Cara Cek IMEI iPhone

0
IMEI Iphone

Salah satu cara untuk mengetahui iPhone yang akan dibeli atau yang sedang digunakan sekarang merupakan barang asli atau replika adalah dengan melakukan cek IMEI iPhone tersebut.

Saat ini banyak beredar berbagai merek smartphone ilegal hasil rekondisi yang dijual di pasaran, salah satunya smartphone buatan Apple. Maka Anda harus tahu cara cek IMEI iPhone resmi atau bukan, dengan begitu Anda bisa cek keaslian iPhone.

Perlu diketahui cara cek IMEI iPhone pada setiap seri hampir sama, baik itu pada iPhone XS, iPhone X, iPhone 8, iPhone 7, iPhone 6, iPhone 5, iPhone 3G, iPhone 4 dan lainnya.

Semua orang pasti menginginkan iPhone yang dimilikinya merupakan produk ori dan legal yang diproduksi langsung oleh Apple. Untuk itu Anda harus cek keaslian iPhone dengan cek IMEI.

Mau berbagi jaringan internet kepada orang lain di iPhone, Berikut Cara Setting Personal Hotspot pada iPhone dan iPad.

Sebagai informasi tambahan, IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity berupa serial number yang terdiri dari 15 digit angka. IMEI/ MEID akan memudahkan kita dalam mengetahui sistem operasi, pembuat, model, hardware dan berbagai informasi lain terkait Perangkat.

Meski cara mengecek serial number iPhone mudah dilakukan, namun masih banyak orang yang belum tahu cara melakukannya. Untuk itu, Saung Net akan membahas beberapa cara untuk cek IMEI iPhone asli. Simak ya.

Pada Belakang Body iPhone

cek imei iphone resmi

Anda bisa mengecek IMEI iPhone dengan cepat tanpa harus menghidupkan iPhone terlebih dahulu, khususnya untuk seri iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE, iPhone 5s, iPhone 5c, dan iPhone 5, karena nomor IMEI ada pada bagian belakang body.

Jadi untuk melihat IMEI iPhone Anda cukup balik ponsel Anda, lalu perhatikan pada belakang body bagian bawah, Anda bisa menjumpai nomor IMEI. Jika pada iPad Pro, iPad, atau iPod touch, hanya tertera nomor seri.

Baca juga Cara Log Out Gmail di iPhone dan iPad untuk Anda yang masih kebingungan melakukan log out akun Gmail di iPhone atau iPad.

Box iPhone

cek imei iphone online

Jika tidak ditemukan pada bagian body, Anda juda bisa cek kode IMEI iPhone pada belakang box bagian bawah iPhone. Selain itu Anda juga bisa menjumpai informasi lainnya seperti serial iPhone, Model dll.

Jadi, jika box iPhone Anda masih ada, maka bisa memeriksa box tersebut pada bagian belakangnya.

Tray SIM

cek imei iphone 7

Belum tahu apa itu Tray SIM?

Tray SIM adalah tempat penyimpanan kartu SIM. Pada ponsel buatan Apple, nomor seri iPhone atau IMEI juga disematkan pada Tray SIM. Tujuannya untuk memudahkan penggunanya.

Selain, cara cek iPhone asli atau bukan bisa dengan menyamakan nomor IMEI pada box dan pada Tray SIM.

Pengaturan iPhone

cek serial number iphone

Untuk memastikan Anda menggunakan Iphone ori atau asli, maka Anda bisa cek nomor IMEI iPhone lewat menu Pengaturan. Jika belum tahu, maka bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan > Umum > Mengenai.
  2. Lalu akan muncul beberapa informasi seperti nomor seri perangkat Anda. Untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID Anda harus menggulir ke bagian bawa.
  3. Jika ingin menyalin nomor IMEI, Anda cukup menekannya beberapa saat, maka otomatis akan tersalin.

Baca juga Cara Menghapus Banyak Kontak di iPhone.

Menggunakan Kode

cek imei iphone di web apple

Cara cek dengan cara ini cukup mudah dilakukan. Kita bisa mengetahui nomor IMEI hanya dengan menekan beberapa digit kode.

Untuk melakukannya, Anda harus masuk ke menu Panggilan atau dial, lalu ketikan *#06#, lalu informasi mengenai ponsel iPhone Anda akan muncul. Cara ini juga bisa dilakukan pada smartphone merek lain.

Lewat Aplikasi iTunes

cek imei iphone apple

Seperti yang kita tahu, iTunes merupakan aplikasi untuk memutar dan mengisi lagu di iPhone. Selain itu, pada iTunes juga akan menampilkan informasi terkait perangkat Apple yang sedang kita gunakan, termasuk terdapat informasi kode IMEI.

Cara cek IMEI iPhone lewat aplikasi iTunes:

  1. Sambungkan iPhone ke PC yang sudah terpasang aplikasi iTunes.
  2. Tunggu beberapa saat sampai perangkat terdeteksi, atau bisa langsung jalankan iTunes jika tidak terdeteksi otomatis.
  3. Temukan perangkat Anda, lalu klik tan Ringkasan untuk melihat informasi terkait perangkat Anda.
  4. Untuk iPhone, klik Nomor Telepon untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID. Khusus untuk Untuk iPad (model seluler), klik Nomor Seri untuk menemukan CDN, IMEI/MEID, dan ICCID.

Bagaimana?

Beberapa cara cek IMEI iPhone di atas bisa dipraktikan pada semua seri iPhone. Sekarang Anda sudah tahu IMEI iPhone yang digunakan sekarang.

Cara mengetahui dan mengecek iPhone asli atau palsu adalah dengan memastikan semua IMEI yang tertera pada semua bagian yang telah dibahas diatas sama. Jika ada yang berbeda, maka ada kemungkinan iPhone Anda palsu atau hasil rekondisi.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here