Berikut Spesifikasi Minimum Laptop/ PC untuk Dota 2

0
dota 2 logo

Masih banyak di antara kita yang belum mengetahui spesifikasi laptop atau PC untuk memainkan Dota 2. Jika kita asal install, tanpa mengetahui Spesifikasi Dota 2 minimumnya berapa maka game tidak bisa dimainkan secara maksimal, sering “LAG” atau macet-macetan.

Penyebab game tidak bisa dimainkan secara masimal umumnya karena spesifikasi laptop yang tidak mendukung atau tidak memenuhi spesifikasi minimum Dota 2.

Game Dota 2 sendiri adalah permainan multiplayer yang domainkan secara daring pada battle arena, merupakan sekuel dari Defense of the Ancients pada Warcraft 3 : Reign of Chaos dan Warcraft 3 : The Frozen Throne.

Dota 2 dikembangkan oleh Valve Corporation, sejak dirilis pada juli 2013 Dota 2 bisa dimainkan oleh siapa saja secara gratis pada berbagai platform seperti Microsoft Windows, OS X and Linux.

Spesifikasi Minimum Laptop untuk Memainkan Dota 2

Spec minimum untuk memainkan game Dota 2 dengan lancar:

  • OS : Windows 7
  • Memory: 4 GB RAM
  • Processor : Dual core from intel or AMD at 2.8 GHz
  • Sound Card: DirectX Compatible
  • Graphics: nVidia GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600
  • Hard Drive: 8 GB available space
  • Network: Broadband Internet Connection
  • DirectX: Version 9.0c

Selain spek laptop untuk Dota 2 yang harus memadai, kita juga harus memperhatikan masalah koneksi internet. Karena masalah internet yang tidak stabil akan mengganggu keterhubungan game dengan server.

Jadi untuk memainkan game Dota 2 lebih disarankan menggunakan jaringan internet yang stabil seperti di i-Cafe. Dan tidak disarankan menggunakan jaringan internet mobile atau wireles GSM/ CDMA, meskipun sudah mendukung 4G.

Karena koneksinya tidak stabil, tergantung performa BTS. Apalagi untuk yang tinggal di daerah yang pada penduduk, akan membuat kemungkinan lost conection atau terpental dari in-game semakin besar.

Kembali ke pembahasan mengenai Spec Dota 2, banyak gamer yang mengeluhkan gangguan performa berupa ramerate drop / FPS drop yang signifikan. Meski sebelumnya sudah di setek se-minimal mungkin, namun hasilnya tetap sama.

Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh kondisi hardware dalam laptop yang terkena panas akibat bermain terlalu lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, pertama kita harus menggunakan cooling pada atau usahakan bermain pada rungan dengan suhu minimal 22 derajat. Kedua, jangan terlalu memaksakan kualitas grafis karena memaksakan kinerja hardware laptop. Direkomendasikan menggunakan setelan FPS 50.

Bagaimana?

Sekian pembahasan mengenai Spesifikasi Dota 2 supaya bisa dimainkan dengan lancar. Gunakan perangkat laptop atau PC yang memiliki spesifikasi minimal seperti yang dijelaskan di atas.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here