Terus Berkembang, Ini Dia Urutan Sistem Operasi Android Terbaru dan Kelebihannya Masing-masing

0
Sistem Operasi Android Terbaru
Sistem Operasi Android Terbaru via kapalomen com

Bicara soal ponsel modern masa kini, tampaknya semua sudah menggunakan HP dengan sistem operasi Android. Sehingga tidak mengherankan bila semua akses dapat dengan mudah dilakukan melalui ponsel dengan operasi sistem canggih ini.

Android merupakan sistem operasi ponsel dengan basis Linux yang banyak digunakan di dunia. Sistem Android sendiri bersifat open source sehingga banyak digunakan pada hampir semua merek ponsel pintar seperti Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo, Huawei dan lain sebagainya.

Karena banyak digunakan, maka tidak heran jika Android menjadi sisten operasi yang populer hingga saat ini. Meski demikian, sistem operasi ini seringkali bersaing ketat dengan iOS yang dirancang khusus untuk ponsel merk Apple.

Sistem Android memiliki kesamaan dengan iOS karena didesain khusus untuk layar sentuh. Sementara di bagian navigasi dan memilih menu, Anda bisa melakukan gesture, mengetuk, menggeser ataupun menekan dan mencubit.

Di dalam sistem operasi Android, anda juga bisa menemukan aplikasi playstore yang dapat digunakan untuk mencari serta menginstal aplikasi yang diperlukan untuk pelengkap ponsel pintar Anda. Selain aplikasi, Anda juga bisa menemukan beragam game yang Anda sukai disana.

Kebanyakan aplikasi dan games yang bisa ditemukan di Google Play Store adalah gratis. Alhasil, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menggunakan aplikasi dan games tersebut. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengisi kuota untuk mengunduh dan menginstal aplikasi atau games yang diinginkan.

Sejarah Sistem Operasi Android

Pertama kali, Android didirikan oleh Andy Rubin, Nick Sear, Rich Miner pada tahun 2003. Munculnya Android diciptakan untuk menyaingi sistem operasi yang kala itu tengah populer yaitu Windows mobile dan Symbian. Di awal didirikannya, sistem Android tidaklah berjalan lancar melainkan mengalami pula masa jatuh bangun.

Hingga pada tahun 2005, Google mengakuisisi Android secara resmi dan menjadikannya sebagai anak perusahaan. Selanjutnya, Andy Rubin memimpin tim yang mengembangkan Android supaya bisa berjalan pada platform perangkat seluler dengan basis Kernel Linux. Kerja keras mereka mulai membuahkan hasil dengan diperkenalkannya produk HP menggunakan sistem Android pertama.

Selanjutnya pada tahun 2010, Google secara resmi merilis Nexus bersistem operasi Android yang dirilis oleh ketiga mitra Google yakni LG, Samsung dan HTC.

Urutan Sistem Operasi Android dari Versi Lama sampai Terbaru

Android sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 silam ini kerap melakukan pembaruan, hampir setiap tahun datang versi terbaru. Tentu saja versi baru ini dilengkapi dengan segala perbaikan dan fitur-fitur bawaan terupdate. Menariknya lagi, Android sendiri tiap versi memiliki nama unik mulai dari kue, permen atau lainnya yang berkaitan dengan makanan ringan.

Sejak meluncur, sistem Android ini sudah mengalami update sebanyak 14 kali, mulai dari versi Android 1.5 sampai 9.0. Masing-masing versi punya kelebihan masing-masing. Berikut ini adalah urutan dari sistem android berikut dengan kelebihannya.

1. OS Android 1.5 Cupcake

OS Android 1.5 Cupcake

Sistem yang diberi nama Cupcake atau camilan manis ini adalah versi pertama dari Android. Sistem ini memiliki fitur seperti widget, keyboard virtual dan auto rotate. Meski demikian, Android Cupcake hanya memiliki fitur Android dasar saja.

2. OS Android 1.6 Donut

OS Android 1.6 Donut

Pada versi Android ini telah ada fitur terbaru yakni mesin penerjemah ke teks ke suara, penambahahan indicator pemakaian baterai, serta dukungan CDMA. Meski demikian, Android Donut hanya diberi tambahan beberapa fitur serta perbaikan bug saja.

3. OS Android 2.0 Eclair

OS Android 2.0 Eclair

Versi ini merupakan versi yang telah dipersiapkan menuju ponsel pintar. Dalam sistem Android ini telah ada live walpaper yang tentunya terlihat keren pada masanya, juga dukungan kamera lebih lengkap dengan adanya flash, efek warna, dan fokus.

