Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp

WhatsApp sekarang sudah memiliki fitur status/stories yang mana memiliki fungsi yang sama dengan Instagram stories atau Facebook stories, dimana pengguna dapat membuat status berupa tulisan, gambar, video, atau gabungan dari hal tersebut dan dapat bertahan selama 24 jam sama seperti Instagram Stories atau Facebook Stories.

Adanya fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin melakukan update momen – momen tertentu dengan menggunakan aplikasi ini. Keluarnya fitur ini direspon positif oleh banyak kalangan dan review yang cukup baik di playstore.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp

Meskipun membuat status WhatsApp itu mudah sama seperti membuat stories di Instagram, namun kadang ada saja kendala atau masalah yang dihadapi dalam fitur ini. Salah satunya adalah tidak bisa melakukan/ membuat status di WhatsApp. Cukup aneh memang mengapa bisa terjadi, namun ada penyebab darihal ini, mulai dari memori RAM penuh, kesalahan pada update atau kurangnya update, serta ada file dump di dalam aplikasi.

Masalah tersebut tentu mengganggu pengguna dan tidak sedikit dari mereka kesulitan untuk mengatasinya. Maka dari itu kami memberi beberapa tutorial mengatasi tersebut berikut ini.

Langkah-langkah mengatasi tidak bisa update status video di whatsapp

Semua masalah pasti ada solusi dan penyebabnya. Untuk masalah tidak bisa melakukan update status ini, penyebabnya bisa bermacam – macam, antar pengguna pun bisa berbeda penyebabnya. Dan dari beberapa error tersebut kami memiliki beberapa cara untuk membuat anda bisa melakukan update status kembali.

1. Paksa Berhenti & Hapus Data Aplikasi Whatsapp

Cara ini adalah cara awal untuk mengatasi problem tidak bisa melakukan update status pada WhatsApp anda. Menutup aplikasi akan membuat aplikasi berjalan seperti awal, dan menghapus data akan membuat data history, cache, dan database akan hilang untuk sementara. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Paksa Berhenti dan Hapus dataPaksa Berhenti dan Hapus data aplikasi whatsapp

  • Buka menu Setelan > Aplikasi & notifikasi > Cari dan pilih aplikasi WhatsApp > kemudian pilih “Paksa Berhenti” dan untuk “Hapus Data”, masuk ke menu  Penyimpanan.
  • Masuk lagi ke WhatsApp dan cek apakah update status tidak bisa dilakukan atau tidak.

2. Update Aplikasi WhatsApp

Update WhatsAppMetode kedua ini bisa dibilang cara yang mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan update pada WhatsApp dapat memperbaiki fitur yang ada saat ini, memperbaharui program yang lebih baru, dan memperbarui error yang terjadi sehingga hilang. Caranya adalah sebagai berikut.

Update Aplikasi WhatsApp

Buka Playstore  > Cari WhatsApp di Aplikasi Anda > Update aplikasi kemudian  tunggu beberapa saat sampai aplikasi WhatsApp anda terupdate, buka aplikasi WhatsApp setelah selesai update dan cek apakah anda masih tidak bisa melakukan update status atau tidak.

3. Install Ulang WhatsApp

Apabila kedua cara di atas tidak membuahkan hasil, anda dapat melakukan install ulang terhadap aplikasi WhatsApp sehingga error pada update status anda bisa teratasi. Menghapus aplikasi kemudian memasang kembali akan membuat program kembali seperti awal beserta pengaturan dan data yang masih kosong sehingga minim error yang terjadi. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :

Paksa Berhenti dan Hapus dataPaksa Berhenti dan Hapus data aplikasi whatsapp

  • Buka menu Setelan > Aplikasi & notifikasi > Cari dan pilih aplikasi WhatsApp > kemudian pilih “Uninstal”
  • Install kembali Aplikasi WhatsApp melalui Playstore, buka playstore kemudian download dan instal WhatsApp seperti biasa.
  • Buka WhatsApp, login dan WhatsApp sudah dapat digunakan seperti biasa

Keterangan : langkah-langkah diatas dipraktikan dengan ponsel pintar dengan sistem operasi Android Oreo 8.1.0. Jadi akan ada perbedaan tampilan menu pada versi Android lainnya, namun tidak akan jauh berbeda, hanya perlu sedikit penyesuaian.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi tidak bisa membuat status di WhatsApp, agar maksimal pastikan file sampah telah dibersihkan dahulu menggunakan aplikasi cleaner atau dilakukan sendiri.

Sehingga kinerja android optimal dalam melakukan perbaikan yang ada. Kami rasa cara yang kami berikan mudah dan efektif untuk menyelesaikan masalah anda, semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here