Desain dan Fitur Baru Google Chrome Membuat Pengguna Nyaman

0
Desain dan Fitur Baru Google Chrome

Browser merupakalan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan ketika berhadapan dengan PC atau laptop. Baik untuk untuk aktivitas kantor, juga banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan, seperti berselancar, membuka sosial media, nonton video dan aktivitas lainnya.

Google Chrome merupakan browser yang memiliki berbagai macam fitur dan ekstensi aplikasi yang bisa mempermudah penggunannya dalam berbagai aktivitas yang berhubungan dengan internet. Juga browser buatan Google ini selalu mendapatkan pengembangan, berikut adalah desain dan fitur pada Google Chrome Versi 69.0.3497.92.

Peningkatan Fitur Autofill pada Browser

 

Fitur Autofill pada Google Chrome
Fitur Autofill pada Google Chrome

Ketika menggunakan banyak akun untuk mengakses beberapa situs, pernahkah mengisi data yang sama secara berulang ? Biasanya ini terjadi ketika melakukan pendaftaran atau login, saat akan membuka situs tertentu yang mengharuskan penggunanya mempunyai akun untuk bisa mengakses kontennya.

Nah, pada pembaruan Google Chrome, Google melakukan beberapa peningkatan pada pengaturan kata sandi dan fitur autofill, agar bisa lebih akurat. Fitur ini juga memiliki akurasi yang tinggi, jadi akan memudahkan penggunannya ketika mengakses situs yang berbeda.

Kata Sandi lebih Terlindungi

Kata Sandi lebih Terlindungi pada Google Chrome Baru
Kata Sandi lebih Terlindungi pada Google Chrome Baru

Untuk menyimpan kata sandi kini tidak perlu menggunakan aplikasi tambahasan seperti LastPass, karena pada pembaruan Google Chrome, untuk menyimpan kata sandi bisa dilakukan pada browser dengan fitur auto-generate password. Fitur ini juga langsung terhubung dengan akun Google, jadi kata sandri akan tersimpan dengan aman.

Dengan fitur ini juga pengguna akan terhindar dari phishing atau situs yang berbahaya. Jadi ketika pengguna mengunjungi situ yang terindikasi sebagai situs berbahaya Google Chrome akan secara otomatis melindungi penggunannya dari masalah keamanan.

Penelusuran jadi lebih Cepat dan Akurat

Penelusuran jadi lebih Cepat dan Akurat pada Google Chrome Baru
Penelusuran jadi lebih Cepat dan Akurat pada Google Chrome Baru

Kini address bar pada Google Chrome, tidak hanya bisa digunakan untuk memasukan alamat situs dan melakukan penelusuran. Juga bisa digunakan untuk mencari dokumen Google Drive yang sudah dibagikan akun Google pengguna. Ketika pengguna mengetikan nama dokumen yang tersimpan pada Google Drive, nama dokumen akan muncul pada bilah alamat.

Baca Juga :  Apa saja Fitur Unggulan dari Kamera Google Pixel 3? Unduh Google Camera Mod Segera

Address bar pada Google Chrome akan menampilkan semua hasil pencarian yang pengguna ketik. Juga terdapat quick answer, terjemahan kata atau kalimat dan artikel terkait yang pernah pengguna kunjungi baik menggunakan Chrome di PC maupun ponsel.

Penambahan Fungsi Tab pada Halaman Pencari

Banyak pengguna yang mengeluhkan penggunaan memori pada browser Google Chrome ketika membuka banyak halaman sekaligus. Nah pada pembaruannya kali ini, Google juga fokus terhadap optimasi penggunaan memori secara responsif.

Dengan mengoptimasi penggunaan memori, Google Chrome akan bisa memperkecil kemungkinan terjadi lag antar tab. Pengguna juga bisa membuka beberapa tab dalam jumlah banyak dengan tampilan antar muka yang lebih simple dan mudah diakses.

Fitur Sinkronisasi Google Chrome

Saat pengguna melakukan login akun Gmail, maka akan otomatis login ke browser. Maka Google Chrome akan menyesuaikan dengan perilaku pengguna, pada saat melakukan pencarian akan muncul histori pencarian sebelumnya, pengguna juga bisa melakukan pencarian dokumen Google Drive pada search address.

Dengan melakukan sinkronisasi akun Google semua browser Chrome, pengguna bisa mengakses history pencarian, bookmark halaman dan akses lainnya, meski menggunakan aplikasi Chrome pada perangkat berbeda, misalkan Chrome versi mobile sekalipun.

Menu Pinned Tab Halaman Baru pada Google Chrome Baru
Menu Pinned Tab Halaman Baru pada Google Chrome Baru

Fitur pin tab merupakan fitur baru Chrome yang nampak sederhana, namun bisa sangat bermanfaat untuk pengguna yang sering membuka banyak halaman di peramban Chrome. Dengan Tab-pinning, bisa “membekukan” tab yang diinginkan ke sebelah kiri, dan tab tidak akan mudah bergeser.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pin tab ini untuk mengamankan beberapa tab pada browser agar posisinya tidak berubah dan menghindari tab tetutup secara tidak sengaja.

Fitur Google Chrome Mendukung untuk Semua Perangkat

Fitur Google Chrome Mendukung untuk Semua Perangkat
Fitur Google Chrome Mendukung untuk Semua Perangkat

Pada pembaruannya kali ini, browser Chrome memiliki fitur yang sama untuk semua perangkat, tidak hanya untuk operasi sistem Windows, MacOS, atau Linux pada perangkat komputer dan laptop, tapi pengguna juga bisa mengguna Google Chrome pada smartphone.

Baca Juga :  Apa saja Fitur Unggulan dari Kamera Google Pixel 3? Unduh Google Camera Mod Segera

Browser Chrome bisa digunakan lintas perangkat, baik saat berhdapan dengan komputer atau ponsel. Fitur dan desain baru pada Google Chrome, menjadikan browser ini mudah digunakan para penggunanya dalam berbagai kesempatan.

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here