Kualitas Film yang Banyak Dijumpai di Internet

0
kualitas film hdtv

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai kualitas film yang banyak dijumpai di belantara Internet. Tujuannya agar kita bisa tahu kualitas film yang bagus untuk di nonton, dan tidak salah ketika memilih kualitas film akan mendownload.

Perlu diketahui, bahwa perkembangan film dan video terus meningkat dengan seiring semakin berkembangnya teknologi dalam dunia perfilman. Dari zaman film bisu menuju zaman film dengan suara, dari zaman film hitam putih menuju film berwarna. Lalu film mulai ditambahi dengan efek visual dan CGI yang membuat hasilnya semakin bagus dan menakjubkan.

Belum lagi kini banyak bermunculan kamera canggilah yang bisa membuat film dalam format 3D dan Blu-Ray. Dengan semakin canggihnya teknologi membuat kegiatan mendownload film menjadi biasa. Karena tak lama setelah film dirilis di Bioskop, selang beberapa hari file format video film tersebut sudah bisa dijumpai di Internet untuk diunduh. Yang harus diingat adalah kita harus membiasakan diri mengunduh film secara legal.

Jika kamu adalah penikmat film, maka seharusnya sudah tahu jenis-jenis kualitas film, tahu kualitas film yang rendah dan kualitas film yang bagus. Khususnya untuk jenis kualitas film yang sering dijumpai seperti DVDRip, WEB DL, dan BRRip/BDRip. Tidak hanya itu, masih banyak kualitas film lainnya. Untuk itu mari kita bahas satu persatu pada artikel ini.

Berikut adalah kualitas Film berdasarkan kualitas terbaik.

BRRip / BDRip (Blu-Ray)

Blu-Ray merupakan kualitas terbaik, memiliki resolusi yang besar yaitu 1920×1080 (1080pixel) atau 1280×720 (720p). Perlu diketahui bahwa film dengan kualitas Blu-Ray memiliki ukuran file yang cukup besar dan memutarnya juga cukup berat, jadi untuk memutarnya memerlukan perangkat laptop/ komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Ketika mencoba memutar film dengan kualitas Blu-Ray pada komputer dengan spesifikasi yang rendah, maka film akan patah-patah saat diputar. Kualitasnya sama seperti DVDRip, namun ini merupakan hasil salinan dari Blu-Ray Disc yang dirilis secara resmi. Kualitas salinan dari Blu-Ray Disc sangat tinggi, jadi kualitas gambar film pun sangat detail dan jelas. Intinya kualitas BluRay Disk lebih baik dari DVDRip.

Selain Bluray, kita juga sering menjumpai BDRip dan BRRip, apa perbedaan dari keduanya?

  • BRRip adalah An XviD encode from a Blu-Ray release (i.e. a 1080p *.mkv file).
  • BDRip adalah An XviD encode directly from a source Blu-Ray disk.

Pada garis besarnya tidak ada perbedaan dari kedua jenis RIP tersebut. Hanya saja ada pertimbangan khusus yang membuat keduanya berbeda. BRRip diambil dari sumber Blu-Ray disk yang sudah di Rip (bukan sumber langsung dari Blu Ray nya), jadi pada saat sumber RIP yang diambil terdapat error atau AR (aspect ratio) yang buruk, maka hasil BRRip juga akan buruk.

Berbeda dengan BDRip, karena Rip langsung dari asal sumbernya, maka masalah-masalah yang timbul pada AR tidak akan ada.

Mini/Micro HD

Mini/Micro HD merupakan kualitas film yang setara dengan Blu-Ray, yang membedakannya adalah memiliki ukuran filenya yang kecil. Biasanya film kualitas Blu-Ray di encode oleh para encoder dalam format ini agar ukurannya bisa lebih kecil dan bisa menghemat tempat penyimpanan. Untuk masalah kualitas gambar dan suara tetep bagus. Cocok untuk penikmat film yang memiliki kuota terbatas.

WEB-DL

WEB-DL adalah salah satu kualitas film yang layak untuk didownload karena gambar dan suaranya masih cukup bagus. Bisanya film dengan format video WEB-DL bisa didownload melalui secara resmi pada situs TV/film yang memiliki kualitas yang bagus.

Pada Film dalam format WEB-DL biasanya tidak akan dijumpai logo atau iklan. Umumnya film format WEB-DL memiliki resolusi antara 720p sampai 1080p.

