Arti Status Pengiriman TIKI

0
Arti Status Pengiriman TIKI
Arti Status Pengiriman TIKI

TIKI merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang umum digunakan banyak orang ketika melakukan pembelian barang secara online, baik belanja di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, JD.ID, Bhinneka, Elevenia atau Marketplace lainnya.

TIKI sendiri sudah berdiri sejak tahun 1970, dan semakin banyak digunakan ketika terjadi tren belajar online beberapa tahun belakangan ini. Dan kini TIKI menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman barang terkenal di Indonesia.

Kembali ke topik pembahasan,yaitu status pengiriman TIKI ketika melakukan pelacakan(tracking) posisi keberadaan barang kita. Dengan perkembangan teknologi di bidang pengiriman, kini setiap orang bisa dengan mudah mengetahui keberadaan posisi paket. Tinggal melakukan input nomor resi ke laman tracking yang tersedia di situs resmi TIKI.

Namun, kebanyakan orang yang baru menggunakan jasa pengiriman barang, pasti sering bertanya-tanya mengenai arti dari setiap status pengiriman TIKI yang terdapat pada laman pelacakan. Nah untuk mengetahuinya, mari kita bahas. Baca sampai tuntas ya.

Arti Status Pengiriman TIKI

Berikut adalah tangkapan layar dari laman traking resi TIKI yang menunjukan proses pengiriman dari Bekasi ke Garut. Pada setiap prosesnya terdapat waktu dan tanggal yang menunjukan proses pengiriman sedang berlangsung.

Status Pengiriman TIKI
Status Pengiriman TIKI

Untuk melakukan pelacakan terhadap status pengiriman barang melalui TIKI disarankan untuk langsung menggunakan fitur pada website resminya di https://www.tiki.id/id/tracking.

Berikut arti istilah yang muncul dalam proses tracking barang yang dikirim menggunakan TKI.

  • Shipment Data Entry: Artinya data barang yang akan dirikim sudah masuk ke database sistem TIKI.
  • Arrive at: Artinya barang yang dikirim sudah dijemput oleh pengiriman dan sampai di kota tujuan.
  • Departed to: Artinya barang sudah dikirim dari agen TIKI kota asal pengirim.
  • Packing List: Artinya barang sudah dikemas dan masuk dalam daftar pengiriman.
  • Transit: Artinya barang yang dikirim sedang transit di gudang TIKI untuk dilakukan pengecekan kembali.
  • Arrived: Artinya barang sudah sampai di kota tujuan.
  • With Delivery Courier: Artinya barang yang dikirim sedang dalam perjalan oleh kurir, dan akan kirim ke alamat penerima barang.
  • Success: Artinya barang sudah sampai di alamat tujuan
  • Received By: Artinya adalah orang yang menerima barang yang dikirim kurir.
  • Exception: Artinya ada pergantian kurir, biasanya disebabkan karena ada kesalahan alamat, atau kurir kesulitan menemukan alamat penerima barang.
  • Failed: Artinya barnag atau paket gagal dirikirim atau tidak diterima oleh penerima. Ada beberapa faktor yang menyebabkan barang gagal dikirim, seperti alamat yang salah, barang yang dikirim tidak sesuai kebijakan TIKI dan karena hal lainnya. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi call center TIKI.

Sebagai informasi tambahan, mengenai lama prose pengiriman menggunakan jasa TIKI tergantung jarak antara pengirim dan penerima barang. Jika masih satu pulau biasanya memakan waktu 2-3 hari. Namun lain cerita jika beda pulau dengan jarak yang cukup jauh, bisa sampai satu minggu.

Tips menggunakan jasa pengiriman barang TIKI agar prose pengiriman berjalan lancar adalah dengan mencantumkan alamat sejelas dan selengkap mungkin dan mencantumkan nomor telepon, agar kurir bisa dengan mudah menghubungi ketika sulit menemukan alamat yang dituju.

Layanan yang di Miliki TIKI

Berikut beberapa arti layanan pengiriman yang dimiliki oleh perusahaan pengiriman TIKI.

  • INT (International): International Service, merupakan layanan pengiriman barang antar negara.
  • SDS (Same Day Service): Merupakan layanan pengiriman barang maksimal dalam 24 jam, hari ini kirim hari ini juga sampai. Tarif layanan ini merupakan yang paling mahal, karena pengitungan berat mulai dari 10Kg.
  • ONS (One Night Service): Layanan pengiriman barang dalam waktu 1 hari 1 malam(24 jam), untuk layanan ini tidak terlalu mahal, bahkan perbandingan harganya tidak jauh berbeda dengan pengiriman Regular.
  • REG (Regular):Regular Service, merupakan layanan pengiriman standar, waktu pengiriman tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama, tergantung alamat tujuan barang. Tarifnya juga lebih murah dibandingkan dengan ONS.
  • ECO (Economy): Economy Service, merupakan layanan pengiriman paling murah di TIKI. Namun waktu pengiriman agak sedikit lebih lama dibandingkan dengan layanan tipe lainnya.

Pedoman & Syarat Pengiriman TIKI

Agar proses pengiriman barang lancar, maka tidak ada salahnya membaca pendoman dan syarat menggunakan jasa pengiriman dari TIKI. Biar tahu lebih jelas mengenai berbagai aturan pengiriman.

Untuk lebih jelasnya mengenai Pedoman dan Syarat pengiriman TIKI, bisa dibaca di: Pedoman Pengiriman TIKI.pdf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here