Cara Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android

0
Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android
Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android

Meski kini SMS jarang sekali digunakan, karena banyak orang beralih menggunakan Whatsapp, Messenger, Telegram dan aplikasi lainnya untuk berkirim pesan. Namun bukan berarti fitur SMS sudah tidak digunakan sama sekali. Terkadang kita masih menggunakan SMS untuk berkomunikasi dengan orang tua yang gaptek teknologi.

Namun beberapa pengguna ponsel Android kadang menjumpai error pada saat mengirim pesan SMS. Memang bermacam-macam masalahnya, kadang ada yang aplikasinya tidak bisa dibuka dan pesan tidak terkirim. Salah satu error yang sering dijumpai adalah error code 96.

Bisa jadi error tersebut muncul disebabkan oleh pergantian kartu SIM, namun nomor SMS centernya tidak berubah. Misalkan awalnya menggunakan XL, kemudian diganti dengan Telkomsel. Ketika menggunakan Telkomsel, namun nomor SMS centernya masih XL. Maka ketika mengirimkan SMS akan muncul error 96 dan pesan tidak bisa terkirim.

Baca Juga :

Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android

Tidak semua jenis smartphone atau ponsel pintar memiliki pengaturan langsung untuk pengaturan nomor SMS center. Fitur pengaturan ini biasanya disembunyikan dan hanya diketahui oleh teknisi HP(tukang servis). Jadi untuk mengatasi error pada aplikasi SMS tidak perlu pergi ke konter. Untuk mengatasi masalah seperti ini cukup mencari sulusinya di internet.

Fitur pengaturan ini disembunyikan dan untuk mengatasi SMS error 96 bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama masuk ke menu dial phone dan ketik *#*#4636#*#*. Kemudian akan masuk bagian Menguji.
    Mengatasi Error 96 SMS Android - Dial Phone
  2. Masuk ke menu Informasi telepon(jika ponsel memiliki 2 SIM akan ada dua pilihan Informasi telepon1 dan Informasi telepon2, tinggal pilih kartu SIM yang error).
    Mengatasi Error 96 SMS Android - Menguji
  3. Geser ke bawah sampai pada bagian SMSC, kemudian tinggal tekan tombol Segarkan.
    Mengatasi Error 96 SMS Android - Info Telepon
    Setelah menekan tombol Segarkan menjadi
    Mengatasi Error 96 SMS Android - SMSC
  4. Kemudian nomor SMSC akan muncul dan tinggal tekan tombol Perbarui. Sampai disini seharusnya bisa mengatasi masalah error tidak bisa kirim SMS.

Keterangan:
Langkah-langkah diatas dipraktikan pada gawai Xiaomi dengan bahasa Indonesia. Jika mengalami kendala karena perbedaan bahasa, maka bisa ubah terlebih dahulu bahasa telepon ke bahasa Indonesia jika sebelumnya menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

SMSC(Nomor Pusat Pesan) Operator Seluler Indonesia

Untuk memastikan Nomor SMS Center yang digunakan sesuai dengan oprator yang digunakan, bisa lihat daftar nomor pusat pesan atau SMSC operator Indonesia.

OperatorSMSC
Indosat Ooredoo (IM3)+62855000000
Indosat Ooredoo (Mentari, Matrix)+62855000000
Telkomsel Simpati, Halo, AS+6281100000
XL Axiata+62818445009
Axis+628315000032
3 (Three)+6289644000001
Smartfren+6289644000001

 

Bagaimana?

Seharusnya dengan langkah-langkah diatas masalah error pada saat kirim SMS bisa teratasi. Jika ada pertanyaan atau memiliki cara lain yang lebih mudah dan efektif bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here