Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Android

0
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Smartphone kini menjadi salah satu prangkat yang banyak digunakan sehari-hari. Mulai digunakan untuk telepon, internetan, chatting, juga video call. Ada banyak aplikasi yang mendukung berbagai aktivitas kita sehari-hari. Dengan banyaknya aplikasi yang terinstal di smartphone, tentu akan memakan banyak tempat penyimpanan internal smartphone.

Penyebab lainnya yang membuat smartphone mengalami memori internal penuh adalah karena terlalu banyak menyimpan banyak file seperti foto, video, musik atau dokumen lainnya. Jika dibiarkan penuh stroge internal bisa berakibat smartphone  tidak bisa instal aplikasi lagi dan ponsel menjadi lemot bin lelet.

Ketika Anda mengalami hal seperti ini, mungkin akan bertanya ‘bagaimana cara mengatasi memori internal penuh ? dan langkah apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?’ Nah, artikel ini akan cara dan langkah-langkah mengosongkan memori internal agar menjadi lebih lega dan kinerja ponsel menjadi lancar kembali.

Perlu diketahui bahwa berkas unduhan seperi gambar dan video yang berasal dari chat dan group Whatsapp merupakan salah satu penyebab kapasitas memori internal semakin menipis, jika dibiarkan lama, juga akan membuat memori penuh.

Sebetulnya, sejak pembalian Android 5.0 Lolipop, Anda bisa dengan mudah melakukan pembersihan memori internal secara berkala pada smartphone Android. Fitur ini merupakan bawaan Android langsung, tujuannya untuk optimasi memori internal .

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Berikut adalah beberapa cara mengatasi penyimpanan internal penuh. Dengan cara ini diharapkan smartphone yang Anda gunakan kembali memiliki ruang peyimpanan lebih banyak dan smartphone kembali normal.

1. Membersihkan cache Secara Berkala

Membersihkan cache Secara Berkala
Membersihkan cache Secara Berkala

Cache merupakan berkas sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk mempercepat jalannya aplikasi ketika dibuka, yaitu dengan memanfaatkan berkas yang tersimpan pada sesi sebelumnya. Agar aplikasi tidak perlu melakukan pengunduhan kembali berkas yang sama.

Baca Juga :  Mau Berkendara Ditemani Suara Dian Sastrowardoyo? Begini Cara Mengaktifkannya di Waze

Namun, seiring waktu jumlah berkas cache bisa menumpuk pada memori internal dan bisa saja menjadi penyebab kinerja smartphone jadi lambat saat jumlah cache semakin banyak. Untuk membersihkan cache aplikasi, Anda bisa melakukannya melalui Setting > Storage > Free up space.

Untuk Anda yang menggunakan Android dengan versi 7.0 Nougat sampai 9.0 Pie bisa menggunakan fitur Storage Manager.

2. Non-Aktifkan Aplikasi Bloatware

Non-Aktifkan Aplikasi Bloatware
Non-Aktifkan Aplikasi Bloatware

Salah satu cara untuk melegakan memori internal bisa dengan menyingkirkan beberapa palikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware. Ada dua pilihan yang bisa Anda coba, yaitu dengan uninstall atau disable. Namun untuk melakukan uninstall aplikasi bawaan smartphone harus dalam keadaan root.

Namun, jika smartphone yang Anda gunakan belum dalam keadaan root, maka opsi tindakannya hanya bisa melakukan disable pada aplikasi. Untuk men-disable aplikasi bawaan yang dirasa tidak berguna pada smartphone Android Anda, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Masuk ke Setting > Apps & notifications > All apps > selanjutnya tinggal pilih aplikasi yang diinginkan, selanjutnya klik > Disable.

Setelah melakukan disable dengan langkah diatas, aplikasi yang dipilih tidak akan tampil  homescreen maupun app drawer. Juga dengan menonaktifkan aplikasi tertentu, akan menghilangkan beberapa aplikasi berjalan di latar belakang yang berhubungan dengan aplikasi inti yang di nonaktifkan. Dengan begitu kinerja sistem operasi akan semakin lancar, penggunaan RAM dan baterai akan lebih sedikit.

3. Hapus atau Pindahkan beberapa file ke PC

Kebanyakan dari kita banyak melakukan download berbagai file menggunakan smartphone seperti, file musik, video, foto dan dokumen. Kadang tidak sadar jumlahnya banyak dan membuat penyimpanan internal penuh.

Untuk itu ada baiknya Anda melakukan seleksi, file mana yang akan dipindahkan ke PC atau ke laptop dan file mana yang akan tetap disimpan pada smartphone. Dengan cara seperti ini akan membantu dalam melegakan kembali memori internal.

Baca Juga :  3 Cara Memperpanjang Masa Aktif Indosat Ooredoo / Im3 dengan Mudah!

Anda juga bisa menghapus file yang tidak penting atay tidak digunakan lagi, seperti file video film drama korea atau file ukuran besar lainnya.

4. Cadangkan Foto di Google Photo

Cadangkan Foto di Google Photo
Cadangkan Foto di Google Photo

Cara lain yang bisa dilakukan untuk melegakan memori internal adalah dengan memanfaatkan fitur pencadangan Google Photos. Seperti yang kita tahu, banyak dari kita, khususnya kalangan perempuan, menyimpan begitu banyak foto dan video pribadi. Dengan menumpuknya file foto dan video akan membuat penyimpanan internal penuh.

Dengan memanfaatkan fitur pencadangan Google Photos, Anda bisa mengosongkan sebagian kapasitas memori internal. Perlu diketahui, penyimpanan Google Photos memiliki jumlah kuota khusus, jadi tidak akan memenuhi ruang penyimpanan online Google Drive.

Cara ini cukup efektif mengatasi memori internal smartphone yang penuh, karena mayoritas penyimpanan biasanya diisi oleh file foto dan video. Cara melakukan pencadangannya, Anda tinggal menjalankan aplikasi Google Photos, pada menu side bar > Setting > Back up & sync, atur email yang akan digunakan untuk pencadangan.

Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu proses pengunggahan hingga selesai. Jika semua foto sudah berhasil diunggah, Anda bisa menggunakan fitur ‘Free up space’ pada menu side bar aplikasi Google Photos.

1
2
Belajar untuk berbagi
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here