Cara Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Galeri

0
Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Galeri
Agar Foto Whatsapp Tidak Tersimpan Galeri

Saat ini jumlah pengguna Whatsapp semakin banyak dan semakin populer digunakan banyak kalangan, bahkan pembaca artikel ini pun sudah pasti menggunakannya untuk alat komunikasi bukan? Nah sesuai judul diatas, kali ini Saung Net akan membahas mengenai cara agar foto, video, audio maupun dokumen di aplikasi Whatsapp tidak tersimpan otomatis ke galeri.

Seperti yang penulis alami, ketika akun Whatsapp kita bergabung dengan banyak group dengan jumlah anggota yang banyak pula, tentu banyak anggota yang berbagi foto, gambar dan video dalam percakapannya. Baik itu gambar meme, gif lucu, video berita, video viral, atau kadang ada saja yang mengirim gambar atau video yang tidak senonoh, dan parahnya itu tersimpan otomatis di galari smartphone kita.

Masalah yang ditimbulkan selain karena akan membuat penuh penyimpanan smartphone dan boros penggunaan kuota data internet, juga kadang membuat kita malu ketika orang lain tahu kalau ada gambar atau video yang tidak senonoh tersimpan pada galeri.

Lalu bagaimana solusinya ?

Tips Agar Foto dan Video WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis ke Galeri

Cara paling ampuh untuk mengatasi foto atau video yang tersimpan otomatis ke galeri adalah dengan melakukan pengaturan pada setelan bawaan aplikasi, juga mengganti nama folder pada penyimpanan aplikasi Whatsapp, nah untuk lebih jelasnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pengaturan Whatsapp Agar tidak Menyimpan Otomatis Foto atau Video ke Galeri

Dengan melakukan pengaturan ini, maka aplikasi Whatsapp tidak akan lagi melakukan download otomatis terhadap foto atau video yang dikirim orang lain baik itu melalui chat maupun percakapan didalam group.

Baca Juga :  Begini Cara Aktifkan Tema Gelap di YouTube Android
Pengaturan Whatsapp Unduh otomatis media
Pengaturan Whatsapp Unduh otomatis media
  1. Pertama jalankan aplikasi Whatsapp, selanjutnya masuk ke menu Setelan dengan tap icon (titik tiga) pada atas kanan layar.
  2. Selanjutnya masuk ke menu Penggunaan data dan penyimpanan.
  3. Pada bagian Unduh otomatis media ada tiga pilihan menu : pilih Saat menggunakan data seluler dan hilangkan semua ceklis pada Foto, Audio, Video dan Dokumen. Lakukan juga pada Saat tersambung ke WI-FI.

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, maka proses download foto dan video pada whatsapp harus melalui mederasi manual, pengguna harus mengkonfirmasi satu persatu setiap dokumen yang diterima untuk didownload.

Nah selanjutnya adalah cara bagaimana agar foto dan video yang diunduh tidak muncul di galeri hp, berikut adalah langkah-langkahnya.

Agar Foto Whatsapp tidak Muncul di Galeri

  1. Buka aplikasi File Manager/Berkas, masuk ke Penyimpanan bersama internal.
  2. Cari folder WhatsApp yang berada pada posisi paling bawah, kemudian klik dan akan menjumapi 2 folder, pilih folder Media.
  3. Kemudian pilih folder WhatsApp Images dan ganti nama menjadi .nomedia . Untuk jelasnya bisa melihat tangkapan layar dibawah ini.
Agar Foto Whatsapp tidak Muncul di Galeri
Agar Foto Whatsapp tidak Muncul di Galeri

Bagaimana ? Cukup mudah bukan caranya ? Apalagi disertai dengan gambar hasil tangkapan layar, tentu akan memudahkan anda memahami langkah-langkah diatas, ya walapun tulisannya masih terbilang amuradul.//maaf

Motode cara menonaktifkan auto-save foto, video, audio dan dokumen WhatsApp diatas bisa dipraktikan pada aplikasi Whatsapp yang terinstal pada perangkat iPhone, Samsung, Xiaomi, OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Vivo, dan lainnya.

Dengan cara diatas, gambar, video ataupun file lainnya yang masuk di Whatsapp tidak akan terunduh otomatis lagi. Kecuali dengan melakukannya secara manual, yaitu dengan menyentuh satu persatu setiap file yang ingin yang diunduh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here