Cara Mengatasi WhatsApp Down

4
WhatsApp Indonesia down

WhatsApp mengalamai down pada rabu 22 Mei 2019. Hal ini karena pemerintah mengambil tindakan untuk meredam penyebaran hoax yang banyak dilakukan lewat WhatsApp. Lalu bagaimana cara mengatasi WhatsApp down?

WhatsApp sebagai aplikasi komunikasi yang banyak digunakan saat ini tentu memiliki peran penting sebagai alat komunikasi. Bukan hanya untuk kirim pesan dalam bentuk teks, namun juga bisa berkirim suara, foto, video dan dokumen. Selain itu juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video.

WhatsApp Down

Saat ini banyak warga net (netizen) Indonesia yang mengeluhkan sulitnya mengakses aplikasi WhatsApp, Facebook dan Instagram. Keluhan ini bisa kita jumpai pada media sosial Twitter.

Yang sedang hangat adalah tagar #instagramdown dan #whatsappdown. Menjadi trending topik di Twitter. Ternyata penyebab whatsapp down karena permintaan dari pemerintah kepada pihak WhatsApp, Faceboook dan Instagram.

Pihak pemerintah lewat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto mengungkapkan pemerintah memutuskan untuk membatasi aktivitas di sosial media untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya dalam hal penyebaran berita hoax.

“Sementara untuk hindari provokasi kita melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan. Akses media sosial untuk jaga hal-hal negatif yang disebarkan masyarakat,” kata Menkopolhukam Wiranto di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Sampai kapan WhatsApp down belum ada informasi lebih lanjut mengani hal tersebut. Dengan WhatsApp down artinya masyarakat dibatasi menggunakan WhatsApp. Salah satunya tidak bisa kirim foto dan Video lewat WhatsApp.

Lalu bagaiman cara mengatasi WhatsApp down Indonesia?

Cara mengatasi WhatsApp Down ternyata cukup mudah, Anda hanya perlu menginstal aplikasi VPN pada perangkat Anda. Perlu diketahui juga, VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi jaringan yang memungkinkan untuk bisa terhubung dengan jaringan publik dan menggunakannya untuk bisa terhubung dengan jaringan lokal.

Berikut cara mengatasi WhatsApp down dengan VPN:

1.1.1.1

cara mengatasi whatsapp down

1.1.1.1 merupakan DNS resolver yang akan memberikan privasi kepada penggunannya. Dengan menggunakan aplikasi 1.1.1.1 Anda akan terbebas dari pengintai. Anda bisa dengan mengakses berbagai aplikasi dan situs web dengan aman.

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Aplikasi 1.1.1.1 bisa menjadi solusi untuk megatasi WhatsApp down, Facebook down dan Instagram down.

Pasang aplikasi 1.1.1.1 buatan Cloudflare, Inc ini lewat Google Play Store dan App Store. Lalu buka dan jalankan aplikasi, tekan tombol penggeser ke kanan untuk mengaktifkan fitur pengamannya.

Simak juga: Cara Mengakses situs yang terkena Internet Positif

Turbo VPN

whatsapp down hari ini

Turbo VPN merupakan aplikasi VPN gratis yang diklaim memiliki kecepatan tinggi. Aplikasi VPN ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi WhatsApp down.

Bisa juga untuk mengatasi down pada media sosial lain seperti Facebook dan Instagram. Aplikasi Turbo VPN cukup mudah digunakan. Anda hanya perlu install, lalu jalankan aplikasi, pilih lokasi sever jaringan berdasarkan negara.

Pasang Turbo VPN.

VPN Master

server whatsapp down hari ini

Untuk mengatasi WhatsApp down di Indonesia, Anda juga bisa menggunakan aplikasi VPN Master. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu melakukan pendaftaran.

Aplikasi VPN untuk Android ini bisa membantu Anda membuka situs dan aplikasi yang diblokir pemerintah. Termasuk bisa untuk mengatasi masalah down pada WhatsApp, Facebook dan Instagram.

Anda hanya perlu menginstall dan menjalankan aplikasi. Lalu pilih server VPN yang akan digunakan. Selanjutnya tinggal buka aplikasi WhatsApp tanpa masalah.

Pasang VPN Master.

Selain itu ada beberapa VPN lain yang bisa Anda coba yang bisa dilihat pada daftar VPN Mobile Legends yang juga bisa digunakan untuk mengatasi WhatsApp down.

Cara Mengatasi WhatsApp Down Tanpa VPN

Untuk Anda yang masih ragu menggunakan VPN untuk mengatasi masalah WhatsApp yang down/ error, karena pada beberapa kasus VPN gratisan bisa mencuri data penting di HP penggunannya. Maka ada acara mengatasi WhatsApp down tanpa VPN.

Namun, cara ini hanya bisa digunakan jika ponsel Anda menggunakan jaringan WiFi, untuk jaringan data seluler direkomendasikan menggunakan 1.1.1.1 .

Cara mengatasi download WhatsApp tertunda/ error, tidak bisa download foto, tidak bisa download gambar:

cara mengatasi download whatsapp error
  1. Masuk ke menu Setelan.
  2. Lalu pilih Jaringan & Internet > lalu pilih Wi-Fi.
  3. Pada jaringan Wi-Fi yang sudah terhubung klik tombol Pengaturan.
  4. Selajutnya klik tombol Edit (ikon pencil) yang berada bagian atas.
  5. Setelah muncul layar, gulir ke bagian bawah. Pada Setelan IP ubah menjadi Statik.
  6. Gulir lagi ke bagian bawah, lalu isi DNS 1: 1.1.1.1 dan DNS 2: 1.0.0.1.
  7. Lalu Simpan.
cara mengatasi download whatsapp tertunda

Bagaimana?

Jika mengalami kendala mengatasi WhatsApp down bisa disampaikan lewat kolom komentar dibawah ini.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

4 KOMENTAR

    • 1.1.1.1 Cloudflare adalah resolver DNS. Untuk DNS 1.1.1.1 bisa dipasang secara manual seperti yang sudah dijelaskan pada artikel. Adanya aplikasi 1.1.1.1 untuk memudahkan pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here