4. OS Android 2.2 Frozen Yogurt

OS Android 2.2 Frozen Yogurt - Froyo

Untuk versi ini, Android telah memiliki perfoma dan optimalisasi yang cukup baik. Tersedia juga beberapa fitur unggulan seperti WIFI Hotspot, push notification, USB Thetering. Dalam versi ini, pengguna sudah bisa memindahkan data aplikasi ke memori eksternal.

5. OS Android 2.3 Gingerbread

OS Android 2.3 Gingerbread

Versi ini memiliki tampilan yang intuitif dan simpel. Tersedia juga fitur NFC untuk sistem pembayaran modern.

6. OS Android 3.0 Honeycomb

OS Android 3.0 Honeycomb

Versi ini hanya dikhususkan pada perangkat tablet, sehingga jarang sekali yang tahu kehadiran Android versi Honeycomb. Keunggulannya meliputi System Bar, multi-core, home screen yang bisa dikostum secara bebas.

7. OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich

OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Google kembali rilis versi Ice Cream Sandwich sesudah Honeycomb. Pada versi ini sistem operasi Android ponsel dan tablet kembali disatukan untuk sistem pengoperasian lebih mudah dan maksimal. Kelebihan versi ini adalah memungkinkan para pemakai melakukan transfer data cepat lewat NFC.

8. OS Android 4.1 Jelly Bean

OS Android 4.1 Jelly Bean

Tak ada perbedaan signifikan pada versi lanjutan Ice Cream Sandwich (ICS) ini. Sistem operasi versi Jelly Bean hanya melakukan peningkatan keamanan dan performa saja. Selain itu juga ada dukungan emoji dan gambar 4K UHD.

9. OS Android 4.4 KitKat

OS Android 4.4 KitKat

Terdapat peningkatan besar pada upadate versi ke-9 ini. Android 4.4 KitKat ini meningkatkan user experience para pengguna. Namun ada konsekuensi yang harus ditanggung yakni tidak dapat mengoper data aplikasi ke memori eksternal. Sebab untuk mendapat performa maksimal dari aplikasi maka data yang diperlukan harus berada di memori internal. Selain itu, kapasitas RAM juga meningkat jadi 512 MB.

10. OS Android 5.0 Lollipop

OS Android 5.0 Lollipop

Versi 5.0 ini bisa dibilang tidak begitu tampak perbedaan. Bahkan dinilai membosankan pada tampilan UI Android Lollipop. Namun pada fitur ada tambahan kemampuan bisa melihat notifikasi meski layar terkunci.

11. OS Android 6.0 Marshmallow

OS Android 6.0 Marshmallow

Ada banyak sekali fitur tambahan dalam versi Marshmallow ini. Pengguna dimanjakan dengan adanya banyak fitur canggih seperti, Doze penghemat baterai, percobaan Multi-Window agar bisa mengoperasikan 2 aplikasi pada satu layar, USB tipe C, serta sensor sidik jari untuk membuka kunci layar.

12. OS Android 7.0 Nougat

OS Android 8.0 Oreo

Menjadi penyempurna versi sebelumnya, android 7.0 ini lebih meningkatkan performa serta tampilan UI. Bila sebelumnya fitur Multi-Window masih diujicobakan, maka pada versi ini sudah lebih sempurna. Sehingga pengguna mudah menjalankan dua aplikasi pada satu layar.

13. OS Android 8.0 Oreo

 

Versi android Oreo ini punya tampilan beda jauh dengan sebelumnya. Bahkan tersedia fitur anyar seperti Autofill guna memudahkan pengisian formulir online, emoji, Notification Dots, serta Picture in Picture.

14. OS Android 9.0 Pie

OS Android 9.0 Pie

Pada versi terbaru sistem android ini sudah memberikan dukungan kemampuan kecerdasan buatan (AI) yang bisa mempelajari penggunaan pola otomatis. Android juga akan lebih bisa menyesuaikan konsumsi baterai, dapat menganalisa waktu pakai ponsel sehingga bisa mengingatkan pengguna bila terlampau lama di depan gadget. Menarik bukan?

Bila melihat dari kesemua versi selama hampir 11 tahun beroperasi, android versi 9.0 Pie adalah yang terbaik. Tentu saja ini lantaran Pie jadi versi terbaru dan pastinya memiliki semua fitur dan perbaikan dari versi-versi sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here