Youtube Go: Aplikasi Nonton Youtube Hemat Kuota

0
Youtube Go Aplikasi Nonton Youtube Hemat Kuota
(pixabay)

Semua orang pasti tahu bahwa Youtube merupakan situs nonton video yang paling populer saat ini. Tampilan situs yang simpel, mudah diakses, dan banyak video menarik yang bisa ditonton, mungkin itu yang jadi kelebihan situs berbagi video milik Google ini.

Namun tahu kah Anda, bahwa kini pengguna smartphone adalah yang paling banyak mengakses Youtube melalui aplikasi. Ini sebabnya, banyak operator seluler seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL dan Tri menyediakan paket khusus untuk menonton video youtube.

Namun yang jadi kendala adalah jumlah kuota paket internet untuk nonton video kadang  terbatas, jadi kita harus pandai-pandai menghemat kuota. Jadi kita hanya bisa menonton video Youtube sesuai dengan kebutuhan saja.

Tapi ada solusinya, kini Google telah merilis aplikasi YouTube Go, yang bisa membantu Anda dalam mengatur pengguna kuota internet untuk menonton video. Dengan aplikasi ini Anda bisa menonton video meski jaringan tidak stabil, bahka meski tanpa jaringan internet. Kok bisa?

Youtube Go : Aplikasi Youtube Hemat Data

Aplikasi Youtube Go kini baru tersedia untuk smartphone dengan operasi sistem Android. Pengguna bisa memilih video Youtube yang akan ditontonnya, memilih ukuran file video dan mengunduhnya. Tenang, ini legal, karena aplikasi yang kita gunakan adalah buatan Google dan merupakan fitur bawaan aplikasi.

YouTube Go ditujukan untuk pengguna yang berada didaerah dengan kecepatan internet yang kurang baik dan tidak stabil. Namun fungsi utama YouTube Go sama dengan YouTube standar, yaitu untuk streaming video.

Yang membedakannya, YouTube Go memiliki fitur untuk menghemat paket data internet. Fitur menarik lainnya, YouTube Go bisa melakukan preview video dalam bentuk slideshow (seperti file presentasi), jadi pengguna bisa tahu seperti apa video yang akan ditontonnya.

Baca Juga :  Kenapa Status Whatsapp Teman Tidak Muncul ?ini Penyebabnya

Pengguna bisa mengunduh video melalui YouTube Go, dan menontonnya di lain waktu. Jadi penggua hanya perlu menggunakan data internet sekali saja. Pengguna juga bisa menentukan ukuran video yang akan diunduh, namun besar kecilnya ukuran berpengaruh terhadap kualitas resolusi video.

Cara Menggunakan YouTube Go untuk Nonton Video Irit Kuota

Cara Menggunakan YouTube Go

Tertarik menggunakan YouTube Go untuk menghemat penggunaan data internet ? Ikuti langkah-langkah berikut untuk cara penggunaannya.

  1. Pertama unduh dan instal aplikasi YouTube Go langsung dari Google Play Store, atau klik tombol berikut :
    YouTube Go
  2. Lakukan pencarian video yang ingin Anda tonton dan mendownloadnya sekaligus.
  3. Selanjutnya tentukan kualitas dan ukuran video yang akan Anda unduh. Pilih ukuran video yang sesuai dengan keinginan. Pertimbangkan ketika memilih kualitas video Basic Quality, Standard Quality dan High Quality dengan ukuran videonya.
  4. Sentuh tombol download . Dan tunggu beverapa saat sampai video berhasil di-download.
  5. Jika proses unduh selesai, untuk melihat videonya bisa masuk ke beranda aplikasi YouTube Go, dan masuk ke menu Download.
  6. Selanjutnya Anda bisa menonton video yang sudah diunduh tadi dengan lancar, tanpa terkendala oleh masalah buffering karena jaringan tidak stabil. Juga bisa menontonnya berulang-ulang tanpa kena kuota internet lagi. Jadi lebih hemat kuota.

Hebatnya lagi, YouTube Go memiliki fitur untuk membagikan video yang sudah berhasil diunduh ke ponsel lain dengan bantuan bluetooth,

Tips jika ingin lebih hemat kota lagi, Anda bisa mengunduh beberapa video YouTube yang ingin ditonton saat menggunakan jaringan WiFi. Misalkan, ketika berada di kantor, caffe, atau tempat lainnya yang memiliki jaringan internet gratis.

Sebetulnya, selain menggunakan aplikasi YouTube Go, untuk menghemat kuota saat menonton video Youtube bisa menggunakan browser seperti Opera, karena memiliki fitur yang bisa menghemat penggunaan data selama streaming video.

Belajar untuk berbagi
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here