Cek Pajak Kendaraan Motor dan Mobil

0
cek pajak kendaraan

Dengan kemajuan teknologi, cek plat nomor kendaraan bisa dilakukan lewat Smartphone dengan mudah. Masih belum tahu cara melakukannya? Berikut pembahasan cara mengecek plat nomor kendaraan dan cek pajak kendaraan.

Seperti yang kita tahu, bahwa setiap kendaraan baik motor maupun mobil pasti memiliki plat nomor yang berfungsi sebagai identitas dari kendaraan tersebut.

Plat nomor kendaraan bisa kita jumpai juga pada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Selain plat nomor kendaraan bisa kita jumpai juga informasi lainnya seperti nama dan alamat pemilik hingga informasi lengkap kendaraan(merk, tipe, jenis dll).

Selain lewat STNK, cara mengecek plat nomor kendaraan bisa kita lakukan dengan beberapa cara, bisa lewat Samsat Online, SMS, aplikasi dan datang langsung ke kantor Samsat. Lewat layanan tersebut, kita juga bisa cek plat nomor mobil dan motor milik orang lain.

Ketika kita melakukan cek plat nomor kendaraan lewat Samsat Online, SMS dan aplikasi, kita juga bisa mengetahui informasi detail kendaraan, seperti jenis kendaraan, merek/ tipe, warna, tahun buat, hingga informasi pajak. Kita bisa tahu tanggal jatuh tempo dan besaran jumlah pajak yang harus dibayar.

Caracek pajak kendaraan yang paling mudah dilakukan adalah lewat website Samsat Online, SMS dan aplikasi. Perlu diketahui, ketiga layanan tersebut belum tersedia di semua provinsi. Berikut pembahasannya.

Cek Pajak Kendaraan Jakarta

Cek plat nomor Jakarta bisa kita lakukan dengan beberapa cara. Sebelumnya, pastikan Anda sudah mencatat plat nomor kendaraan yang akan di cek.

Cara mengecek pajak kendaraan Jakarta lewat Layanan E-Samsat Polda Metro Jaya.

Lewat layanan ini kita bisa cek plat nomor mobil dan motor, berikut cara melakukannya:

cek pajak kendaraan jakarta
  1. Jalankan aplikasi browser atau peramban.
  2. Kunjungi website resmi E-Samsat Jakarta pada tautan samsat-pkb2.jakarta.go.id.
  3. Setelah website berhasil diakses, untuk cek plat nomor mobil dan motor, isi kolom yang tersedia, seperti 4 digit angka dan huruf plat nomor.
  4. Isi juga kolom NIK untuk Data kepemilikan kendaraan pribadi.
  5. Jika semua sudah diisi, klik centang pada ‘i’m not a robot’ dan klik tombol Proses.

Nantinya website akan menampilkan data informasi mengenai kendaraan yang kita cek seperti tanggal jatuh tempo dan nominal pajak yang harus dibayar.

Cara mengecek pajak kendaraan Jakarta lewat SMS

Cara cek pajak kendaraan Jakarta juga bisa dilakukan lewat SMS. Layanan cek plat nomor jakart lewat SMS ini dikenai biaya Rp1.000 persatu kali SMS.

Cara cek pajak kendaraan bermotor Jakarta :

  1. Jalankan aplikasi Pesan.
  2. Ketikan format SMS METRO (spasi) Plat Nomor Kendaraan. Contoh SMS METRO B1234CD.
  3. Lalu kirim ke nomor 1717.
  4. Tunggu beberapa saat, nantinya akan ada balasan berisi informasi kendaraan, seperti jenis kendaraan, masa berlaku nomor kendaraan(mobil dan motor), tahum pajak, tanggal jatuh tempo dan besaran pajak yang harus dibayar.

Cara mengecek pajak kendaraan Jakarta lewat Aplikasi

Cara mengecek plat nomor kendaraan dan cek pajak kendaraan Jakarta juga bisa kita lakukan lewat aplikasi ‘Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta‘ dan ‘Pajak Online DKI Jakarta’. Aplikasi cek plat nomor kendaraan bisa kita unduh lewat Google Play Store.

Aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta cukup mudah digunakan, kita cukup login menggunakan Google, Masukan Nopol (Nomor Polisi) kendaraan, Untuk data lebih detail, masukan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Lalu klik tombol Cari (ikon kaca pembesar). Maka informasi kendaraan akan tampil.

Catatan : jika muncul keterangan data Nopol tidak ditemukan, hal tersebut disebabkan data yang dimasukan tidak sesuai dengan data yang ada di Database Kendaraan bermotor Wilayah DKI Jakarta.

Jawa Barat

Cara mengecek pajak kendaraan Jawa Barat juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kita bisa cek plat nomor mobil atau motor lewat website secara online, SMS dan aplikasi.

