Cara Terbaru Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile

Begini cara mengtasi lag saat memainkan game PUBG Mobile !

0
Cara Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile Android
Cara Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile Android

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau yang biasa kita sebut PUBG merupakan game yang sedang populer sejak akhir tahun 2017, setelah sebelumnya dirilis melalui steam, game ini menjadi semakin populer banyak dimainkan, khususnya setelah dirilis PUBG versi untuk perangkat mobile besutan Tencent. Namun kendala yang sering dialami pemain mobile adalah Lag saat bermain game ini, bagaimana cara mengatasinya ?

Seperti yang kita tahu bahwa PUBG versi mobile dibuat dengan mengadopsi hampir sepenuhnya menyerupai versi PC, termasuk juga kualitas grafis yang diterapkan, tidak kalah bagusnya dengan versi PC. Maka karena itu, banyak pemain yang mengalami beberapa kendala galat atau error saat memainkan game ini seperi lag, freeze, dan bahkan tidak bisa sama sekali dimainkan.

Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara untuk mengtasi Lag pada saat memainkan game PUBG Mobile, agar bisa memainkannya dengan lancar tanpa kendala. Beberapa tips dibawah ini bisa diterapkan pada perangkat android maupun iOS.

Namun, sebagian besar penyebab dari Lag yang di alami para pemain game ini karena berbagai sebab berikut:

  • Memori (RAM) FULL,
  • Terlalu banyak app di background,
  • Koneksi internet tidak stabil,
  • Game versi MOD,
  • Memori (internal) dalam kondisi full,
  • Keadaan ponsel terlalu panas atau overheat,
  • Spesifikasi ponsel kurang memadai,
  • Ada Bug, dan error yang belum diperbaiki.

Berikut beberapa tips dan cara untuk mengatasi masalah Lag saat memainkan game PUBG mobile.

 

Pastikan Spesifikasi Smartphone Memadai

Seperti yang kita tahu, untuk memainkan game dengan kualitas grafis yang bagus, juga harus dimainkan di smartphone dengan spesifikasi yang memadai. Karena game PUBG Mobile termasuk game online yang memiliki kualitas grafik yang tinggi dan memerlukan jaringan yang stabil.

Selain standar memainkan game PUBG mobile adalah smartphone yang sudah support dengan jaringan 4G LTE , juga harus memiliki spesifikasi pendukung lainnya seperi versi sistem operasi, chipset, kapasitas RAM dan memori internal.

Nah, berikut adalah spek minimal pada handphone untuk bisa memainkan PUBG Mobile dengan minim kendala, namun lebih disarankan menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi dari standar yang ditetapkan. Untuk spek dibawah standar, jangan nekad memainkan game ini, karena hasilnya tidak akan memuaskan.

Spesifikasi Android iOS
CPU Quad Core Dual Core @1.3 GHz
Sistem Operasi Android 5.1.1 Lollipop iOS 9
RAM 2GB 1GB
Memori Internal 1GB 1GB

 

Itu merupakan standar spek yang bisa menjalankan game PUBG Mobile, pastikan smartphone yang digunakan sekarang sudah memenuhi atau kalau bisa melebihi rekomendasi spesifikasi agar tidak mengalami kendala saat memainkan game.

Pastikan Menggunakan Koneksi Internet yang Stabil

Jaringan atau koneksi yang stabil merupakan syarat mutlak dalam memainkan game online, termasuk saat mamainkan game PUBG mobile ini, karena dalam satu match ada 100 player yang bermain, tentu jaringan yang stabil sangat mempengaruhi kelancaran bermain.

Perlu diketahui, bahwa jaringan yang digunakan tidak perlu cepat, namun hanya harus stabil saja, namun alangkah baiknya menggunakan provider yang memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil .

