Cara Menghapus Akun Facebook

0
Cara Menghapus Akun Facebook

Sudah tahu cara menghapus akun facebook? Ada banyak asalan yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk menonaktifkan dan menutup akun Facebook. Seperti banyaknya berita bohong dan interaksi yang tidak sehat lagi.

Meski begitu, Facebook sebagai salah satu sosial media populer yang memiliki banyak pengguna ini bagai pisau bermata dua, selain memiliki dampak negatif, facebook juga memiliki banyak manfaat, seperti untuk mencari relasi, berjualan, belajar, berbagi dan masih banyak lagi.

Cara tutup akun facebook bisa dilakukan lewat hp dan PC, jadi tinggal pilih cara yang paling mudah untuk diikuti. Selain itu, kasus seperti akun Facebook yang lupa password dan email tetap bisa dihapus, namun caranya sedikit berbeda.

Menghapus akun facebook bisa untuk sementara waktu dan permanen untuk selamanya. Untuk Anda yang sudah merasa yakin akan tutup akun facebook bisa simak beberapa cara menghapus akun Facebook berikut.

Cara Menghapus Akun Facebook Sementara

Jika Anda berniat menonaktifkan akun Facebook sementara dan akan mengaktifkannya kembali di lain waktu karena alasan tertentu, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara menghapus akun facebook sendiri lewat hp:

cara menghapus akun facebook sendiri lewat hp
  1. Buka dan jalankan aplikasi Facebook, klik Menu.
  2. Masuk ke Pengaturan & Privasi > Pengaturan.
  3. Pilih menu Informasi Pribadi.
  4. Lalu pilih Kelola Akun (Kontak Pewaris dan Pengaturan Penonaktifan.
  5. Lalu pada laman Kelola Akun klik Tutup yang berada di sebelah kanan.
  6. Untuk menonaktifkan/ menghapus sementara akun Facebook pilih opsi ‘Ini hanya sementara…’ pilih berapa lama akun akan dinonaktifkan. Lalu klik tombol Tutup.

Jika Anda menggunakan browser, maka langkah-langkahnya tidak jauh berbeda. Klik Menu > Pengaturan > Informasi Pribadi > Kelola Akun > Tutup > masukan Kata Sandi > klik tombol Lanjutkan, langkah selanjutnya hampir sama dengan yang diatas.

Jika Anda menggunakan browser di PC bisa klik laman Nonaktifkan akun Anda.

  • Tidak Ada seorang pun yang bisa melihat profil Anda.
  • Sebagian informasi seperti pesan masih bisa dilihat oleh teman Anda.
  • Teman Anda masih bisa melihat nama Anda pada daftar pertemanan mereka.
  • Admin group masih bisa melihat postingan dan komentar Anda.

Cara Menghapus Akun Facebook Permanen

Jika sudah yakin tidak akan lagi menggunakan akun Facebook Anda, maka Anda bisa menghapus akun Facebook secara permanen. Namun, alangkah baiknya Anda mengunduh salinan informasi akun Facebook berupa foto, video, percakapan pesan dll.

Karena bisa jadi suatu ketika Anda memerlukan beberapa data yang ada pada akun tersebut. Berikut cara mengunduh cadangan akun Facebook:

  1. Klik Menu > Pengaturan.
  2. Pada Informasi Facebook Anda, pilih Unduh Informasi Anda.
  3. Lalu klik tombol Buat File.

Catatan: Anda bisa memilih informasi apa saja yang akan disimpan, rentang tanggal, format cadangan dan kualitas media.

Setelah berhasil melakukan pencadangan akun Anda, selanjutnya Anda bisa menghapus akun Facebook secara permanen tanpa ragu lagi.

Bagaimana langkah menghapus akun Facebook? berikut cara menghapus akun fb permanen:

  1. Klik Menu > pilih Pengaturan.
  2. Pada laman Informasi Facebook Anda, pilih Kepelimilikan dan Kontrol Akun (jika lewat PC klik Hapus Akun & Informasi Anda).
  3. Lalu pilih Penonaktifan dan Penghapusan > pilih Hapus Akun > klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun.
  4. Pada laman Hapus Akun Selamanya, klik tombol Hapus Akun > Masukan Kata Sandi > klik Lanjutkan.

