Cara Mudah Mengatasi Local Disk C Full

0
Mengatasi Local Disk C Full
Mengatasi Local Disk C Full

Local disk C full atau penuh ? Kejadian seperti ini sering terjadi pada laptop atau komputer yang memiliki kapasitas disk C yang tidak besar, dan kejadian seperti ini sering terjadi ketika kita terlalu banyak menginstal aplikasi/game.

Kebanyakan dari kita kadang tidak terlalu peduli memperhatikan ketersediaan kapasitas penyimpanan disk khususnya untuk yang C, kita baru sadar disk C full setelah ada notifikasi “disk full” atau ada indikasi warna merah pada disk.

Jika sedang mengalami disk c penuh jangan langsung curiga kena virus, karena kebanyakan kasus yang terjadi disebabkan oleh file sampah/temporary file yang menumpuk, sedangkan space disk c sangat sedikit. Kamu tidak perlu langsung mengambil tindakan untuk menginstal ulang.

Nah untuk mengatasi Local Disk C Full bisa dengan mengikuti beberapa tips berikut yang sudah terbukti berhasil mengatasi masalah disk yang penuh.

Cara Mengatasi Local Disk C Full pada Windows 7, 8, 10

Cara dibawah ini bisa dipraktikan pada Windows dengan os versi 10, 8, 7 ataupun versi Windows lainnya.

Mengatasi Local Disk C Penuh dengan Menghapus/Memindah File

Yang pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa disk C full bukan karena file yang tersimpan di folder Documents dan Downloads. Karena banyak dari kita yang melakukan panyimpanan file dan dokumen dalam jumlah banyak di folder Document dan Downloads, karena secara default penyimpanan folder ini berada di disk C.

Langkah yang bisa diambil adalah memilah dan memilih file yang sebaiknya dipindahkan ke disk lain atau lebih baik menghapusnya.

Yang harus jadi perhatian adalah file yang berada di folder Downloads, karena kadang kita mendownload berbagai file media seperti, video, musik, dan dokumen dalam jumlah banyak, namun lupa memindahkan atau menghapusnya, yang akhirnya menumpuk dan memenuhi kapasitas penyimpanan.

Mengatasi Local Disk C Penuh dengan Disk CleanUp

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan Windows yaitu Disk CleanUp, bisa membersihkan lokal disk C dari file sampah dengan cepat dan mudah. Cara ini juga cukup aman, tidak perlu takut file penting pada laptop/komputer akan terhapus, karena yang akan dibersihkan adalah file yang tidak berguna/file sampah.

Mengatasi Local Disk C Penuh dengan Disk CleanUp
Mengatasi Local Disk C Penuh dengan Disk CleanUp

Caranya :

  • Klik kanan pada local disk C, kemudian Properties > Disk CleanUp
  • Tunggu proses Scanning Temporary files sampai selesai.
  • Selanjutnya centang semua folder yang ingin dihapus file sampahnya, dan klik OK.

Mengatasi Local Disk C Full dengan Menghapus File Temp

Menghampus file temp adalah cara efektif lainnya untuk mengatasi penyimpanan disk C yang penuh. Karena pada file yang berada pada folder temp kebanyakan berasal dari aktivitas aplikasi yang terinstal, contohnya seperti aplikasi Photoshop dll.

Jangan ragu untuk ketika melakukannya, karena dengan cara ini bisa membantu melonggarkan kapasitas penyimpanan C. Berikut cara mudah melakukan pembersihan file temp.

Mengatasi Local Disk C Full dengan Menghapus File Temp
Mengatasi Local Disk C Full dengan Menghapus File Temp

Caranya :

  • Tekan secara bersamaan tombol Windows + R, selanjutnya akan muncul program Run. Masukan perintah %temp% dan langsung tekan enter atau klik OK.
  • Maka akan langsung diarahkan ke folder temp yang berisi file sampah, kita bisa menjumpai banyak file dan folder dalam jumlah banyak(jika pertama kali melakukannya), file dan folder inilah yang menjadi penyebab lokal disk C penuh. Tekan CTRL + A untuk memilih semua file dan folder dan lakukan delete/hapus sampai tidak tersisa.
  • Jika ada file atau folder yang tidak bisa dihapus, menandakan bahwa ada aplikasi yang sedang berjalan menggunakan file atau folder tersebut, tekan saja tombol skip.

Mengatasi Local Disk C Full dengan CCleaner

Mengatasi Local Disk C Full dengan CCleaner
Mengatasi Local Disk C Full dengan CCleaner

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal aplikasi tambahan seperti CCleaner. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mengatasi masalah Disk C Penuh dan cukup efektif.

Dengan aplikasi CCleaner kita bisa membuat jadwal pembersihan file sampah, misalnya kamu ingin melakukan seminggu sekali, sebulan sekali atau bahkan setiap hari. Aplikasi ini tersedia versi gratis dan premium. Untuk mengunduhnya kamu bisa langsung mengunjungi official website CCleaner.