Pastikan Menggunakan Server PUBG dengan Indikasi Warna Hijau

Setelan default pada game ini, kita menggunakan server Amerika saat bermain. Ini bisa saja jadi faktor penyebab Lag saat memainkan game. Untuk itu disarankan untuk bermain diserver Asia. Namun jika server lain mengindikasikan warna hijau, kamu bisa memilihnya karena server game dalam keadaan performa yang baik.

Caranya cukup mudah, tinggal klik bagian samping tombol mulai, selanjutnya pilih Asia atau server lain yang mengindikasikan warna hijau. Maka kita akan bermain sesuai dengan server yang kita pilih. Arti warna warna merah menandakan sever dalam keadan padat( penuh), kuning menandakan server dalam keadaan kurang stabil(akan penuh), sedangkan warna hijau menandakan server dalam keadaan stabil(longgar).

Sesuaikan Setelan kualitas Grafis Game PUBG

Setelan kualitas Grafis Game PUBG
Setelan kualitas Grafis Game PUBG

Pada game PUBG mobile terdapat menu untuk mengatur kualitas grafis, agar game berjalan dengan lancar, disarankan untuk menggunakan setelah grafis paling rendah, tujuannya agar semakin ringan saat memainkan game ini.

Yang terpenting, jangan memaksakan smartphone dengan spesifikasi rendah menggunakan setelan grafis tinggi, tentu saja ini akan mengakibatkan game menjadi lag. Jika menggunakan HP dengan kapasitas RAM 2 GB, disarankan untuk menggunakan settingan grafis rendah, yaitu smooth. Untuk pengaturan grafis tinggi sampai Ultra HD disarankan untuk menggunakan smartphone dengan RAM minimal 4 GB.

Dan yang perlu diketahui bersama, agar terselenggaranya permainan yang baik dan lancar adalah banyak FPSnya, bukan pada grafisnya. Jika kualitas grafisnya bagus, namun pada FPS rendah tentu akan lag. Jadi lebih baik FPSnya yang tinggi ya.

Pastikan Menginstal Game PUBG Terupdate

Menginstal game terupdate sangat penting, karena dengan mengupdate game, kita akan menjalankan versi terbaru, yang biasanya sudah banyak bagian pada game yang diperbaiki, juga ada penambahan beberapa fitur pada game. Jika game PUBG yang terinstal pada smartphone kamu ada versi lama, maka segera update, kamu bisa memeriksanya langsung pada halaman game di  PUBG Mobile Android dan PUBG Mobile iOS.

Dengan menginstal versi terbaru game PUBG mobile, bug yang membuat jalannya game menjadi lag akan diperbaiki, jadi ada baiknya segera periksa apakah game yang terinstal adalah versi terbaru atau malah versi lawas.

Gunakan Aplikasi Game Booster

Untuk beberapa kasus, mengatasi lag saat memainkan game dengan ukuran yang besar atau kualitas grafis yang tinggi bisa dengan menginstal aplikasi Game Booster. Perlu diketahui dengan menginstal aplikasi ini, aplikasi di latar belakang akan dipaksa berhenti. Jadi penggunaan RAM akan dikhususkan untuk game yang sedang dimainkan.

Aplikasi Game Booster bisa membantu mengoptimalkan kinerja smartphone saat memainkan game dengan kualitas grafik tinggi, yaitu dengan menghentikan sementara aplikasi yang berjalan selama memainkan game PUBG Mobile. Untuk mendownloadnya kalian bisa mencarinya sendiri.

Hentikan Aplikasi Latar Belakang/Bersihkan dari Recent App

Bersihkan dari Recent App
Bersihkan dari Recent App – androidcommunity.com

Untuk memaksimalkan kinerja smartphone saat memainkan game PUBG, bisa dengan cara membersihkan Recent Apps atau Aplikasi Latar Belakang. Dengan cara ini, akan mengurangi penggunaan RAM akibat aplikasi yang sedang berjalan. Maka alangkah baiknya kamu menutup semua aplikasi yang berjalan, yang tidak sedang digunakan.

