Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Smartphone Android

0

5. Pindahkan Instalan Aplikasi ke MicroSD

 

Pindahkan Instalan Aplikasi ke MicroSD
Pindahkan Instalan Aplikasi ke MicroSD

Cara lain yang membantu melegakan ruang penyimpanan internal smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun cara ini hanya akan berhasil, jika smartphone dalam keadaan root.

Anda bisa memindahkan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Instagram, Facebook dan aplikasi lainnya ke MicroSD, jadi bisa meringankan beban padan memori internal. Untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal bisa menggunakan aplikasi LinktoSD.

Pasang LinktoSD

6. Gunakan Aplikasi Cleaner

Gunakan Aplikasi Cleaner
Gunakan Aplikasi Cleaner

Untuk Anda yang mau praktis menghapus cache dan file sampah yang ada pada smartphone, bisa menggunakan aplikasi Clean Master. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol yang akan memproses penghapusan cache dan file sampah secara masal.

Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu melakukan penghapusan cache secara menual dengan membuka setiap aplikasi pada Setting > Apps & notifications > All apps.

Pasang Clean Master

7. Factory Reset

Namun, jika semua cara diatas tidak membuahkan hasil yang maksimal. Ada cara ampuh melegakan sisa memori internal menjadi lebih banyak. Yaitu dengan Factory Reset, mengembalikan semua setelan smartphone ke semula. Ponsel pintar Anda akan kembali ke setelan pabrik, sama seperti saat pertama membelinya.

Dengan Factory Reset, semua file pada smartphone akan terhapus, jadi lakukan backup sebelum melakukannya. Berikut langkah-langllahnya.

  1. Masuk ke menu Settings, dan pilih menu Advanced Settings,
  2. Masuk ke menu Backup & Reset,
  3. Pilih Factory Data Reset, akan muncul notifikasi mengenai informasi bahwa semua akun, konfigurasi, aplikasi, dan semua data di memori internal akan dihapus.
  4. Selanjutnya, klik tombol Reset Phone, masukan PIN dan tekan OK.
  5. Tunggu sampai proses reset ulang selesai. Setelah berhasil, ponsel akan kembali pada tampilan seperti saat baru dibeli.
Baca Juga :  5 Cara Screenshot Tangkap Layar pada Semua Tipe Xiaomi

Namun cara Factory Reset setiap smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Sony dan lainnya pasti akan ada perbedaan. Jadi untuk masuk ke menu Factory Data Reset, lakukan pencarian pada menu setting.

1
2
Belajar untuk berbagi
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here