Cara Hapus File Duplikat di Android

Ruang penyimpanan besar tidak menjamin kamu bebas dari file duplikat. Coba cara ini untuk mengetahui seberapa banyak file duplikat yang ada pada smartphone yang kamu gunakan saat ini.

0
Cara Hapus File Duplikat
Cara Hapus File Duplikat

Cara Hapus File Duplikat di Android РTiba-tiba smartphone mengalami memori penuh ? Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan penuhnya memori internal smartphone, bisa karena banyak menyimpan file berukuran besar, kapasitas memeri yang tidak banyak, file sampah yang menumpuk dan kasus yang banyak terjadi adalah banyak duplikat file .

Duplikat file banyak penyebabnya, namun yang paling sering terjadi pada aplikasi Whatsapp. Khususnya untuk orang yang memiliki akun Whatsapp dengan jumlah group yang banyak, sehingga kiriman dari setiap anggota group seperti foto, video, audio dan dokumen akan tersimpan di penyimpanan smartphone dan akan terus menumpuk hingga menyebabkan memori hp jadi penuh.

Jika penyebabnya karena aplikasi Whatsapp, sebetulnya bisa di atasi dengan Cara Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan ke Galeri. Namun penyebab duplikasi file tidak hanya disebabkan oleh satu aplikasi saja, beberapa aplikasi pada ponsel bisa menyebabkan hal yang sama.

Namun tidak perlu khawatir, untuk menghapus file ganda bisa diatasi dengan mudah, ada beberapa aplikasi yang memiliki fitur yang bisa mengidentifikasi gambar, video, audio, dan dokumen yang duplikat(ganda), dan bisa langsung menghapusnya dari smartphone.

Meski smartphone keluaran terbaru seperti seperti Huawei Nova 3i, Honor 10 OPPO Find X, dan Xiaomi Mi A2 memiliki penyimpanan yang cukup besar, namun jika ada file ganda dalam jumlah besar tentu akan mempercepat memori internal cepat penuh.

Langsung saja ke cara menentukan file duplikat pada smartphone android, yaitu dengan bantuan aplikasi Duplicate File Remover. Untuk pembahasan mengenai penggunaan aplikasi ini bisa mengikuti langkah Рlangkah berikut.

Cara Hapus File Duplikat Double Ganda di Android

  • Pertama instal aplikasi¬†Duplicate File Remover dengan mengunduhnya langsung di Google Play Store.
  • Buka dan jalankan aplikasi, kemudian berikan izin membaca stroge atau penyimpanan agar aplikasi bisa memindai semua file yang ada pada smartphone.
Baca Juga :  [Lekap] Cara Unreg kartu 3(Tri), Telkomsel, XL/AXIS, Indosat dan Smartfren

Cara Hapus File Gambar Video Audio dan Dokumen Duplikat

  • Kemudian pilih salah satu jenis file yang akan dihapus, kamu akan menjumpai video, audio, gambar dan dokumen.

File Duplikat Video Dokumen dan FIle lainnya

  • Setelah proses scanning file selesai 100%, maka duplikat file akan muncul, kamu bisa tahu file mana saja yang mengalami duplikat.
  • Selanjutnya kamu tinggal memilih file mana yang akan dihapus, atau bisa juga menghapus semua filenya, baik file yang asli mapun yang duplikat.
  • Untuk membersihkan secara keseluruhan, kamu bisa lakukan pada semua jenis file lainnya.
  • Selesai.

Caranya cukup mudah bukan ? Cara Hapus file duplikat ini sangat berguna untuk smartphone dengan penyimpanan memori internal yang kecil. Maka untuk mengatasi memori penuh harus melakukannya secara rutin, misalkan satu bulan sekali.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan membantu mengatasi masalah file double, duplikat ataupun ganda yang tidak diketahui penyebabnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here