Pengertian Microsoft PowerPoint

0
Pengertian Microsoft PowerPoint

Berkat perkembangan teknologi, sekarang anda bisa menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas – tugas atau membuat dokumen dengan lebih mudah. Dengan adanya komputer, anda dapat mengerjakan tugas dengan cepat melalui beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dokumen, membuat presentasi, atau perangkat aplikasi lainnya.

Saat ini banyak program yang lazim digunakan untuk mengolah dokumen, sebut saja Microsoft Word, Excel dan PowerPoint. Program di atas sudah tidak asing lagi bagi anda yang menggunakannya untuk membuat dokumen. Salah satu aplikasi yang juga penting dan sering digunakan adalah Microsoft PowerPoint.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang wajib digunakan untuk kegiatan presentasi. Biasanya banyak orang yang menggunakannya untuk menampilkan presentasi, entah itu tugas sekolah oleh siswa, mahasiswa, atau presentasi perusahaan. Program ini menggabungkan beberapa elemen untuk digabungkan dalam satu kerangka presentasi.

Meski tekonologi makin berkembang dengan muncul aplikasi lain,  keberadaan Microsoft PowerPoint tetap eksis hingga kini. Hal ini karena Microsoft PowerPoint bisa dibilang mudah digunakan oleh setiap kalangan. Selain itu, Microsoft Power Point juga memiliki beberapa kelebihan yang sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Melalui tulisan ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu Microsoft Power Point, beserta fungsi dan juga kelebihan serta kekuangannya.

Pengertian Microsoft PowerPoint

Secara umum, Microsoft PowerPoint merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat dan menampilkan presentasi dalam bentuk slide presentasi. Biasanya anda bisa menampilkan slide berupa tulisan, gambar, atau bisa ditambah dengan video dan animasi di dalamnya.

Dengan menggunakan Microsoft Power Point seseorang dapat membuat slide presentasi profesional dengan mudah. Hal ini karena sudahtersedia tools dan beberapa alat penunjang lainnya. Selain itu efek animasi, multimedia, dan teknologi lainnya juga memudahkan pengguna dalam hal membuat presentasi.

Fungsi Microsoft PowerPoint

Fungsi Microsoft PowerPoint, manfaat microsoft power point
Manfaat microsoft power point ©kit8.net

Program Microsoft Power Point memiliki fungsi yang berkaitan dengan presentasi pengguna, antara lain sebagai berikut :

  • Berfungsi untuk mengatur materi presentasi dalam bentuk slide.
  • Membuat pengguna lebih memahami materi presentasi karena hanya Power Point dapat menampilkan poin utama dari presentasi. Selain itu Power Point juga mendukung file multimedia untuk menunjang presentasi sehingga mudah dipahami.
  • Microsoft PowerPoint memiliki fungsi animasi agar pengguna tidak merasa bosan dengan presentasi yang dibuat. Hal ini bertujuan untuk memancing antusiasme penonton presentasi tersebut.

Kelebihan & Kekurangan Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam program tersebut, antara lain sebagai berikut :

A. Kelebihan

kelebihan dan kekurangan microsoft powerpoint

1. Memudahkan Pembuatan Slide Presentasi Lebih Menarik dan Cepat
Microsoft PowerPoint memudahkan pengguna untuk melakukan presentasi di depan umum, dalam hal ini dalam proses pembuatan hingga penampilan slide. Dengan PowerPoint, Anda dapat menyiapkan presentasi dengan cepat, lebih menarik, dan mdah dilakukan.

2. Dilengkapi Beragam Tools
Microsoft PowerPoint memiliki beberapa tools yang berkaitan dengan multimedia dan penunjang dari presentasi yang ada. Contoh saja fitur gambar, animasi, suara dan teks. Pengguna dapat menyisipkan file tersebut ke dalam slide agar lebih menarik perhatian audiensi dibanding hanya sekedar tulisan saja.

