Tips Bermain Mobile Legends Untuk Pemula yang Wajib Newbie Ketahui [Lengkap]

Panduan lengkap bermain Mobile Legends untuk pemula agar permainanya bagus dan bisa mengalahkan lawan dengan mudah.

0
Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula
Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

Game Mobile Legends merupakan game yang pas untuk mengisi waktu luang dan mengusir kejenuhan, karena permainan game ini tidak akan sulit dimainkan jika sudah mengerti beberapa aturan dan beberapa tips trik bermainnya. Bahkan untuk pemula sekali pun, akan mudah jadi pemenang jika bersungguh-sungguh belajar dan mengasah skill-nya.

Jalannya permainan dalam sekali pertandingan cukup singkat, kamu bisa mengasah konsentrasi, belajar strategi, belajar kerja sama team, melatih kesabaran dan banyak hal lainnya.

Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba memainkan game Mobile Legends, bisa membaca artikel ini sampai tuntas. Karena Saung Network berusaha membuat rangkuman berupa kumpulan tips dan trik bermain game Mobile Legends untuk pemula (Newbie atau Noob). Diharapkan pemain baru bisa dengan cepat masuk ke level profesional dalam bermain game MOBA yang satu ini.

Hal pertama yang penting ditanamkan diri pemain baru untuk bermain game Mobile Legend(*juga game apapun) adalah mengenai positive mental attitude, yang utama adalah mengenai bersikap dewasa, tidak egois, tenang, dan tidak terbawa nafsu. Karena inti dari bermain game adalah untuk hiburan, bukan untuk merusak mood apalagi sampai stress.

Belajar bersikap baik, bersabar jika teman satu team melakukan kesalahan, tidak mengeluarkan kata-kata kasar, dan belajar bermain profesional. Dengan begitu akan terbentuk kerja sama yang baik antar anggota tim dalam permainan, dan permainan bisa dimenangkan dengan mudah. Dan walaupun kalah tidak akan merasa kecewa atau merasa bersalah karena sudah melakukan yang terbaik.

Nah agar para player pemula Mobile Legends seperti kamu bisa segera naik level ke tinggat yang lebih tinggi, berikut adalah tips dan trik yang bisa jadi bahan referensi untuk meningkatkan skill dan pengetahuan kamu dalam bermain Mobile Legends secara maksimal.

Perhatikan Koneksi Internet

Banyak pemula yang tidak memperhatikan mengenai konteksi internet. Padahal tantangan utama dalam bermain game online strategi adalah jaringan internet yang stabil.

Sebelum memulai permainan, alahkan baiknya memeriksa jaringan internet yang akan kamu gunakan bermain game Mobile Legends, baik itu jajringan internet paket data maupun jaringan WI-FI.

Dengan koneksi internet yang stabil akan terhindar dari lag, karena kadang ketika keseringan terjadi lag bisa membuat kamu AFK(Away From Keyboard), tentu ini akan merepotkan teman dalam satu tim yang sedang fokus bermain.

Karena meninggalkan permainan yang sedang berlangsung merupakan tindakan yang cukup buruk, bahkan bisa merusak reputasi kamu dalam bermain game. Camkan itu!

Memahami Peran dan Karakter Tiap Hero

Game Mobile Legends merupakan game strategis yang memerlukan kerja sama tim. Setiap hero memiliki peran dan karakternya masing-masing, jika setiap hero dimainkan dengan secara maksimal sesuai kapasitas dan perannya, maka kemenangan tim akan mudah digapai.

Perlu diketahui bahwa hero dalam Mobile Legends dibagi menjadi 4 tipe, seperti Carry, Tank, Support, dan Jungler. Setiap hero memiliki peran penting untuk memenangkan permainan. Berikut penjelesannya.