Jika Anda menggunakan browser PC, maka untuk hapus akun Facebook secara permanen bisa langsung klik laman Hapus Akun.

Agar akun Facebook Anda bisa terhapus secara permanen, jangan lakukan login kembali selama 14 hari. Setelah itu Akun Anda akan di hapus selamanya.

Perlu diketahui juga, seluruha data dan informasi akun Anda akan dihapus Facebook dalam waktu 90. Setelahnya, tidka ada seorang pun yang akan menemukan informasi terkait akun Anda di Facebook.

Ketika akun Facebook dinonaktifkan sementara maka:

Cara Menghapus Akun Facebook Orang Lain

Selain menghapus akun Facebook sendiri, Anda juga bisa menghapus akun Facebook orang lain. Meski begitu, Anda tidak bisa sembarangan menghapus akun orang lain. Untuk melakukannya, ada ketentuan akun yang bisa dihapus, yaitu:

  • Si pemiliki akun Facebook sudah tidak bisa mengoperasikan akun secara fisik, atau pemilik akun sudah meninggal.

Beradasarkan ketentuan diatas, Anda tidak bisa menghapus akun seseorang yang masih aktif. Namun jika ada teman atau keluarga Anda yang sudah tiada, maka Anda bisa menghapus akun tersebut dengan langkah-langkah berikut.

cara tutup akun facebook
  1. Kunjungi laman permintaan khusus tentang penghapusan akun seseorang.
  2. Lalu lakukan pengisian Nama lengkap Anda, Alamat email kontak Anda.
  3. Kemudian lakukan pengisian Nama lengkap di akun seseorang,
    Alamat web (URL) linimasa orang tersebut (kunjungi profil akun yang bersangkutan dan Salin alamat urlnya).
  4. Masukan juga alamat email akun yang bersangkutan.
  5. Lalu pilih salah satu pilihan yang tersedia, Anda bisa memilih (1)Jadikan akun ini sebagai kenangan, (2)Hapus akun ini karena pemiliknya telah meninggal, (3)Hapus akun ini karena pemiliknya tidak mampu secara medis, dan (4)Saya ada permntaan khusus.
  6. Lampirkan dokumen pendukung seperti Dokumen hukum dan medis yang diperlukan. Juga tuliskan informasi tambahan berupa alasan kenapa akun yang bersangkutan harus dihapus.
  7. Jika semua sudah diisi, terakhir klik tombol Kirim.

Cara menghapus akun Facebook yang lupa password dan email

Untuk menghapus akun Facebook yang lupa password dan email caranya cukup berbeda. Untuk melakukannya Anda memerlukan bantuan teman Facebook Anda.

Yaitu dengan melaporkan akun tersebut kepada pihak Facebook sebagai spam. Dengan kata lain Anda harus memblokir akun tersebut. Cara ini juga bisa dilakukan untu akun yang diretas (dibajak, dibobol, dihack, dicuri dll).

Berikut caranya:

cara menghapus akun fb
  1. Hubungi teman atau orang yang berteman di Facebook, lalu memintanya untuk membuka profil akun Facebook yang akan dihapus.
  2. Pada laman profil, klik Menu dengan ikon 3 horizontal > pilih Berikan Masukan atau Laporkan Profil.
  3. Kemudian bisa klik pilihan Berpura-pura Menjadi orang lain, Akun Palsu, Nama Palsu, Mengirim hal yang Tidak Pantas, Saya Ingin Membantu, Hal Lainnya.
  4. Misalkan pilih Akun Palsu > klik tombol Kirim > pilih Laporkan Profil > lalu ceklis Saya yakin bahwa ini melanggar Standar Komunitas Facebook dan klik tombol Laportkan.

Jika sudah melakukan langkah-langkah diatas, selanjutnya tinggal menunggu pihak Facebook memprosesnya. Setelah ditinjau, nantinya akaun tersebut akan dihapus.

Bagaimana?

Anda bisa memilih cara hapus akun Facebook yang sesuai kasus yang Anda hadapi. Anda bisa melakukannya lewat hp atau pc karena langkah-langkah hampir sama.

Jika ada pertanyaan atau Anda memiliki cara lain yang lebih efektif dan cepat dalam menghapus akun Facebook, bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here