Cara Mengedit File PDF dengan Mudah Menggunakan Microsoft Word

0
Cara Mengedit File PDF
Cara Mengedit File PDF

Format dokumen dengan PDF kini banyak digunakan sebagai standar dokumen yang aman. Dengan mengubah format dokumen ke PDF akan membuat isi dokumen menjadi aman dari perubahan ketika dikirim melalui email atau pun penyimpanan online. Juga file format PDF memiliki fitur pengaman dengan password sampai tiga laTupis, agar dokumen hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja.

Kata PDF singkatan dari Portable Document Format, format PDF juga sering digunakan oleh para penerbit online berupa buku, majalah atau tulisan apapun dalam bentuk digital yang biasa disebut e-book.

Yang membuat format file PDF banyak digunakan adalah kebebasan lisensi atas pembuatan aplikasi, penggunaan aplikasi, pembuatan dokumen, membaca dokumen atau pun mengedit dokumen. Artinya pengguna yang memanfaatkan format ini tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Juga sampai saat ini belum ada extensi file lain yang bisa menandingi format dokumen ini.

Namun banyak pengguna yang mengalami kesulitan ketika ingin melakukan modifikasi file PDF. Nah artikel kali ini akan membahas tentang cara mengedit file PDF dengan mudah. Dengan mengedit dokumen PDF anda bisa dengan mudah mengedit kata yang salah, menambahkan kata-kata yang kurang, menambah gambar atau bisa juga menambahkan grafik.

Cara Mudah Mengedit File PDF

Harus diketahui meski lisensi untuk format PDF digratiskan, namun untuk aplikasi/software yang bisa digunakan untuk mengedit dokumen PDF tidak semuanya gratis, beberapa ada yang berbayar dari murah sampai ada yang malah. Juga kebanyakan software yang gratis hanya memiliki fitur yang hanya bisa menambahkan fitur comment, bukan mengubahnya. Namun comment akan tetap tersimpan pada dokumen yang ditambahkan comment.

Namun tidak perlu khawatir, sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk edit file PDF, yaitu melalui aplikasi tambahan dan melalui website penyedia modif file PDF online.

Baca Juga :  Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Cara Mudah Edit File PDF dengan Microsoft Word

Melakukan pengeditan dokumen PDF bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan aplikasi Microsoft Office terbaru. Selain bisa membuka file format PDF dan melakukan pengediatan isi dokumen, anda juga bisa melakukan save dokumen dalam format .docx atau pun .pdf.

Sebelum melakukan pengeditan isi dokumen, terlebih dahulu anda harus merubahnya dalam format word. Untuk caranya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama siapkan file PDF yang akan anda edit. Dokumen dalam format .pdf biasanya didapat dari internet,baik itu berupa makalah, modul, thesis, maupun materi kuliah.
  • Buka dokumen PDF yang di inginkan dengan cara klik Open dari Microsoft Word, pada tab FILE pada atas kanan. Atau bisa juga dengan menggunkan short cut CTRL+O.

Buka dokumen PDF dengan Microsoft Word

 

  • Pada menu Computer, pilih menu Browse untuk membuka dokumen PDF yang ingin anda edit. Dan lakukan pencarian dokumen yang dimaksud, biasanya jika file hasil download akan berada didalam folder Downloads.

Pencarian File PDF Microsoft Word

  • Setelah menemukannya, pilih dengan cara klik pada dokumen, dan pilih Open.
  • Biasanya akan muncil notifikasi bahwa Microsoft Word akan melakukan convert dokumen, klik saja OK.

Notifikasi Edit PDF Microsoft Word

  • Selanjutnya anda hanya perlu menunggu beberapa saat untuk proses converting. Untuk waktu yang diperlukan proses ini tergantung ukuran file PDF yang ingin anda edit.
  • Setelah selesai proses converting, anda bisa mengedit isi dokumen dengan mudah.

Cara Mudah Edit PDF Online

Untuk melakukan edit PDF Online, anda harus mengunggah file yang akan diedit ke website yang menyedikan fitur edit file pdf secara online. Nah dibawah ini adalah daftar website yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengediatan dokumen pdf secara online.

  • Online PDF Editor – Sejda [https://www.sejda.com/pdf-editor]
  • Edit PDF – Editor PDF Gratis yang Dapat Digunakan di Browser [https://smallpdf.com/id/edit-pdf]
  • PDFescape – Free PDF Editor & Free PDF Form Filler [https://www.pdfescape.com/}
  • Free PDF Editor Online – Best Software to Edit PDF Files – Soda PDF [https://www.sodapdf.com/pdf-editor]
  • Edit PDF – Edit PDF files online – PDF2Go [https://www.pdf2go.com/edit-pdf]
Baca Juga :  Tahukah Kamu ? 10 Bahan Alami ini bisa Memutihkan Wajah dengan Cepat !

Caranya :

  1. Kunjungi salah satu website diatas,
  2. Kemudian unggah file pdf yang ingin anda edit isi dokumennya pada tombol upload.
  3. Tunggu proses unggah sampai selesai, lama tidaknya proses unggah file tergantung ukuran file pdf.
  4. Setelah selesai proses unggah, selanjutnya anda akan dialihkan ke halaman yang berisikan dokumen pdf yang diunggah untuk diedit.
Belajar untuk berbagi
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here