Cara Mengatasi Kamera Yang Tidak Berfungsi Pada Smartphone Android

0
Kamera Yang Tidak Berfungsi

Kamera merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada smartphone, sebab kebanyakan orang membeli smartphone karena tertarik dengan kecanggihan dan kualitas kameranya, ada yang 3 MP, 5 MP, 12 MP,  16 MP dan ada yang lebih tinggi. Karena kamera yang bagus akan menghasilkan foto yang bagus juga.

Namun ada beberapa kejadian, kamera pada smartphone tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan, baik itu pada kamera belakang maupun pada kamera depan smartphone. Biasanya akan muncul pesan error seperti “Camera failed ErrorCallbakOnError “,  ”Error Message Handler.handlerMessage (-1)”, “Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”.

Sebetulnya ada banyak penyebab kamera pada smartphone tidak bisa digunakan, salah satunya karena perakat kamera(hardware) mengalami kerusakan. Namun penyebab yang paling sering terjadi karena kesalahan atau error pada aplikasi kameranya.

Permasalah kamera error pada smartphone Android tidak hanya terjadi pada merek Samsung saja, namun masalah serupa juga kerap juga terjadi pada merek smartphone lainnya seperti Evercoss, VIVO, Lenovo, ASUS, Smartfreen, Sony, Xiaomi, ADVAN, OPPO, dll.

Mengatasi Kamera Yang Tidak Berfungsi Pada Smartphone

Untuk mengatasi kamera tidak berfungsi atau tidak bisa terhubung bisa mencoba beberapa tips berikut. Beberapa penyebabnya karena masalah software atau aplikasi kamera yang bisa di atasi dengan cara-cara berikut ini.

1. Reboot atau Matikan Smartphone Anda

Saat mengetahui kamera pada smartphone Anda mengalami error, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reboot smartphone.

Perlu di ketahui, bahwa penyebab kamera smartphone tidak berfungsi salah satunya bisa karena sistem operasi pada smartphone tidak stabil. Jadi dengan mematikan smartphone sesaat, akan membuat sistem smartphone berjalan secara optimal kembali.

Selain itu, dalam keadaan smartphone mati, disarankan juga untuk melepaskan baterai, memori card (memori eksternal), dan kartu SIM. Diamkan selama 30 detik sampai 1 menit. Tujuannya agar tidak ada sumber daya yang masuk pada smartphone.

Selanjutnya pasang kembali dengan sempurna, kemudian hidupkan ponsel pintar Anda. Selanjutnya buka dan jalankan aplikasi kamera, apakah bisa terhubung kembali dan bisa digunakan ?

Jika tidak, maka harus coba beberapa cara selanjutnya.

2. Hentikan, Hapus Data dan Cache Aplikasi Kamera

Penyebab kamera tidak bisa dibuka, juga bisa disebabkan karena aplikasi kamera tersebut yang tidak stabil.

Penyebab kamera tidak bisa digunakan bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena banyaknya file sampah, aplikasi kamera yang buruk dan operasi sistem yang digunakan smartphone bermasalah.

Berikut beberapa indikasi yang sering muncul :

  • Ketika menjalankan aplikasi kamera, kamera tidak memberikan respon apa pun dalam waktu lama.
  • Ketika membuka aplikasi kamera, tidak muncul apa-apa, hanya ada latar belakang warna hitam.
  • Ketika membuka aplikasi kamera, tombol tangkap tidak berfungsi, dan tidak bisa menekan tombol kembali.

Maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba menghentikan, menghapus data, dan cache aplikasi kamera. Cara ini terbilang ampuh mengatasi masalah kamera yang mengalami hang, khususnya untuk kamera bawaan.

Untuk melakukannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Memperbaiki Kamera Android yang error

  • Buka menu Settings atau Setelan,
  • Buka menu Aplikasi & notifikasi,
  • Pilih menu Lihat … aplikasi semuanya,
  • Cari dan pilih aplikasi Kamera,
  • Dari sini Anda bisa melakukan Paksa Berhenti, Hapus Data dan Hapus Cache.

Keterangan:

Cara ini di praktikan menggunakan smartphone dengan operasi sistem Android Oreo. Mungkin akan ada perbedaan pada versi Android lainnya. Anda bisa melakukan penyesuaian, karena tidak akan terlalu jauh berbeda.

