Cara Kompres Ukuran File PDF Online

cara kompres pdf online

Saat membuat file dokumen dalam format PDF kadang kala ukurannya cukup besar meski sudah memilih kualitas terendah. Tapi untung saja sekarang ada cara kompres PDF online, jadi ukurannya bisa kita perkecil lagi.

Biasanya yang sedang kuliah atau kerja akan sering menjumpai file dokumen dalam format PDF. Untuk ukuran atau size-nya pun beragam, tergantung isi dokumennya. Biasanya jika banyak gambar dalam dokumen PDF maka ukurannya akan lebih besar.

Masalahnya adalah kita sering menjumpai pembatasan ukuran file PDF saat akan mengunggah file persyaratan ke suatu situs. Semisal seperti mendaftar kerja atau tugas kuliah. Jika kasusnya seperti itu maka kita perlu mengompres File PDF agar ukurannya sesuai dengan keinginkan.

Karena saat ukuran file PDF tidak sesuai dengan batas maksimum, maka sistem pada website akan menolak untuk mengunggah berkas PDF tersebut. Maka tidak ada solusi lain selain dengan memperkecil atau mengompres ukuran file PDF tersebut.

Cara Kompres File PDF Online

Saat ini ada banyak website yang menyediakan layanan kompres PDF secara online yang gratis kita gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF.

Cara kompres PDF secara online lewat website lebih mudah, karena kita tidak perlu memasang aplikasi tambahan, cukup lewat browser. Bahkan kita bisa melakukannya kurang dari dua menit!

1. Duplichecker

kompres pdf online gratis

Duplichecker adalah satu website yang menyediakan layanan untuk mengurangi ukuran file PDF, bahkan mengklaim bisa tetap mempertahankan kualitas aslinya setelah kita kompres. Ini memungkinkan kita mengecilkan ukuran file PDF di bawah 100 kb dengan cepat.

Berikut cara mengecilkan file PDF lewat Duplichecker:

  1. Untuk memperkecil PDF, pertama buka website duplichecker.com
  2. Ketik Compress PDF pada kolom pencarian, lalu klik
  3. Selanjutnya kita unggah file PDF yang akan kita kompres dengan menekan tombol Upload atau geser file ke laman web
  4. Setelah dokumen PDF berhasil terunggah 100%, klik tombol Compress PDF
  5. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai, nantinya akan dialihkan ke laman download
  6. Setelah muncul keterangan file PDF berhasil terkompres, selanjutnya klik tombol Download
  7. Selesai

Website ini mampu membuat ukuran PDF menjadi lebih kecil dengan alat kompres yang mereka miliki. Menariknya kita bisa menggunakan layanan ini secara gratis tanpa biaya.

Terkait kualitas PDF setelah terkompres, kualitas teks dan gambarnya tidak berubah. Bahkan website ini mengklaim mampu memperkecil ukuran PDF yang besar dan mengurangi ukurannya hingga 100KB.

Meski gratis, namun website ini menjamin keamanan dan perlindungan pada file PDF yang kita unggah, sistem website akan menghapus file secara otomatis setelah waktu tertentu.

Karena layanannya bersifat online, maka kita bisa mengompres PDF di website ini pada perangkat apapun hentah itu Windows, Android, atau iOS lewat browser.

Ingin mengubah isi dokumen PDF yang telah ada? Kita bisa melakukannya dengan mudah, berikut Cara Mengedit File PDF dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word.

2. Tools pdf24

kompres pdf online terbaik

Untuk mengompres file PDF kita juga bisa menggunakan layanan dari Tools pdf24. Tampilan yang sederhana memudahkan kita pada saat memperkecil ukuran file PDF. Hanya beberapa langkah saja kita bisa kompres PDF sesuai keinginan.

Untuk kompres PDF sesuai ukuran yang diinginkan pertama kita hanya perlu mengunggah file PDF ke website PDF24.org dengan klik tombol Choose Files. Setelah file berhasil terunggah, jika perlu silahkan atur dot per inch dan image quality, lalu klik tombol Compress.

Selanjutnya tinggal tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Nantinya kita bisa lihat berapa persen ukuran PDF yang bisa dikompres website. Untuk mengunduhnya silahkan klik tombol Download.

Website ini mengklaim bisa mengkompres ukuran dokumen PDF dengan hasil yang sempurna, baik itu dokumen PDF yang banyak gambarnya atau hanya teks saja. Terkait keamanan file, sistem pada website memungkinkan menghapus file PDF pada server secara otomatis.

3. Smallpdf

kompres ukuran pdf online

Cara kompres PDF online selanjutnya yaitu menggunakan layanan dari website Smallpdf.com, yaitu salah satu website kompres PDF online terbaik yang sudah ada sejak lama.

Untuk mengecilkan ukuran file PDF kita hanya perlu mengunjungi website smallpdf.com, pilih menu Compress. Selanjutnya pilih file PD yang akan kita kompres dan kecilkan ukurannya dengan klik tombol Choose File. Lalu tunggu beberapa saat.