HDTV (High Definition TV)

HDTV adalah kualitas film yang masuk golongan kualitas yang bagus. HDTV sendiri merupakan hasil Rip dari TV dengan kualitas HD atau high definition yang artinya gambar dan audionya bagus. Umumnya resolusi HDTV antara 360p sampai 540p. Format HDTV banyak dijumpai pada film serial TV yang banyak dijumpai di internet.

TVRip

Kualitas TVRip diperoleh dari hasil merekam TV dengan menggunakan peralatan recording seperti Betacam, VHS, DVR, atau alat perekam lainnya. Untuk masalah bagus tidaknya kualitas film format TVRip tergantung pada kualitas film yang disiarkan pada stasiun televisi, apakah menggunakan kualitas high definition atau tidak. Jika menggunakan format high definition, maka kualitas filmnya akan bagus.

DVDRip

DVDRip adalah kualitas film yang berasal dari salinan DVD original. Untuk kualitas gambar DVDRip cukup bagus, karena film bersumber langsung dari DVD yang dirilis secara resmi. Format ini layak untuh didownload karena memiliki kualitas gambar dan suara yang jernih. Untuk ukuran file DVDRip juga tidak terlalu besar.

XviD

XviD merupakan film yang berasal dari DVD asli film tersebut, namun file filmnya di encode ulang oleh pada encoder film. Film dengan kualitas XviD banyak dijumpai di situs-situs fansub. Seperti pada film anime dan TV Series. Film XviD masih layak untuk didownload.

PPV (Pay per View)

PPV adalah kualitas film yang berasal dari film berbayar. Biasanya film dengan format PPV memiliki kualitas yang bagus karena direkam dengan alat digital yang canggih, seperti dari  screen TV yang dihubungkan ke PVR atau DVD recorder.

VOD (Video on Demand)

VOD adalah kualitas film yang tidak berbeda dengan kualitas yang dimiliki PPV. VOD sendiri berasal dari permintaan film tertentu yang sifatnya berbayar. Kualitas videonya hampir sama dengan PPV. Proses rekamanan film dengan format VOD berasal dari TV kabel atau sumber tentu yang sifatnya ekslusif.

VHSRip

Film kualitas ini berada dari salinan kaset VHS. Untuk kualitas ini sudah jarangan dijumpai lantaran kaset VHS yang sudah tidak digunakan lagi saat ini. Umumnya video yang menggunakan kualitas VHS adalah rekaman TV dan video olahraga.

DVD-Scr (DVD-Screener)

DVD-Scr adalah kualitas film yang terbilang cukup bagus, meski masih masuk video dengan kualitas rendah. Film dengan format video DVD-Scr banyak dijumpai pada kaset /VCD bajakan. Umumnya film dalam format ini akan terdapat watermark tertentu, bisa watermark berisi promosi yang ada di tengah-tengah film, yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan.

TC(Telecine)

Film yang memiliki kualitas Telecine merupakan film yang berasal dari duplikat pita projektor film ke format digital dengan menggunalan alat tertentu. Untuk masalah kualitas gambar dan suaranya terbilang bagus. Namun film dengan format ini sudah jarang dijumpai, lantaran proses pembuatannya yang sulit, apalagi untuk alatnya terbilang mahal harganya.

TS (Telesync)

TS adalah kualitas film yang kurang bagus. Meski TS memiliki kualitas yang lebih baik dari CAM, namun untuk kualitas gambar sama buruknya dengan kualitas CAM. Kelebihan film dengan format TS adalah kualitas audionya yang lumayan bagus dibanding CAM. Di atas kualitas TS ada HDTV, kualitasnya sedikit lebih bagus karena direkam menggunakan kamera yang lebih bagus.

CAM (Handycam)

Adalah kualitas video yang memiliki kualitas buruk pada film sharing. Kualitas film CAM  berasal dari hasil rekaman kamera digital manual yang diambil diruangan boskop. Pada film kualitas CAM, biasanya akan dijumpai kepala penonton atau penonton yang berlalu-lalang, dan rentan goncangan. Kualitas gambar dan suara film pada format ini tergantung, situasi dan skill si perekam film. Diatas kualitas CAM ada HDCAM yang direkam dengan kamera dengan resolusi bagus.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here