrian pengiriman ke gudang kantor POS kota pengiriman. Pada status pelacakan paket akan terdapat kode kantor POS keberadaan paket.

Tiba di Hub [NAMA KANTOR POS/AGEN]: Artinya paket sudah berada di gudang kantor POS kota pengirim dan akan masuk dalam proses antrian ke gudang kantor kota penerima paket. Pada status pengiriman akan muncul kode lokasi keberadaan paket.

Diteruskan ke Kantor Antaran [NAMA KANTOR POS/AGEN]: Artinya paket sedang dalam perjalanan untuk dikirim ke gudang kantor POS kota tujuan paket yang lokasinya dekat dengan alamat penerima barang. Kode lokasi keberadaan paket akan muncul pada status pengiriman.

Tiba di Kantor Antaran [NAMA KANTOR POS/AGEN]: Artinya paket sudah ada di gudang kantor POS kota tujuan, lokasinya dekat dengan alamat penerima paket. Kemudian akan masuk dalam daftar pengantaran. Kode lokasi keberadaan paket akan muncul pada status pengiriman.

Proses Antar [NAMA KANTOR POS/AGEN]: Artinya paket sedang dalam proses pengiriman oleh kurir. Pada laman tracking, perhatikan kode kantor POS yang tertera, itu merupakan kode lokasi keberadaan paket yang dikirim.

Selesai Antar: Status pengiriman yang menandakan paket atau barang sudah sampai ke alamat tujuan. Jika paket belum di terima, namun status pengiriman sudah ‘Selesai Antar’ perhatikan nama penerima paket, bisa jadi yang menerima sanak sodara. Namun, jika paket benar-benar tidak diterima, bisa langsung datang ke kantor POS dengan kode yang tertera pada laman tracking.

Beberapa Status Penerimaan Paket POS

Perlu diketahui juga bahwa status dengan keterangan Selesai Antar juga ada beberapa macam. Berikut keterangan untuk satatus kiriman yang sudah berhasil diantar kurir.

  1. Diri Sendiri: Artinya diterima oleh orang yang memiliki nama yang tertera pada paket yang dikirim.
  2. Sekretaris/ Recepcionist: Artinya paket atau kiriman diterima oleh sekretaris penerima atau resepsionis pada alamat penerima.
  3. Rekan kerja/ Pegawai: Artinya paket telah diterima oleh rekan kerja atau pengawai.
  4. Satpam: Artinya paket diterima oleh satpam pada alamat tersebut.
  5. Mail room: Artinya paket diterima oleh petugas mailroom di alamat tersebut.
  6. Orang Serumah: Artinya barang sudah diterima oleh orang yang berada dalam satu rumah pada alamat tujuan.
  7. Pembantu:  Artinya barang atau kiriman telah diterima oleh pembantu rumah sesuai alamat tujuan.
  8. Pemilik Kos/Asrama: Artinya paket telah diterima oleh Pemilik Kos/Asrama sesuai alamat penerima.
  9. Suami/istri: Artinya kiriman sudah diterima oleh Suami atau Isteri penerima kiriman.
  10. Yang diberi kuasa: Artinya paket sudah diterima oleh orang yang diberi kuasa oleh penerima barang.
  11. Petugas PO Box: Artinya paket sudah diterima oleh petugas Petugas PO Box sesuai alamat yang dituju.

Beberapa Status Untuk Paket Gagal Kirim

Berikut beberapa keterangan pada paket atau kiriman yang gagal Antar.

  1. Alamat tidak Jelas: Artinya alamat yang tertera pada paket tidak jelas atau tidak lengkap, sehingga alamat tujuan sulit ditemukan oleh kurir ketika melakukan pengantaran paket.
  2. Penerima Tidak dikenal: Artinya paket sudah diantar oleh kurir ke alamat yang tertera, namun di alamat tujuan tidak ada yang mengenal nama yang tertera pada paket tersebut.
  3. Pindah alamat: Artinya paket sudah diantar oleh kurir ke alamat yang dituju, namun ternyata penerima paket sudah pindah alamat.
  4. Meninggal dunia: Artinya kurir telah mengantarkan paket ke alamat tujuan, namun didapati informasi bahwa penerima paket sudah meninggal dunia.
  5. Rumah Kosong: Artinya kurir telah mengantarkan paket ke alamat tujuan, namun rumah dalam kosong atau tidak ada orang yang bisa dijumpai.
  6. Ditolak: Artinya kurir telah mengantarkan paket ke alamat tujuan, namun ditolak oleh penerima, bisa karena berbagai alasan, salah satunya nama pengirim tidak dikenal.
  7. Kiriman dengan nomor tersebut tidak ada: Artinya ada kesalahan pada nomor resi kiriman. Maka bisa dilakukan pengecekan ke kantor POS.

