Cara Melihat Password Wifi di Laptop

0
cara melihat password wifi di laptop

Pada saat laptop kita sudah terhubungan dengan jaringan wifi, baik wifi rumah, kantor, Café, tempat nongkrong atau wifi modem, maka data wifi tersebut sudah tersimpan secara otomatis pada laptop. Jadi pada saat mengaktifkan wifi, tidak perlu mengetikan kembali password wifi, laptop akan otomatis terhubungan dengan jaringan internet.

Namun yang sering terjadi adalah kita sering lupa dengan password wifi yang sudah terhubung di PC/Laptop karena jarangan mengetikan password tersebut. Lalu bagaimana cara melihat password wifi di PC/Laptop? Masih kita bahas pada artikel ini.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui password wifi yang sudah terkoneksi dengan PC/Laptop, yaitu bisa langsung melalui Control Panel pada Laptop sendiri dan melalui modem. Namun yang akan kita bahas ada cara yang paling mudah, yaitu melalui Control Panel.

Berikut adalah caranya.

Cara Melihat Password Wifi di Laptop

Windows 7

1. Pertama klik ikon jaringan yang berada di pojok kanan Taskbar, dan klik Open Network and Sharing Center.

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 7

2. Kemudian akan diarahkan pada laman pengaturan Network and Sharing Center, pada View your active networks akan dijumpai pada jaringan wifi mana laptop kita terhubung, selajutnya klik 2 kali pada Connection: Wireless Network(Nama Wifi).

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 7

3. Maka akan muncul popup Wireless Network Connection Status, pada tab General klik Wireless Properties.

4. Kemudian akan muncul lagi popup [Nama Wifi] Wireless Network Properties, kemudian klik tab Security. Langkah terakhir untuk melihat password wifi laptop yaitu dengan mengklik ceklis Show character, maka password akan terlihat pada kolom Network Security Key.

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 7

Catatan: Cara diatas dipraktifkan pada laptop yang menggunakan operasi sistem Windows 7. Dengan cara diatas, kamu bisa mengetahui kata sandi wifi yang sudah terhubung dengan laptop.

Windows 10

Lalu bagaiman pada PC/Laptop yang menggunakan operasi sistem Windows 10? Untuk cara melihat password wifi di laptop windows 10 bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Klik ikon Wi-Fi yang berada di pojok kanan Taskbar, dan klik Network & Internet settings.

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

2. Kemudian akan diarahkan pada menu Setting, pada bagian Network & Internet pilih tab Wi-Fi. Pada Related settings yang berada di sebelah kanan klik Change adapter options.

cara mengetahui password wifi di laptop yang belum pernah terkoneksi

3. Nantinya akan diarahkan pada popup menu Netwok Connection. Klik ikon komputer dan jaringan dengan indikator warna hijau bertuliskan Wi-Fi.

cara melihat password wifi speedy di komputer

4. Kemudian akan muncul lagi popup Wi-Fi Status, pada bagian General klik tombol Wireless properties, kemudian akan muncul popup lagi [Nama Wifi] Wireless Network Properties dan klik tab Security. Langkah terakhir untuk melihat password wifi laptop yaitu dengan mengklik ceklis Show character, maka password akan terlihat pada kolom Network Security Key.

cara melihat password lan di komputer

Bagaimana? Tidak sulit bukan mengetahui kata sandi atau password Wi-Fi pada laptop atau komputer. Jika ada pertanyaan atau kamu memiliki cara lain mengenai hal ini bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawha ini.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here