Apa itu Telegram?

Masih belum tahu apa itu Telegram? Apa sih kelebihannya? Berikut pembahasan lengkap mengenai aplikasi Telegram mulai dari Cara Membuat, Menggunakan dan Menghampus akun Telegram.

0
apa itu telegram

Siapa sih yang tak kenal dengan yang namanya Telegram? Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan Telegram. Namun tidak sedikit juga yang merasa awam dengan Telegram.

Apa itu Telegram?

Telegram adalah salah satu aplikasi kirim pesan seperti halnya Line, WhatsApp ataupun jenis aplikasi lain yang bisa digunakan untuk berkirim pesan teks atau Chatting.

Aplikasi Telegram pertama kali diluncurkan oleh Nikolai dan Pavel Durrvov sejak tahun 2013. Dengan adanya aplikasi ini, kita bisa melakukan chatting dengan orang lain yang juga terhubung melalui Telegram dengan enkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahannya.

Jenis pesan yang bisa dikirim melalui Telegram cukup beragam. Kita bisa mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan atau bahkan video dan juga gambar. Hebatnya lagi, kita juga bisa melakukan transfer dokumen atau mengirimkan lokasi ke teman dengan cara yang mudah.

Seperti halnya aplikasi yang lain, Telegram juga bisa digunakan secara gratis sehingga menambah keunggulan yang ia miliki.

Akan beralih menggunakan Telegram? Baca terlebih dahulu tulisan WhatsApp Vs Telegram, Mana yang lebih Unggul?

Cara Membuat Telegram

telegram adalah

Telegram memiliki banyak kelebihan dan berbagai fitur menarik di dalamnya. Hal ini membuat banyak pengguna smartphone tertarik dalam menggunakan aplikasi chatting yang satu ini.

Untuk yang juga tertarik dan ingin segera membuat akun Telegram, maka bisa ikuti beberapa langkah yang berikut ini.

  1. Cara membuat Telegram yang pertama adalah dengan mendownload aplikasi Telegram yang bisa ditemukan di Google Play atau App Store. Selanjutnya lakukan penginstalan supaya aplikasi terpasang di ponsel.
  2. Setelah penginstalan selesai, buka aplikasi Telegram. Lalu akan muncul tampilan berupa slide yang berisi fitur yang ditawarkan oleh Telegram pada para penggunanya.
  3. Pada akhir slide, kita akan menemukan tombol Start Messaging yang bisa diklik untuk tahap lebih lanjut.
  4. Jika tombol tersebut sudah diklik, kita akan diarahkan pada formulir pendaftaran. Masukkan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar akun Telegram lalu klik Centang yang bisa ditemukan di bagian pojok kanan atas dari aplikasi.
  5. Jika nomor yang kita masukkan sudah benar maka kode verifikasi dalam bentuk SMS akan segera dikirimkan.
  6. Masukkan kode tersebut pada formulir verifikasi aplikasi Telegram dan jika sudah, selanjutnya mengklik tanda Centang di bagian atas pojok kanan.
  7. Setelah sukses, Telegram akan secara otomatis mendeteksi kontak seluler yang kita gunakan.

Rekan ataupun keluarga yang juga menggunakan telegram, secara otomatis akan masuk ke dalam daftar kontak Telegram kita.

Cara Menggunakan Telegram

Cara menggunakan Telegram cukup mudah dan pastinya praktis. Sayangnya, bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan Telegram terkadang dibuat bingung dengan tampilan yang ada.

Namun, untuk yang pertama kali tak perlu khawatir, berikut adalah panduan singkat mengenai cara menggunakan Telegram.