3. Scan Smartphone Dengan Anti Virus

Aplikasi kamera tidak merespon atau error bisa disebabkan juga karena virus yang ada pada smartphone. Maka solusinya melakukan scaning menggunakan aplikasi Antivirus, agar semua virus yang ada pada smartphone, yang membuat kamera tidak bisa dibuka bisa lenyap.

Ada banyak antivirus yang bisa Anda coba, pilih salah satu yang paling bagus menurut Anda, yang memiliki kemampuan untuk menghapus semua virus yang membahayakan smartphone. Rekomendasi antivirus yang bisa Anda gunakan adalah AVG, 360 security, atau Avast.

4. Instal dan Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Jika cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, dan bisa di identifikasi jika sumber masalahnya ada pada aplikasi kamera bawaan, maka bisa Anda bisa menginstal aplikasi kamera dari pihak ketiga.

Dengan menginstal aplikasi kamera seperti Camera 360 kemungkinan besar masalah kamera tidak buka bisa teratasi dengan aplikasi ini. Selain itu aplikasi kamera pihak kegita umumnya memiliki fitur yang lebih lengkap seperti efek warna, efek animasi, kualitas foto dan mengatur resolusi hasil foto.

Anda bisa memilih salah satu dari banyak aplikasi kamera yang ada di Google Play Stroe. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan kamera pada smartphone bisa digunakan kembali menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang Anda pasang.

5. Lakukan Unroot pada Smartphone Anda

Jika terjadi error pada kamera setelah melakukan root pada smartphone, bisa di pastikan penyebabnya karena Anda melakukan root pada ponsel pintar Anda. Beberapa merek smartphone mengalami hal serupa, tidak bisa menggunakan kamera setelah melakukan root.

Kadang hanya kamera depan yang tidak bisa dibuka, atau sebaliknya, kamera belakang yang tidak bisa digunakan.

Dengan melakukan root pada smartphone sangat beresiko, salah satunya error pada banyak aplikasi, jadi perhitungkan matang-matang sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Maka untuk mengatasinya Anda harus melakukan Unroot. Tujuannya agar smartphone bisa berjalan dengan normal kembali seperti sedia kala.

6. Optimasi & Update sistem pada Android

Penyebab kamera tidak terhubung pada Android, selain karena root, juga bisa disebabkan karena terlalu banyak menginstal aplikasi, sehingga banyak aplikasi yang berjalan di balik layar, tentu ini akan membuat RAM penuh, dan menghambat terhadap kinerja aplikasi lainnya, seperti aplikasi kamera.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa optimasi pada HP Anda, misalnya menghapus aplikasi yang tidak penting, melakukan pembersihan file sampah dengan bantuan aplikasi pembersih, atau melakukan update sistem operasi.

7. Factory Reset

Jika cara-cara diatas tidak membuahkan hasil, dan belum bisa mengatasi kamera yang error, Anda bisa mencoba melakukan Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Cara ini harus dilakukan hati-hati dan cukup beresiko, karena semua aplikasi yang terinstal sebelumnya akan terhapus, kecuali untuk aplikasi bawaan. Juga sebelum melakukan factory reset, pastikan Anda sudah melakukan backup untuk semua file dan dokumen penting Anda, agar bisa dikembalikan lagi nantinya.

cara memperbaiki kamera android yang tidak berfungsi

Caranya :

  • Masuk ke Setelan,
  • Masuk ke Sistem,
  • Pilih menu Opsi setel ulang,
  • Kemudian plih “Hapus semua data(reset ke setelan pabrik)”,

Keterangan:

Cara ini di praktikan menggunakan smartphone dengan operasi sistem Android Oreo. Mungkin akan ada perbedaan pada versi Android lainnya. Anda bisa melakukan penyesuaian, karena tidak akan terlalu jauh berbeda.

8. Perbaiki Smartphone Anda

Jika semua cara diatas tidak bisa memperbaiki kamera Android yang tidak berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakannya berasal dari hardware kamera. Untuk memperbaikinya smartphone harus di bongkar.

Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian sambungan kamera, dan pastikan kamera dalam keadaan utuh.

Namun jika Anda tidak memiliki keahlian dalam hal membongkar smartphone untuk perbaikan, alangkah baiknya melakukan pekerjaan ini pada ahlinya. Anda bisa pergi ke konter atau tempat service. Katakan pada mamangnya ” Smartphone mahal saya mengalami kerusakan pada kamera, bisa tolong di perbaiki ?”

Semoga bermanfaat.

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here