3. Memiliki Template Presentasi Beragam
Sejak edisi pertama Microsoft PowerPoint, sudah dilengkapi dengan beberapa template presentasi yang menarik. Template memberikan kesan indah kepada pengguna dalam membuat slide presentasi. Template yang disediakan bervariasi, baik dari warna hingga background yang dimiliki. Hal ini untuk menunjang kreatifitas pengguna yang ingin membuat slide menarik dan tidak monoton.

4. File Presentasi yang Bisa Diekspor ke PDF
Bila anda hendak presentasi terkadang ingin menyebarkan slide materi presentasi kepada audiens. Namun tidak semua orang membuka laptop pada hari itu. Hal ini bisa diatasi dengan Microsoft PowerPoint, karena memiliki fitur ekspor PDF. Hal ini agar audiens menikmati presentasi dari bentuk hardcopy. Selain itu anda bisa menyebarkan file softcopy dari presentasi anda bila tidak sempat melakukan print presentasi anda.

5. Fitur Cloud Service
Dimulai dari versi Microsoft Office 2013, PowerPoint juga mendukung adanya cloud service. PowerPoint yang anda kerjakan bisa disimpan dalam cloud drive. Khusus untuk ini, Microsoft hanya memberikan pilihan cloud service bawaan yaitu OneDrive agar pengguna dapat menyimpan file presentasi ke cloud tersebut.

Anda bebas memilih mau menyimpan file ke dalam storage online atau tetap menyimpannya ke dalam hard drive. Hal ini agar anda bisa mengamankan data anda apabila sewaktu – waktu komputer anda rusak atau hilang.

6. Fitur Authoring atau Keamanan
Microsoft PowerPoint menawarkan fitur untuk memproteksi dokumen anda dari orang yang tidak bertanggungjawab. Fitur autthoring memungkinkan pengguna bisa mengamankan file dengan memberi password atau mengenkripsi file yang telah dibuat dalam aplikasi tersebut.

B. Kekurangan

Kekurangan Microsoft PowerPoint

1. Hanya Bisa Digunakan Pada Sistem Operasi Windows
Kelemahan dari PowerPoint adalah hanya dapat digunakan dengan sistem operasi Microsfot Windows. Meski saat ini sudah mengembangkan versi lain untuk OS seperti Mac dan Linux, namun fitur yang didalamnya belum maksimal. Hal ini bisa saja membuat anda harus melakukan konversi ke format lain, jika tidak makafile presentasi anda tidak bisa diakses sama sekali di OS lainnya.

2. Dokumen Terkadang Tidak Kompatibel Antar Versi
hal yang menjadi kelemahan PowerPoint dan juga produk Office lainnya. Biasanya, file yang dibuka di satu versi PowerPoint tidak bisa diakses di software yang lain. Contohnya jika anda menggunakan format ‘.pptx’ dari versi PowerPoint 2013 ke word 2007 ke bawah, maka sama sekali tidak bisa diakses.

3. Lisensi yang Mahal
Seperti software keluaran Microsoft Lainnya, produk PowerPoint memiliki harga lisensi yang mahal. Hal ini karena penggunaan lisensi dari microsoft memang menyasar perusahaan besar. Meski begitu, sekarang ada pilihan harga yang bisa dibilang bersahabat bagi pelajar dan rumahan dengan hadirnya versi lain dari Office yakni office 365 yang dibundling dalam satu paket aplikasi (Word, Excel, PowerPoint).

4. Program Yang Menguras Sumber Daya Komputer
PowerPoint yang mendukung multimedia mengharuskannya berjalan di komputer dengan spesifikasi yang baik. Jika tidak sesuai system requirement, biasanya program akan lag atau tiba – tiba crash karena terlalu menguras tenaga dari komputer itu sendiri.

Demikian informasi dari kami mengenai aplikasi Microsoft PowerPoint, bagaimana fungsi dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga informasi dari tulisan kami bermanfaat bagi anda dan dapat menggunakan aplikasi ini secara bijak. Sekian dan terimakasih.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here