Cek Resi Standard Express

0
cek resi standard express

Ketika membeli barang di Shopee, kadang ada barang yang dikirim dari luar negeri sepeti China atau Korea, bisanya dikirim menggunakan jasa pengiriman Standar Express. Berikut pembahasan cara ceknya.

Meski jasa pengiriman tersebut merupakan jasa terpercaya, namun tak jarang seseorang khawatir sampai dimana barang di belinya. Untuk itu, kita perlu cek resi Standard Express supaya bisa melacak keberadaan barang yang dibeli.

Banyak orang tertarik belanja di Shopee bukan tanpa alasan. Shopee sendiri adalah e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan juga Taiwan.

Platform ini dirancang untuk memberikan pengalaman belanja online yang mudah, cepat dan pastinya aman. Shopee juga didukung dengan sistem pembayaran serta logistik yang terpercaya.

Shopee memiliki tim yang profesional dan mampu membuat penjual dan pembeli dapat ditemukan dalam satu komunitas. Shopee juga selalu meningkatkan pelayanan guna menghadirkan pengalaman menyenangkan bagi semua penggunanya.

Proses Kirim Barang dari China

Ketika membutuhkan barang tertentu, Anda bisa langsung cek di situs atau aplikasi Shopee. Selanjutnya pilih produk yang diinginkan.

Akan ada banyak pilihan produk dari penjual yang berbeda. Tinggal Anda pilih sendiri mana produk yang diinginkan dan pastinya harga sesuai dengan budget yang disiapkan.

Setelah Anda melakukan pembayaran dan dikonfirmasi oleh Shopee, maka penjual akan segera mengemas barang. Jika barang dikirim China, Anda akan mendapatkan nomor resi yang bisa digunakan untuk melakukan cek resi Standard Express nantinya.

Langkah cek resi Standard Express sendiri tak bisa dilakukan pada situs manapun kecuali pada situs Bea Cukai. Pun berlaku untu cara cek resi Standard Express China ataupun Korea.

Meski demikian, kita tidak bisa melakukan pengecekan jika barangnya belum berada di Indonesia. Waktu pengiriman dari negara China menuju Indonesia sendiri bisa dilakukan selama 2 sampai dengan 3 hari.

Artinya, kita bisa melakukan cek resi Standard Express setelah menunggu beberapa hari dan barang sampai di tanah air. Namun jika merasa khawatir dengan kondisi barang, maka tak ada salahnya untuk mengontak customer service dari pihak penjual produk.

Cara Cek Resi Standard Express

Terutama bagi yang baru pertama melakukan pemesanan dari luar negeri, rasa khawatir memang wajar dirasakan. Meski demikian, barang tersebut akan sampai di tangan entah cepat atau lambat.

Khususnya jika barang yang dibeli dari China, tentu Anda tak bisa melacaknya secara manual. Yang bisa dilakukan adalah pelacakan melalui Shopee. Namun jika sudah sampai di Indonesia, baru Anda bisa melakukan pelacakan.

Berikut cara lacak Standard Express Shopee :

1. Langkah pertama adalah dengan membuka halaman tracking. Kunjungi situs resmi dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

2. Cek resi Standard Express selanjutnya bisa dilakukan dengan memasukkan nomor resinya. Ketikan pada kolom yang tersedia.

cek resi standard express shopee
Lacak resi Standard Express, gambar oleh Dion Barus

3. Pada kolom berikutnya, Anda bisa mengisi keycode sesuai dengan gambar yang ada di sampingnya. Lalu klik tombol Submit.

cek resi standard express china
Gambar oleh Dion Barus

4. Jika barang yang Anda pesan sudah sampai maka akan tampil Informasi Pemberitahu, Penerima serta pihak Pengirim. Akan ada tombol See Details yang bisa digunakan untuk melihat kelengkapan informasi.