Cara mengecek pajak kendaraan lewat Website Bapenda Jabar

Lewat website Bapenda, kita bisa cek plat nomor mobil atau motor hanya dengan memasukan nomor polisi dan warna TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

Berikut cek plat nomor kendaraan dan Cek pajak kendaraan Jawa Barat:

cek pajak kendaraan jabar
  1. Kunjungi laman Info Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Barat pada tautan bapenda.jabarprov.go.id/infopkb.
  2. Setelah website berhasil diakses, silahkan isi kolom Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (Nomor Polisi), Warna TNKB dan Captcha. Lalu klik tombol Cari.
  3. Nantinya akan muncul informasi terkait kendaraan dengan plat nomor tersebut. Seperti jenis kendaraan, tahun pajak, tanggal jatuh tempo bayar pajak, dan biaya yang harus dibayarkan.

Cara mengecek pajak kendaraan Jabar lewat SMS

Cara cek pajak kendaraan Jawa Barat juga bisa dilakukan lewat SMS. Berikut cara melakukannya.

  1. Jalankan aplikasi Pesan.
  2. Ketikan format SMS poldajbr (spasi) Plat Nomor Kendaraan. Contoh poldajbr F1234DD.
  3. Lalu kirim ke nomor 3977.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan format SMS lain untuk alternatif jika cara mengecek plat nomor kendaraan dan cek pajak kendaraan lewat SMS sebelumnya tidak berhasil.

  • Ketikan format Kode Plat / Nomor Plat / Huruf Plat (spasi) Warna Kendaraan. Contoh F/1234/DD hitam.
  • Lalu kirim ke nomor 0811 211 9211.

Selanjutnya akan ada pesan balasan mengenai informasi kendaraan seperti jenis kendaraan, tahun pajak, jumlah pajak yang harus dibayarkan, hingga masa berlaku nomor kendaraan bermotor kita.

Cara mengecek pajak kendaraan Jawa Barat Aplikasi SAMBARA

Kata SAMBARA adalah singkatan dari Samsat Mobil Jawa Barat, yaitu nama aplikasi yang dibuat oleh BAPENDA yang memiliki banyak fitur, salah satunya bisa untuk mengecek Plat Nomor dan Pajak Kendaraan untuk kendaraan di wilayah Jawa Barat (Bandung, Sukabumi, Ciamis, Bekasi dll).

Silahkan pasang aplikasi SAMBARA lewat Google Play Store dan gunakan untuk cek plat nomor mobil atau motor.

Jawa Tengah

Cek pajak kendaraan Jawa Tengah ( Semarang, Solo, Tegal, dan kota Jawa Tengah lainnya) bisa dilakukan lewat Website secara online, SMS dan aplikasi bernama SAKPOLE e-SAMSAT JATENG.

Cara mengecek pajak kendaraan Jawa Tengah lewat Website

cek pajak kendaraan jawa tengah

Cara mengecek plat nomor kendaraan lewat website DPPAD Jawa Tengah cukup mudah. Kita hanya perlu mengakses website DPPAD Jateng pada tautan dppad.jatengprov.go.id. Lalu isi kolom Nomor Kendaraan. Contoh H 1234 TS dan klik tombol Submit.

Lewat website DPPAD Jateng di atas, kita juga bisa cek pajak kendaraan jateng.

Cara melihat pajak motor Jawa Tengah Via SMS

Cek pajak kendaraan jawa tengah dan plat nomor kendaraan bisa dilakukan lewat SMS. JATENG (spasi) Plat Nomor. Cotoh JATENG H1234TS. Lalu kirim ke 9600.

Selanjutnya akan ada balasan pesan berupa informasi kendaraan berupa jenis kendaraan, besaran pajak yang harus dibayar, tahun pajak, tanggal jatuh tempo pajak, hingga masa berlaku nomor kendaraan.

Cara melihat pajak motor Jawa Tengah Lewat aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG.

Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online atau disingkat SAKPOLE adalah layanan Samsat Online (e-Samsat) yang bisa diakses secara nasional dimanapun dan kapanpun lewat smartphone.

Bisa dikatan aplikasi SAKPOLE ini merupakan aplikasi cek plat nomor kendaraan online terbaik, selain mudah digunakan juga memiliki tampilan antar muka yang bagus. Memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti cek pajak kendaraan bermotor hingga pencarian lokasi kantor Samsat, ATM, dll.

Jawa Timur

Sama halnya dengan provinsi sebelumnya, cara cek plat nomor Jatim bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu bisa lewat website e-Samsat Jawa Timur, SMS, dan aplikasi bernama E-Smart Samsat Jatim.

