Cara Mematikan Sensor Proximity Pada Smartphone

0
Sensor Proximity pada Smartphone

Hampir semua smartphone keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur sensor proximity,  baik itu pada smartphone Android atau pun iPhone. Apa sih kegunaan dari sensor proximity ? Fitur ini memiliki fungsi mengunci layar smartphone secara otomatis pada ketika di dekatkan telingan dengan jarak tertentu.

Sensor proximity di smartphone berfungsi untuk pengaman layar sentuh dari sentuhan yang tidak disengaja. Ini sangat berguna ketika kamu sedang melakukan panggilan di telepon. Untuk menghindari sentuhan saat ponsel menempel di telinga kamu, sensor ini akan mematikan fungsi touchscreen.

Tujuan dari adanya fitur sensor proximity pada smartphone adalah untuk mencegah pengguna menyentuh layar secara tidak sengaja saat melakukan panggilan. Karena jika layar tidak terkunci saat melakukan panggilan, layar smartphone akan bersentuhan dengan kulit wajah dan bisa membuat panggilan terputus.

Cara Mematikan Sensor Proximity Pada Smartphone

Namun, bisa saja fitur ini mengganggu untuk beberapa orang. Nah artkel ini akan membahas tentang cara menonaktifkan atau mematikan sensor proximity. Ada dua cara yang bisa Anda praktikan, yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga dan langsung melalui pengaturan.

Cara Mematikan Sensor Proximity Menggunakan Aplikasi Smart Screen On Off

 

Cara Mematikan Sensor Proximity Menggunakan Aplikasi Smart Screen On Off

Jika pada smartphone Android Anda tidak ada pengaturan mematikan fitur Sensor Proximity, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Smart Screen On Off untuk alternatifnya. Untuk jelasnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Unduh dan pasang aplikasi Smart Screen On Off di Google Play Store.
    Pasang Smart Screen On Off
  • Jika sudah terpasang dengan sempurna, buka dan jalankan aplikasi, nantinya aplikasi akan meminta hak akses Device Administrator untuk pertama kali membukannya.
  • Setelah memberi hak akses, baru fitur pada aplikasi ini bisa berjalan dengan baik.
  • Selanjutnya nanti akan ada tombol yang bisa digunakan untuk mengatur ON/Off Sensor Proximity.
  • Untuk menggunakan fiturnya secara sempurna, Anda bisa membuka aplikasinya dan lakukan beberapa pengaturan.

Pengarturan untuk Mematikan Sensor Proximity pada Android

Pada versi Android terbaru, khususnya untuk Android versi diatas 5.0.2 Lilipop , sudah tambahkan pengaturan untuk menghidupkan atau mematikan fungsi Sensor Proximity. Untuk melakukannya pun cukup mudah, untuk lebih kelasnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pergi ke Pengaturan,
  • Masuk ke Pengaturan Panggilan,
  • Pada menu paling bawah ada pilihan Aktifkan Sensor Proximity.
  • Klik tombol penggeser agar kesebelah kiri posisinya (menjadi nonaktif).

Namun perlu diketahui, fitur pengaturan diatas tidak terdapat pada Android Oreo, jadi jika cara kedua tidak berhasil pada smartphone Anda, maka harus menggunakan cara pertama, yaitu dengan menginstal aplikasi tambahan.

Mas Jono
Manusia normal pada umumnya, suka makan dan minum, tidak lupa juga suka tidur.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here