Mau Buat Paspor? Praktis, Tinggal Pilih Satu dari 3 Jalur Antrian Paspor Online

0
Antrian Paspor Online

Kebutuhan akan antrian paspor online kini menjadi satu hal yang urgent, mengingat pentingnya dokumen ini saat harus keluar dari Indonesia atau kepentingan lain. Paspor saat ini bukan hanya untuk mereka yang sering berbisnis hingga ke luar negeri, ataupun para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kini masyarakat biasa saja sudah banyak yang ke mancanegara hanya untuk liburan. Apalagi saat ini banyak sekali promo penerbangan dan paket wisata menarik di luar negeri yang mengundang tingginya minat plesiran. Jadi tidak mengherankan bila kebutuhan akan paspor begitu tinggi.

3 Cara Cepat Daftar Antrian Paspor Online

Kini pemerintah dengan sigapnya menyediakan layanan praktis lantaran melihat tingginya pencari paspor. Sehingga membuka beragam jalur pengambilan nomor antrian paspor agar dapat melayani masyarakat dengan cepat. Kemudahan ini tentu akan sangat membantu masyarakat membuat paspor.

Masyarakat kini tak perlu harus menunggu antri lama untuk membuat atau perpanjangan paspor di kantor layanan imigrasi terdekat. Pasalnya via online, sudah ada tiga jalur antrian online yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Daftar Antrian Paspor Melalui WhatsApp

Daftar Antrian Paspor Melalui WhatsApp
Daftar Antrian Paspor Melalui WhatsApp

WhatsApp termasuk jalur terbaru pada antrian paspor online. Bisa dibilang ini sangat memudahkan para pemohon. Mengingat WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang begitu banyak penggunanya di tanah air. Terlebih bila kuota internet pada ponsel tak memungkinkan, sehingga sulit untuk membuka website ataupun aplikasi. Maka WhatsApp jadi solusi terbaik dalam mengatasi kesulitan tersebut.

Melalui aplikasi WhatsApp, para pemohon bisa dengan mudahnya mendapatkan nomor antrian paspor dengan chatting. Sehingga tak perlu lagi susah-susah mendownload aplikasi ataupun membuka situs imigrasi.

Berikut ini adalah nomor whatsapp kantor imigrasi yang melayani antrian melalui Whatsapp:

  • Imigrasi Batam : WhatsApp ke nomor 0822-8886-2017 atau 0822-8882-2017
  • Imigrasi Jakarta Pusat: WhatsApp ke nomor 0812-9900-4406
  • Imigrasi Tangerang : WhatsApp ke nomor 0811-8119-000
  • Imigrasi Bogor : WhatsApp ke nomor 0811- 1100-333

Namun ada beberapa catatan penting yang harus diketahui mengenai layanan antrian paspor via WhatsApp sebagai berikut:

  • Ketersediaan pedaftaran nomor antrian paspor melalui WhatsApp ini tidak berlaku untuk semua kantor imigrasi.
  • Ternyata layanan antrian ini hanya berlaku bagi kantor imigrasi yang kuotanya lebih dari 150 pemohon setiap harinya.
  • Hanya melayani daftar antrian pemohon paspor baru, bagi paspor perpanjangan/ rusak/ hilang tetap harus lewat website atau aplikasi.
  • Nomor layanan via WhatsApp ini memiliki nomor masing-masing sesuai kantor imigrasi yang memiliki jalur ini.
  • Nomor WhatsApp tiap imigrasi bisa dicek melalui akun media sosial kantor imigrasi setiap daerah masing-masing.

2. Daftar Antrian Paspor Melalui Aplikasi

Daftar Antrian Paspor Melalui Aplikasi
Daftar Antrian Paspor Melalui Aplikasi

Keberadaan aplikasi “Antrian Paspor” ini memang terbilang membantu. Mengingat aplikasi ini  bisa dengan mudah diunduh secara gratis di Play Store. Pengguna android tentu saja akan dengan mudah mengaksesnya. Bisa dibilang kecanggihan teknologi sangat mendukung aplikasi antrian paspor online ini.