Cek pajak kendaraan bermotor Jatim lewat Website e-Samsat

cek pajak kendaraan jawa timur

Cara cek plat nomor Jatim pertama yang bisa kita coba adalah lewat website e samsat Jatim. Kita hanya perlu mengakses website esamsat.jatimprov.go.id lewat browser, lalu isi kolom yang diperlukan seperti memilih Kota, Samsat, Nopol, kode captcha. Klik tombol Cari.

Nantinya website akan menampilkan informasi kendaraan berupa jenis kendaraan, tahun, tanggal jatuh tempo dan besaran pajak yang harus di bayar. Dengan begitu, kita juga bisa melihat pajak motor kendaraan Jatim.

Cek pajak kendaraan Jatim lewat SMS

Cek nopol kendaraan Jawa Timur (Surabaya, Malang, Gresik, dan lainnya) bisa juga dilakukan via SMS. Cukup ketikan format JATIM (spasi) Plat Nomor Kendaraan, lalu kirim ke 7070.

Tunggu beberapa saat, nanti akan ada balasan berisi informasi kendaraan. Cara ini biasanya digunakan untuk cek info pajak kendaraan Jatim.

Cara cek pajak motor online Jatim lewat Aplikasi E-Smart

Cara cek plat nomor online Jatim juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi e-Smart Samsat Jatim yang bisa bisa kita unduh lewat Google Play Store. Lewat aplikasi tersebut kita bisa mengetahui informasi pajak motor sesuai plat nomor yang kita masukan.

Lewat aplikasi e-samsat Jatim kita jua bisa melihat besaran pajak yang harus dibayarkan untuk pengesahan STNK 1 Tahun dan 5 Tahun. Selain itu, kita juga bisa melihat informasi bea balik nama kendaraan serta pajak mutasi.

Riau

cek pajak kendaraan riau

Untuk Anda yang memiliki kendaraan dengan plat nomor Riau, ada beberapa cara cek nomor kendaraan dan cek pajak kendaraan secara cepat. Bisa lewat website Dipenda riau, SMS dan aplikasi ESamsat KEPRI.

Cek pajak online Riau lewat Website Dipenda Riau

Untuk cek plat nomor dan pajak kendaraan Riau kita bisa memanfaatkan layanan dari website Dipenda Riau. Cara mengecek pajak kendaraan riau lewat website tidak sulit.

  1. Kunjungi Website Dipenda Riau pada tautan badanpendapatan.riau.go.id.
  2. Masukan nomor polisi pada kolom yang tersedia.
  3. Klik tombol Pajak 1 Tahunan / 5 Tahunan atau tombol Bea Balik Nama (BBN).
  4. Nantinya akan muncul data-data penting terkait STNK kendaraan tersebut seperti besaran pajak, tanggal jatuh tempo dan jenis kendaraan.

Cek pajak kendaraan bermotor Riau lewat SMS

Cara mengecek pajak kendaraan Riau juga bisa dilakukan lewat SMS. Selain cek pajak kendaraan juga bisa digunakan untuk cek plat nomor kendaraan. Ketikan SMS dengan format Kepri (spasi) Nomor Plat Kendaraan Bermotor, lalu kirim ke 9969.

Cek pajak online bermotor Riau Aplikasi ESamsat KEPRI

Lewat E-Samsat KEPRI selain bisa digunakan untuk cek plat nomor kendaraan, juga bisa untuk cek pajak kendaraan Riau. Cara menggunakan aplikasi cukup mudah, kita hanya perlu memasang E-Samsat KEPRI lewat Google Play Store dan masukan plat nomor kendaraan. Nantinya akan tampil informasi kendaraan tersebut.

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur untuk melihat harga pasaran mobil bekas yang disesuaikan dengan merek dan tahun produksinya. Dengan aplikasi E-Samsat KEPRI, kita bisa cek pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor.

Yogyakarta

Cek plat nomor kendaraan Yogyakarta berguna untuk cek pemilik kendaraan juga, khususnya pada saat kita membeli kendaran bekas. Untuk melakukannya bisa dengan beberapa cara.

Cek pajak kendaraan bermotor online Yogyakarta lewat Website

Cara cek plat mobil atau motor Yogyakarta bisa kita lakukan lewat website Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor provinsi Yogyakarta.

cek pajak kendaraan Yogyakarta

Kita hanya perlu mengakses website infonjkbdiy.com, selanjutnya kita tinggal memasukan plat nomor kendaran pada kolom yang tersedia. Contoh AB 1234 BC, lalu klik tombol Submit.

Nantinya informasi kendaraan akan muncul di bawah kolom. Kita bisa menjumpai informasi nilai jual kendaraan, jatuh tempo dan besaran pajak yang harus dibayarkan. Klik tombol Reset untuk mengosongkan kolom dan melakukan pencarian plat nomor kendaran baru.