1. Memulai Obrolan dengan Teman

Untuk memulai chatting atau bahkan melakukan panggilan, kita bisa ikuti langkah yang berikut ini:

  1. Pada beranda aplikasi Telegram, kita bisa mengklik tombol bergambar Pensil yang terletak di sudut kanan bawah tampilan.
  2. Setelah tombol pensil diklik, cari kontak di ikon pencarian. Bisa juga dilakukan secara manual dengan cara melakukan scrolling di daftar kontak yang tersedia.
  3. Setelah ketemu siapa teman atau keluarga yang ingin di ajak chattingan, kita bisa mengklik kontak tersebut dan layar akan segera menampilkan chatroom.
  4. Selanjutnya kita bisa mulai berkirim pesan entah yang berupa gambar, sticker, suara, teks dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.
  5. Kita juga bisa mengklik menu pilihan di bagian sudut kanan atas tampilan yang berupa tiga titik horizontal.
  6. Akan muncul beberapa fitur mulai dari fitur untuk menghapus obrolan, memanggil, mencari kata atau bahkan mematikan notifikasi

2. Menambahkan Kontak Baru

Lantas bagaimana jika kita ingin menambahkan kontak di Telegram yang dimiliki? Berikut langkah yang bisa diikuti:

  1. Langkah untuk menambahkan kontak adalah dengan membuka Telegram lalu klik tombol pensil yang bisa ditemukan di bagian sudut kanan bawah tampilan.
  2. Klik ikon “Tambah atau Plus” yang ada.
  3. Kontak telah berhasil ditambahkan, kita bisa langsung melakukan pengecekan di bagian list kontak. Nomor baru akan tersedia disana.

3. Menghapus Obrolan Chatting

Untuk menghapus obrolan, kita bisa lakukan beberapa cara yang berikut ini:

  1. Cara pertama adalah dengan mengklik lalu tahan beberapa saat percakapan yang ingin kita hapus.
  2. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan di bagian bawah layar dan salah satunya adalah pilihan Delete. Klik pilihan tersebut untuk menghapus obrolan.
  3. Akan muncul pop up  konfirmasi untuk melakukan penghapusan. Klik OK untuk melanjutkan. Cara yang cukup mudah bukan?

4. Untuk Mengedit Profil Pengguna

Kita juga bisa melakukan pengeditan profil dengan cara yang berikut ini:

  1. Pertama adalah dengan mengklik ikon menu yang bisa ditemukan di bagian sudut kiri atas tampilan.
  2. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan lalu pilih settings.
  3. Pada halaman yang satu ini, kita bisa mengubah ataupun mengganti foto profil berikut dengan bio, username dan juga nomor ponsel.
  4. Pengaturan lainnya juga bisa disesuaikan dengan keinginan

Kita bisa melakukan pengaturan dengan cara di atas sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menghapus Akun Telegram

Ada beberapa alasan kenapa seseorang ingin menghapus akun Telegram yang ia miliki. Jika memang tak ingin menggunakan akun yang sekarang dan ingin menghapusnya, kita bisa lakukan beberapa cara yang berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka browser lalu kunjungi link ini https://my.telegram.org/auth?to=deactivate.
  2. Selanjutnya ketikan nomor akun Telegram yang kita gunakan di bagian “Your Phone Number” jangan lupa untuk mengisi kode negara yang diikuti dengan nomor ponsel.
  3. Selanjutnya tap Next untuk mendapatkan kode verifikasi dari Telegram. Kode ini bukan dalam bentuk SMS sehingga pastikan Telegram masih aktif saat kode diberikan.
  4. Jika kode telah didapatkan, kita bisa mengetikkan “Confirmation Code” di kolom lalu klik sign in.
  5. Bagi yang hanya ingin mengganti nomor Telegram bisa mengklik link yang ada di dalam kotak jika tidak, kita bisa melakukan gulir ke bawah sampai menemukan tulisan why are you leaving? Tuliskan alasan menghapus akun Telegram lalu klik done jika sudah selesai.
  6. Langkah selanjutnya adalah dengan mengklik kolom bertulisakan Yes, Delete My Account.

Langkah untuk menghapus akun telah selesai dilakukan. Akun yang kita miliki akan dihapus dari server Telegram.

Kelebihan yang Ditawarkan oleh Telegram

Dibandingkan dengan aplikasi chatting serupa, Telegram memiliki banyak sekali kelebihan yang ditawarkan.