Caranya berbeda-beda pada setiap handphone, sekang kamu coba masuk ke recent app dengan menekan tombol recent app sebelah tombol home. Setelah tampil semua aplikasi, tinggal pilih menu bersihkan aplikasi. Dengan cara ini akan membantu memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan.

Gunakan Jaringan WI-FI untuk Memainkan PUBG Mobile

Nah, jika koneksi internet pada provider yang digunakan untuk bermain PUBG Mobile kurang memungkinkan, ada baiknya menggunakan jaringan WI-FI, karena koneksi internet pada WI-FI biasanya lebih stabil, jadi akan meminimalisir lag saat memain game ini.

Namun perlu diketahui, tidak semua jaringan WI-FI yang tersedia memiliki koneksi yang stabil, kamu harus teliti memilih jariangan WI-FI yang baik.

Jangan Charge Smartphone saat Bermain PUBG

Untuk menghindari lag saat bermain game PUBG disarankan untuk tidak Charge Smartphone sementara, karena banyak kasus ng-charge smartphone akan mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri. Jadi alangkah baiknya tidak memainkan game saat proses charge.

Alangkah baiknya, memainkan game ini harus dalam kondisi baterai terisi penuh. Perlu diketahui, bahwa memainkan game sambil di charge menyebabkan baterai smartphone tidak panjang umur atau cepat rusak, dan mempengaruhi kinerja smarphone.

Overclock Smartphone

Ada cara lain yang bisa jadi alternatif, yaitu dengan overclock Smarphone, namun  untuk menggunakan cara ini, syaratnya smartphone sudah dalam keadaan root. Dengan cara ini, kinerja smartphone akan dipaksa berjalan maksimal, tujuan agar kinerjanya semakin cepat dan powerfull. Cara ini dipercaya bisa mengatasi lag saat memainkan game dengan grafik tinggi seperti PUBG, karena performa HP yang sudah meningkat

Tapi, kamu juga harus memperhatikan efek samping dari penggunaan cara ini. Efek samping dari Overclock Smarphone adalah baterai akan cepat habis, suhu handphone akan cepat panas, karena CPU dan RAM dipaksa untuk berjalan secara maksimal. Dengan cara ini disarankan untuk tidak memainkan game dalam waktu lama, karena untuk jangka panjangnya, HP akan cepat rusak.

Gunakan Custom ROM Untuk Gaming Mode

Nah sama halnya dengan cara Overclock Smartphone, untuk cara ini pun memerlukan akses root pada smartphone. Untuk menggunakan Gaming Mode, memerlukan Custom ROM yang memiliki fitur Gaming Mode. Tujuannya agar android dapat

Dengan cara ini sangat ampuh untuk mengkostumisasi android agar memiliki kinerja yang baik dalam memainkan game. Pada ROM standar Android biasanya berisi tambahan fitur dari vendor, bahkan aplikasi tambahan yang tidak terlalu penting, yang kadang membuat performa Android tidak stabil bahkan lag. Dengan menggunakan Custom ROM yang kebanyakan berbasis AOSP atau Android original bisa meningkatkan kinerja  Android.

Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah paham betul, langkah dan cara Custom ROM . Untuk pengguna yang masih awam, tidak disarankan menggunakan cara ini, karena memiliki resiko yang cukup fatal seperti bootloop.

Efek samping cara ini seperti overclock HP. Saat masuk ke gaming mode, kinerja android akan dipaksa berjalan secara maksimal, agar performa meningkat. Maka handphone akan boros baterai, dan cepat panas.

Artikel tentang Cara Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile cukup sekian, akan diperbaharui jika ada update cara terbaru mengtasi lag saat bermain PUBG. Namun jika ada kesalahan pada artikel dan kamu memiliki cara alternatif lainnya, bisa kamu sampaikan melalui komentar dibawah ini.

Semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi, jika bermanfaat kamu bisa membagikan artike ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here