Langkah berikutnya kita akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu Basic Compression untuk mengecilkan ukuran file PDF hingga 40% dan Strong Compression untuk mengecilkan hingga 75%. Untuk Strong Compression merupakan layanan berbayar, jadi bisa pilih Basic Compression, lalu klik tombol Compress. Selanjutnya tinggal Download.

Ada sedikit tips untuk kompres PDF sesuai ukuran yang kita inginkan, yaitu dengan mengulang opsi Basic Compression sebanyak 2 kali atau hingga file PDF terkompres sampai ukuran yang kita inginkan ( 100KB, 200KB, 500KB, dst).

4. ILovePDF

kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan

Mengecilkan ukuran PDF bisa juga menggunakan layanan dari website lovepdf.com. Website ini menyediakan berbagai layanan pengelolaan dokumen PDF, mulai dari menggabungkan, konversi, hingga unlock dokumen PDF. Salah satu fitur unggulannya adalah kompres ukuran PDF online.

Untuk cara kompres PDF online di ILovePDF hampir sama dengan website sebelumnya. Pertama kita kunjungi websitenya, pilih menu Compress PDF, klik Select PDF file untuk memilih PDF yang akan kita kompres. Selanjutnya klik Compress PDF untuk melanjutkan.

Setelah itu akan tampil berapa persen ukuran file PDF yang bisa terkompres sistem website, kita bisa melihat perbandingan ukuran PDF sebelum dan sesudah dikompres. Untuk menyimpan klik tombol Download compressed PDF.

5. PDF Compressor

cara kompres pdf sesuai keinginan

Seperti namanya pdfcompressor.com, layanan utama dari website ini adalah mengompres ukuran file PDF. Cara kompres PDF-nya cukup sederhana, meski begitu website ini mampu kompres PDF hingga ukuran maksimal tanpa merubah piksel atau kerapatan titik-titik gambar.

Untuk kompres PDF di PDF Compressor cukup mudah, setelah mengunjungi websitenya klik Upload file untuk memilih file PDF yang kita inginkan. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Langkah selanjutnya tinggal klik Download untuk menyimpannya.

6. Free PDF Convert

cara mengecilkan file pdf menjadi 200kb

Selanjutnya kita juga bisa menggunakan layanan dari website freepdfconvert.com untuk memperkecil ukuran dokumen PDF. Tidak jauh berbeda dengan website layanan kompres PDF lainnya, website ini menyediakan layanan untuk mengecilkan ukuran PDF dengan mudah, cepat, dan gratis secara online.

Caranya pun tidak jauh berbeda. Setelah mengunjungi websitenya, klik tombol Choose file untuk memilih PDF mana yang akan kita perkecil ukurannya, lalu pilih opsi Compress, selanjutnya bisa pilih salah satu opsi Extreme compression, Good compression, dan Custom compression. Terus klik tombol Compress PDF.

Setelah itu akan tampil pratinjau dari dokumen PDF yang kita kompres, akan ada informasi berapa persen yang berhasil terkompres dan ukuran sebelum dan sesudah file terkompres. Bisa langsung klik Download untuk menyimpan.

Mengapa Mengompres PDF Itu Penting?

Tentu bukan tanpa alasan kenapa kita harus mengompres ukuran PDF. Nah, berikut beberapa alasan kenapa penting sekali mengompres ukuran file PDF:

1. Kirim PDF lewat email jadi lebih cepat

Kirim dokumen PDF dengan ukuran besar lewat email akan memakan banyak waktu. Terlebih jika harus mengirim banyak file secara bersamaan, tentu ini akan membosankan menunggu semua file berhasil terunggah.

Nah, File PDF yang berukuran lebih kecil selain akan lebih cepat dikirim lewat email, juga akan mudah diakses oleh penerimanya. Hal ini akan menghemat banyak waktu dalam proses berkirim file PDF lewat email.

2. Download lebih cepat

Selain akan memakan banyak waktu saat mengunggahnya, file PDF yang berukuran besar juga akan memakan waktu lebih lama saat kita download.

Untuk itu, jika kita membuat dokumen PDF dengan jumlah halaman yang cukup banyak, maka sebaiknya mengompres dokumen PDF tersebut terlebih dahulu agar ukurannya kecil. Dengan begitu proses unggah dan download file akan lebih cepat dan mudah.

3. Kolaborasi terorganisir dengan baik

Dengan ukuran PDF yang lebih kecil akan memudahkan kita saat mengirim dan menerima dokumen PDF. Rekan kerja akan mudah mengakses, meninjau dengan cepat, dan mengirimnya kembali. Dengan begitu kolaborasi dengan semua pihak akan berjalan dengan lancar.

Terlebih saat ini ponsel pintar sudah mendukung untuk membuka file PDF, dengan ukuran file yang telah terkompres maka mengakses PDF akan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mengunduh dan melihatnya.

4. Efisiensi ruang penyimpanan

File yang telah terkompres akan menggunakan lebih sedikit ruang penyimpanan. Dengan begitu kita juga akan lebih mudah membuat arsip dokumen. Pada beberapa kasus, arsip dokumen akan membantu kita menghemat waktu.

Demikian pembahasan mengenai cara kompres file dokumen PDF secara online dan beberapa manfaat file PDF yang telah terkompres. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here