Cara Ampuh Mengatasi Instagram Yang Tidak Bisa Follow Orang Lain

instagram tidak bisa di followinstagram tidak bisa di follow

Menggunakan sosial media memang harus bijak dan tidak berlebihan. Apabila aktifitas anda berlebihan tentu akan mendapatkan timbal balik yang buruk dari pihak aplikasi, misalnya pada Facebook jika terlalu sering melakukan posting atau berlebihan dalam memiliki teman maka dari pihak Facebook akan dilakukan blokir karena aktifitas berlebihan anda. Hal ini juga berlaku bagi aplikasi yang satu naungan dengan Facebook yaitu Instagram.

Jika anda terlalu sering melakukan follow pada user lain, membuat komentar berlebih, hashtag berlebih dan hal lain yang berlebihan akan menimbulkan blokir dari pihak Instagram.

Khusus kali ini kami akan membahas follow berlebihan di Instagram menimbulkan blokir pada akun anda sendiri sehingga hal ini juga akan mengganggu dan merugikan anda, apalagi jika anda seorang pelaku bisnis online lewat media Instagram. Kami ulas dalam beberapa poin berikut ini.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Follow Orang Lain

Seperti pada pembahasan awal ada beberapa penyebab Instagram anda tidak bisa follow orang lain / teman. Jika hal ini terjadi maka dari pihak Instagram akan memberi pesan seperti “tindakan ini diblokir coba lagi nanti”, “anda diblokir untuk sementara waktu instagram”, “No users found”, “Action not allowed”, atau “The maximum number of requests per hour has been exceeded”. Pesan error ini sebagian besar dikarenakan kesalahan pengguna itu sendiri dan bukan bug atau error dari aplikasi. Ada beberapa penyebab Instagram anda tidak bisa follow orang lain, perhatikan poin berikut.

1. Batas Maksimum Follow User Telah Dilewati

Instagram memiliki kebijakan jika 7500 akun telah anda follow, maka anda sudah tidak bisa melakukan follow lagi. Hal ini memang batasan yang telah ditetapkan oleh pihak Instagram sama seperti pada Facebook.

2. Terlalu Sering Melakukan Follow dalam Satu Waktu

Aktivitas follow yang tidak normal juga dapat berdampak Instagram melakukan tindakan anda sehingga anda tidak dapat follow orang lain di lain waktu. Jika sehari anda melakukan follow 100 akun, maka dipastikan anda akan diberi tindakan untuk tidak dapat follow di kemudian hari.

3. Menekan Tombol Like Terlalu Sering

Menekan like sering pada postingan Instagram orang lain (misal 1 jam 1000 kali like) juga akan berdampak bukan hanya tidak dapat follow, namun tidak bisa like, komentar dan memberi hashtag. Tindakan ini akan diberikan Instagram kepada anda jika aktifitas ini dilakukan berlebihan.

4. Berkomentar Berlebihan dan Tidak Sopan

Komentar berlebihan atau tidak sopan akan mengakibatkan anda dilaporkan akun lain (report) sehingga bisa saja pihak Instagram memberi tindakan kepada anda, salah satunya dengan membuat anda tidak bisa follow orang lain.

Tips Mengatasi Instagram Tidak Bisa Follow Orang Lain

1. Unfollow Teman Yang Tidak Aktif

Akun teman yang tidak aktif, akun palsu, atau akun yang tidak jelas keberadaan bisa dilakukan unfollow untuk mengurangi jumlah batas maksimum follow anda di Instagram. Namun perlu diingat melakukan unfollow juga jangan berlebihan, yakni kurang dari 20 akun setiap jam.

2. Jika Terkena Block, Tunggu 48 Jam

Apabila karena report orang lain anda terkena block dari Instagram, tunggu waktu hingga 48 jam sampai anda dapat melakukan follow kembali.

3. Minta Bantuan Pihak Instagram

Jika anda bingung harus apa untuk mengatasi tidak bisa follow orang lain di Instagram ini, tanyakan langsung pada pihak Instagram mengenai masalah ini jika anda tidak merasa melanggar aturan apapun dari pihak Instagram.

4. Ganti Kartu SIM Anda atau Nomor

Metode ini didasari dari beberapa pengalaman orang – orang tertentu saja. Ganti kartu SIM anda agar Instagram normal kembali dan dapat melakukan follow orang lain, lakukan pergantian operator mainstream Indonesia (Telkomsel, XL, AXIS, Indosat) pada kartu SIM jika dimungkinkan.

5. Paksa Berhenti dan Hapus Data Instagram

Jika memang masalah ada pada aplikasi, anda dapat melakukan tindakan menutup dan menghapus Instagram selama beberapa saat untuk kemudian dibuka kembali seperti biasa. Hal ini ditujukan agar data sementara dari Instagram terhapus dan Instagram dapat berjalan normal. Cara melakukan tindakan ini adalah sebagai berikut.

Paksa Berhenti dan Hapus Data Instagram

  • Buka menu Setelan > Aplikasi & Notifikasi > Semua aplikasi > cari aplikasi Instagram > pilih Paksa Berhenti > kemudian masuk ke menu Penyimpanan > dan klik Hapus Data.
  • Kemudian buka kembali Instagram seperti biasa.

Keterangan: langkah-langkah diatas dipraktikan dengan ponsel pintar dengan sistem operasi Android Oreo 8.1.0. Jadi akan ada perbedaan tampilan menu pada versi Android lainnya, namun tidak akan jauh berbeda, hanya perlu sedikit penyesuaian.

Dengan cara diatas juga bisa mengatasi akun instagram diblokir sementara, atau akun instagram tidak bisa follow orang lain. Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, jangan berlebihan dan terlalu aktif menggunakan Instagram.

Atau jika memiliki pekerjaan atau hobi yang mengharuskan banyak aktif di Instagram, untuk menghindari block Instagram sebaiknya memiliki akun lebih dari satu, karena kini aplikasi Instagram mendukung hal tersebut, satu aplikasi bisa untuk beberapa akun.

Cara-cara di atas mungkin berhasil untuk anda atau tidak tergantung dari penyebab terjadinya error tidak bisa follow orang lain di Instagram. Solusi dari kami cukup mudah dipraktekan dan cepat, namun kami sarankan untuk melakukan segalanya bahkan di Instagram ini dengan bijak dan tidak berlebihan karena segalanya ada konsekuensinya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here