5. Lihat pada bagian History status. Jika tidak ada data yang tampil, itu artinya barang yang Anda pesan belum sampai di Indonesia.

cek resi standard express jne
Gambar oleh Dion Barus

6. Akan terlihat proses yang telah dilewati oleh barang pesanan kita di Bea Cukai.

7. Jika statusnya adalah ‘Barang Keluar Gudang‘ maka artinya, barang tersebut telah disampaikan ke pihak JNE untuk segera dikirim ke alamat penerima.

Cek Resi Standard Express JNE

Setelah muncul keterangan Barang Keluar Gudang pada saat cek resi Standard Express, tidak lama akan ada status pengiriman pada aplikasi Shopee menggunakan JNE. Resinya bisa kita lihat.

Cara cek resi Standard Express Shopee:

1. Pertama cek situs atau aplikasi Shopee, maka akan ada status pengiriman di aplikasinya. Kita juga bisa melihat nomor resi JNE.

2. Selanjutnya, kita bisa segera melacak barang yang dipesan melalui situs JNE.

cek resi standard express indonesia

3. Cara ceknya mudah dilakukan yaitu dengan memasukkan nomor resi dari JNE pada kolom yang tersedia.

4. Masukkan kode Captcha lalu pilih tombol Search.

5. Akan muncul informasi mengenai barang yang Anda pesan. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa mentap no. AWB.

cara cek resi standard express shopee

6. Cek di tabel History dan akan ada informasi mengenai lokasi barang yang Anda pesan. Jika sudah ada status Delivered to .. itu artinya barang seharusnya telah sampai di alamat tujuan.

Bagaimana? Tidak sulit bukan cara cek resi Standard Express Shopee? Dengan mengetahui status barang yang kita beli, kita tidak perlu khawatir barang tidak sampai rumah.

Jika belum tahu arti dari setiap status pengiriman barang JNE bisa simak pembahasannya di Arti Status Pengiriman JNE.

Setelah tahu cara lacak kiriman Standard Express, selanjutnya kita juga harus tahu beberapa hal ketika melakukan pembelian barang dari luar negeri.

Yang Perlu Ditahui Ketika Membeli Barang dari Luar Negeri

Ketika kita membeli barang dari luar negeri seperti dari China atau Korea, maka akan melalui proses pemeriksaan Bea Cukai terlebih dahulu.

Pada pemeriksaan Bea Cukai, nantinya setiap barang akan diperiksa kelengkapan dokumen pengiriman, isi barang termasuk barang legal atau ilegal di Indonesia, juga nilai atau harga barang yang dikirim tersebut.

Jadi sebelum memutuskan membeli barang dari luar negeri, pastikan Anda sudah memperhatikan hal-hal berikut supaya tidak terkena biaya tambahan seperti Bea Masuk, Cukai dan Pajak.

  • Untuk menghindari biaya tambahan, pertama barang yang kita beli harganya tidak lebih dari USD 100 per item, jadi cek terlebih dahulu nilai jualnya.
  • Jika kita tetap akan membeli barang dengan harga di atas USD 100, maka harus siap membayar Bea Masuk, Cukai dan Pajak.
  • Pastikan tidak ada indikasi pengurangan harga/nilai barang pada dokumen pengiriman yang disertakan penjual. Karena jika diketahui ada indikasi penipuan, maka barang akan ditolak atau penerima harus membayar denda.
  • Untuk barang dengan harga di bawah USD 100, biasanya akan di proses lebih cepat oleh Bea Cukai karena akan otomatis lolos pemeriksaan Pabean.
  • Lama proses pemeriksaan di Bea Cukai biasanya tidak lebih dari 2 hari kerja.

Dibandingkan dengan jasa pengiriman DHL, FedEx atau UPS, layanan Standar Express terbilang unik, karena pembeli hanya akan mendapatkan informasi mengenai status barang ketika barang/ paket sudah sampai di Indonesia.

Nurina
Tertarik dengan perkembangan teknologi, khusunya yang berhubungan dengan ponsel pintar dan komputer.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here