Kelebihan juga menjadi alasan kenapa Telegram banyak digunakan. Beberapa kelebihan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menampung Lebih Banyak Anggota Grup

Salah satu kelebihan Telegram adalah anggota grup yang bisa lebih banyak ditampung. Dengan demikian, kita bisa berkomunikasi dengan lebih banyak lawan bicara. Alhasil, grup yang dimiliki tentu bisa menjadi lebih ramai dan seru.

2. Mengirim File Berukuran Besar

Kelebihan Telegram yang selanjutnya adalah kita bisa mengirimkan file dengan ukuran yang besar. Berbagai jenis file yang bisa dikirim antara lain adalah MP3, ZIP, PDF, gambar dan juga video dan lain sebagainya.

3. Bekerja Secara Lebih Cepat

Pengguna juga akan dibuat terkagum dengan kecepatan dari aplikasi yang satu ini. Entah untuk berkirim pesan ataupun dalam menggunakan ragam menu di dalamnya, aplikasi yang satu ini bisa menjalankan perintah dari pengguna secara lebih cepat.

4. Ruang Penyimpanan yang Lebih Kecil

Telegram juga memiliki kelebihan lain yang bakal memanjakan para penggunanya dengan penggunaan ruang penyimpanan yang lebih kecil. Mulai dari penyimpanan suara, video, teks hingga gambar semuanya tidak terlalu menguras memori perangkat gadget yang digunakan.

5. Teknologi Keamanan yang Baik

Dibandingkan dengan aplikasi sejenis, Telegram memiliki teknologi keamanan yang lebih baik. Bukan hanya menyematkan enkripsi yang canggih, namun fitur secret chat juga memiliki keamanan tambahan ketika pengguna ingin melakukan chatting.

6. Animasi dengan Grafis Berkualitas

Keberadaan sticker memberikan sensasi segar dalam kegiatan berupa chatting yang dilakukan. Telegram mengerti hal tersebut dan menyematkan ragam stiker animasi keren dengan sentuhan grafis yang berkualitas. Semakin menarik stiker yang dihasilkan maka semakin seru juga obrolan.

7. Fitur Dark Mode

Ketika melihat ponsel di ruangan yang gelap, terkadang membuat mata terasa silau. Hal ini juga menjadi alasan kenapa dark mode dibuat. Fitur dark Mode kini juga mulai dilirik oleh aplikasi yang lain dan bukan hanya Telegram saja.

8. Bisa Mengedit dan Menghapus Pesan yang Telah Terkirim

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Telegram adalah kemampuannya dalam mengedit dan juga menghapus pesan yang sudah kita kirim. Dengan adanya fitur yang satu ini, maka pengguna bisa melakukan penyuntingan pada pesan yang ingin direvisi.

9. Bisa digunakan Secara Gratis

Kelebihan lainnya adalah pengguna bisa menggunakan Telegram secara gratis. Untuk yang menginginkan aplikasi chatting cepat, banyak stiker dan juga gratis tentu Telegram bisa dijadikan sebagai salah satu pilihannya.

10. Bebas dari Iklan

Telegram juga bebas dari iklan yang terkadang bisa mengganggu jalannya chatting. Dengan bebas iklan, maka tak heran jika aplikasi yang satu ini menjadi lebih ringan sehingga bisa berjalan dengan cepat dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Kita juga akan lebih hemat kuota sehingga menguntungkan.

11. Adanya Fitur Channel

Fitur yang satu ini membuat para pengguna Telegram bisa berkirim pesan ke anggota channel atau yang disebut juga dengan broadcasting. Kapasitas dari channel sendiri memiliki jumlah yang besar.

Selain ragam kelebihan di atas, masih banyak lagi kelebihan lainnya yang bisa menjadi alasan kenapa Kita harus menggunakan Telegram. Aplikasi chatting yang satu ini juga terus mengembangkan fitur baru untuk membuat para pengguna dimanjakan olehnya.

Nurina
Tertarik dengan perkembangan teknologi, khusunya yang berhubungan dengan ponsel pintar dan komputer.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here