Aplikasi ini sendiri sudah ada sejak tahun 2017 lalu. Berjalan sejak tahun itu, aplikasi layanan pemerintah ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Angka yang terbilang besar bukan? Aplikasi ini memang sangat membantu para pencari paspor baru atau perpanjangan untuk mendapatkan nomor antrian secara mudah.

Usai mengunduh aplikasi “Antrian Paspor” maka langsung lakukan registrasi. Masukkan data identitas secara benar. Bila berhasil, maka pengguna aplikasi antrian paspor online ini akan mendapat konfirmasi email untuk mengaktifkan akun.

Dari akun aktif inilah Anda akan dapat melakukan beberapa poin isian berikut:

  • Mengambil nomor antrian
  • Memilih kantor imigrasi
  • Pilih tanggal dan waktu kedatangan
  • Memasukkan jumlah pemohon beserta data

Proses pengambilan nomor antrian online ini dinyatakan usai bila pemohon sudah mendapat notifikasi via email “Bukti Layanan Antrian Paspor Online” dalam bentuk PDF. Bukti inilah yang nantinya harus dicetak dan dibawa ke kantor imigrasi saat menjalani pemrosesan paspor.

3. Daftar Antrian Paspor Melalui Website

Daftar Antrian Paspor Melalui Website
Daftar Antrian Paspor Melalui Website

Keberadaan website antrian paspor online ini memang lebih dulu ketimbang aplikasi ataupun via WhatsApp. Namun sayangnya kehadiran antrian website imigrasi ini tak sepopuler aplikasi. Pada dasarnya pengambilan nomor antrian lewat situs ini sama saja dengan prosedur pada aplikasi.

Setiap pemohon yang mengambil antrian paspor juga akan melakukan registrasi. Mulai dari pengisian data hingga pemilihan kantor imigrasi, serta waktu pengajuan permohonan paspor pada kantor imigrasi. Jika sukses proses registrasi maka pemohon akan mendapat kode booking pada bagian daftar permohonan.

Bila sudah mendapatkan kode booking atau kode QR, segera screenshoot tampilannya. Ini akan memudahkan saat sudah berada di kantor imigrasi, tanpa kerepotan lagi masuk ke situs imigrasi. Apalagi jika kondisi sinyal paket internet sedang tidak bersahabat, tentu akan memakan waktu lagi. Untuk situs imigrasi tempat pengambilan nomor antrian bisa alamat https://antrian.imigrasi.go.id/.

Semua tampilan dan navigasi pada website imigrasi ini juga tak jauh beda dengan aplikasinya. Hanya saja bedanya, pemohon tak perlu mengunduh aplikasi yang mungkin akan menambah memori ponsel lebih berat. Cukup buka website-nya melalui peramban favorit. Sistem antrian paspor ini bisa digunakan siapa saja terutama pengguna ponsel dengan sistem IOS. Buat Anda yang tak menginginkan download aplikasi juga bisa gunakan antrian via situs imigrasi ini.

Banyaknya jalur pendaftaran antrian paspor online ini tentu akan memberikan kemudahan bagi masyarakat luas. Sehingga masyarakat akan sangat terbantu dengan memilih cara mana yang hendak digunakan. Pastinya disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing, tanpa ada lagi anggapan antrian pembuatan atau pembaruan paspor lama. Karena kini sudah hadir secara praktis jalur antrian online sebagai bentuk terobosan pihak imigrasi.

Jadi, mau pakai yang mana? Tenang saja, semuanya bisa melayani antrian paspor online secara cepat tanpa harus mengantri di kantor layanan. Tapi yang harus diingat, gunakan salah satu jalur saja untuk sekali mendaftar. Sehingga tak terjadi tumpang tindih. Tunggu apalagi, segera manfaatkan layanan pemerintah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here