Cek pajak kendaraan bermotor Yogyakarta lewat SMS

Cara cek nomor kendaraan Yogyakarta juga bisa dilakukan lewat SMS. Kita cukup ketikan format DIY (spasi) Plat Nomor Kendaraan, lalu kirim ke nomor 9600. Selanjutnya akan ada balasan berupa informasi kendaraan seperti jenis kendaran, besaran pajak yang harus dibayar, hingga masa berlaku STNK.

Cek pajak online Yogyakarta lewat Aplikasi

Cek plat nomor dan pajak kendaraan Jogja juga bisa kita lakukan lewat aplikasi bernama Pajak Kendaraan Yogyakarta. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini bukan aplikasi resmi Pemda Jogja. Jadi tidak bisa kita gunakan untuk membayar pajak kendaraan.

Meski begitu, aplikasi ini bisa kita gunakan untuk cek plat motor. Selain itu juga kita bisa menjumpai informasi terkait pajak kendaraan, seperti tanggal jatuh tempo dan besaran pajak yang harus dibayar.

Sumatera Barat

Cek pajak kendaraan bermotor Sumbar online yang bisa kita gunakan adalah lewat website Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Barat.

cek pajak kendaraan Sumatera Barat

Untuk cek plat nomor kendaraan Sumbar, kunjungi dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html . Lalu masukan nomor polisi pada kolom yang tersedia. Contoh BA 1234 BA. Klik tombol PROSES. Anda juga bisa melakukan registrasi menggunakan nomor ponsel untuk mendapatkan informasi jatuh tempo pajak lewat SMS.

Setelah mengklik tombol PROSES, maka website akan menampilkan jenis kendaraan, seperti jatuh tempo pajak hinggak besaran pajak yang harus dibayarkan.

Aceh

Cek pajak kendaraan bermotor Aceh bisa dilakukan secara online lewat website E Samsat Aceh dan aplikasi PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH. Kita bisa cek pajak kendaraan dengan mudah lewat smartphone.

Cek pajak kendaraan Aceh lewat Website

cek pajak kendaraan Aceh

Untuk yang memiliki kendaraan dengan plat nomor Aceh, bisa pajak stnk online lewat website E-Samsat Aceh. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengakses website esamsat Aceh lewat alamat esamsat.acehprov.go.id, lalu masukan nomor polisi pada kolom yang tersedia. Contoh BL1234XX. Lalu klik tombol CARI.

Nantinya website akan menampilkan informasi kendaraan seperti jenis kendaraan, tahun pajak, jatuh tempo dan besar pajak yang harus dibayar.

Cek pajak kendaraan Aceh lewat Aplikasi

Aplikasi PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH memiliki banyak fitur, salah satunya adalah E-Samsat yang bisa kita gunakan untuk untuk cek plat nomor dan pajak kendaraan.

Silahkan download aplikasinya lewat Google Play Store.

Sulawesi Tengah

Cek nomor kendaraan bermotor Sulawesi Tengah(Sulteng) untuk online hanya bisa dilakukan lewat website dan aplikasi Bapenda Prov. Sulteng – Info PKB .

Cek pajak kendaraan Sulteng lewat Website.

cara mengecek pajak kendaraan

Cara cek pajak kendaraan bermotor Sulawesi Tengah seperti Palu dan sekitarnya bisa dengan mengunjungi website Bapenda Prov. Sulteng pada alamat dispenda.sultengprov.go.id.

Lalu isi kolom nomor polisi dan 4 digit terakhir nomor rangkat mesin. Setelah itu klik tombol CARI PKB. Nantinya akan muncul informasi kendaraan termasuk jatuh tempo dan pajak yang harus dibayar.

Cek pajak kendaraan Sulteng lewat Aplikasi

Aplikasi Bapenda Provinsi Sulteng baru tersedia untuk Android. Untuk cek kendaraan Sulteng bisa memasang aplikasi Bapenda Sulteng terlebih dahulu. Setelah itu ikuti petunjung selanjutnya.

Setelah melakukan cek pajak kendaraan dan membayarnya, selanjutnya kita bisa mengunjungi Samsat terdekat dan jangan lupa membawa dokumen persyaratannya seperti Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (Bukti PKB), KTP Asli dan fotokopiannya, STNK Asli dan fotokopiannya, BPKB asli dan fotokopiannya.

Itulah beberapa cara cek pajak kendaraan dan cek plat nomor. Supaya lebih mudah melakukan pembaran pajak kendaraan, ada baiknya cek data plat nomor secara online lewat website, aplikasi atau SMS supaya bisa tahu jumlah pajak yang harus dibayar.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here