Status Pengiriman POS Lama

Sebelum terjadi perubahan pada laman pelacakan paket pada website resmi POS Indonesia, istilah dari status pengiriman paket cendrung sulit dimengerti oleh orang awam. Berikut adalah beberapa arti tentang status pengiriman POS Indonesia.

  1. Posting Loket: Artinya kiriman sudah diterima oleh pihak POS dan akan diproses untuk pengiriman.
  2. Puri Kirim: Artinya paket sedang dalam proses pengiriman.
  3. Berangkat ke Kantor Penerusan: Artinya paket akan dikirim ke gudang kantor POS kota .
  4. Berangkat Ke Kantor Pos Tujuan: Artinya paket akanh dikirim ke kantor POS kota tujuan.
  5. Puri Terima: Artinya paket telah diterima dan sampai di kantor POS kota tujuan, dan akan dikirim ke alamat.
  6. Antaran: Artinya paket sedang dikirim oleh kurir POS Indonesia.
  7. Selesai Antar: Artinya kiriman sudah diterima atau bisa juga gagal antar yang berarti paket gagal dikirim dengan berbagai alasan.
  8. Manifest Terima: Artinya paket sudah diterima oleh pihak Kantor POS untuk selanjutnya akan diproses pengantaran dari kantor cabang ke kantor kota tujuan. Intinya paket sudah dalam proses pengiriman.
  9. Manifest Serah: Artinya paket sudah dikirim oleh pihak Kantor POS kota untuk selanjutnya akan diproses pengantaran ke kantor POS alamat tujuan.

Cara Melacak/Tracking Paket POS

Untuk melacak keberadaan paket yang dikirim dengan layanan pengiriman POS Indonesia bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Kunjungi laman situs Pos Indonesia http://www.posindonesia.co.id/, dan masukan nomor resi pada tertera pada bukti pengiriman, pada kolom yang tertera. Jika sudah benar, masukan kode keamanan, dan klik tombol ‘Cari Kiriman’, jika sudah benar maka bisa dijumpai urutan status pengiriman POS Indonesia.
  2. Jika situs resminya sedang tidak bisa diakses/down, maka bisa mengakses situs https://cekresi.com/, tinggal masukan nomor resi yang tertera pada bukti pengiriman, dan klik tombol Cek Resi, kemudian pilih POS Indonesia. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya berhasil.

Intinya, jika paket sudah dikirim dan sudah mendapatkan kode resi. Tinggal menunggu dengan sabar hingga paket sampai. Namun jika terjadi kendala, Anda bisa mengadukan atau meminta bantuan langsung ke pihak POS Indonesia melalui jalur berikut:

  • HaloPos: 161
  • Permintaan Info paket melalui : http://www.posindonesia.co.id/index.php/form-informasi-pelanggan/
  • Pengaduan Pelanggan: http://www.posindonesia.co.id/index.php/form-keluhan-pelanggan/
  • Facebook: https://www.facebook.com/posindonesia
  • Twitter: https://twitter.com/PosIndonesia
Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

8 KOMENTAR

  1. Tolong bantuan nya ,paket saya sudah 6 hari belum sampai2,dari semarang k pontianak,d cek no resi ny ,tidak berpindah tempat,tanggal ny tidak berubah,,alamat sudah jelas ,,ini no resi nya 17602505363,,terima kasih

  2. Peket saya status nya udah SELESAI ANTER oleh REKAN KERJA/PEGAWAI atas nama TATA
    tapi saya enggak kenal orang bernama TATA dan barang belum sampai kerumah hingga sekarang
    Dengan Nomor Resi LP322196506SG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here