  • Carry, merupakan hero yang memiliki peran sebagai damage dealer, hero ini memerlukan bantuan dari hero tipe support untuk membatunya membasmi lawan dengan cepat. Ciri dari carry adalah marksmen atau mage yang memiliki fokus ke damage yang besar.
  • Tank, memiliki peran sebagai inisiator dalam permainan, juga sebagai front line yang memiliki peran penting membantu carry menghadapi lawan. Tank juga harus siap menjadi hero yang paling banyak menerima damage dalam pertarungan. Yang terpenting jika kamu menggunakan hero tipe tank adalah harus bisa mengambil keputusan yang tepat dalam permainan.
  • Support, pertan utama dari hero tipe ini adalah berusaha menjaga carry agar bisa bertahan lebih lama dalam sebuah pertempuran. Peran support sangat penting, khususnya untuk pertaruangan yang cukup intens. Namun kadang peran support tidak begitu populer dan cenderung under rated, namun jangan anggap remeh peren support!
  • Jungler, berbeda dengan tipe hero lainnya, jungler jarang sekali bermain di lane, tapi banyak bermain di hutan. Pemain yang menggunakan hero tipe ini harus memahami peta sepenuhnya. Namun jungler juga tidak menutup kemungkinan bisa bertindak sebagai inisiator dalam gank atau counter gank.
Baca Juga :  [Lekap] Cara Unreg kartu 3(Tri), Telkomsel, XL/AXIS, Indosat dan Smartfren

Pertama Kuasai Satu Hero

Setelah memahami karakter dari setiap hero, untuk kamu yang pertama kali memainkan game Mobile Legends sebaiknya menguasai satu hero terlebih dahulu. Kamu harus memilih hero yang sekira cocok dan mudah untuk kamu kuasai.

Kamu bisa mencoba beberapa hero dalam mode khusus untuk belajar bermain dengan hero yang kamu pilih. Kamu bisa coba bermain dalam Custom Mode, didalamnya ada tiga mode tambahan, seperti Match Up, Brawl, dan Draft Pick. Nah pada mode Draft Pick kamu bisa mencoba semua hero gratis, dan pilih satu yang ingin kamu kuasai.

Setelah menguasai satu hero, kamu bisa mencoba hero Mobile Legends lainnya. Berikut beberapa hero yang menjadi rekomendasi untuk pemula, kategori hero yang mudah dipelajari.

  • Layla
  • Alucard
  • Tigreal
  • Eudora
  • Rafaela
  • Miya
  • Yun Zhao

Lakukan Upgrade Emblem

Dengan melakukan upgrade emblem pada Mobile Legends dapat meningkatkan kekuatan hero yang akan kamu gunakan. Semakin tinggi level emblem, tentu ini akan mempengaruhi terhadap kekuatan hero.

Namun kamu juga jangan sampai salah memilih emblem. Misalkan, jika kamu menggunakan Tigreal, maka akan berguna jika kamu menggunakan emblem Tank, yang tentunya bukan untuk magic atau fisik.

Belajar Mengatur Build Item

Setelah menguasai cara bermain dengan satu atau lebih hero, langkah selanjutnya adalah kamu harus belajar mengatur Build Item. Kamu menggunakan item apapun didalam permainan.

Pengaturan untuk build item bisa kamu jumpai pada menu Preparation > Gear.

Namun jika bingung memadukan build item yang cocok denga hero yang akan kamu gunakan, kamu mencontoh dari orang-orang yang sudah profesional bermain Mobile Legends, bisa melalui youtube atau website streaming lainnya.

Atau kamu bisa mengikuti pemilihan item bagi pemula berikut :

item untuk hero role tank
item untuk hero role tank
  • Jika kamu menggunakan hero role tank, maka gunakan item yang telah direkomendasikan, yaitu item durability. Maka hero kamu yang kamu gunakan akan tahan lama menerima serangan.
Baca Juga :  17 Shortcuts Keyboard Penting untuk pengguna Windows 10
item untuk hero role marksman
item untuk hero role marksman
  • Jika kamu menggunakan hero role marksman yang menggunakan basic attack seperti yang Layla, item yang direkomendasikan adalah DPS, Burst. Namun jika menggunakan hero clint yang sering menggunaka skill, maka bisa menggunakan item DPS, Durable.
item untuk hero role warrior
item untuk hero role warrior
  • Jika kamu menggunakan hero role warrior yang menggunakan basic attack seperti Zilong, item yang direkomendasikan adalah Burst. Sedangkan untuk warrior yang sering menggunakan skill seperti Alucard, maka bisa menggunakan item Burst juga.
item untuk hero role magic
item untuk hero role magic
  • Jika kamu menggunakan hero role magic, bisa memilih item Burst. Namun Jika kamu menggunakan hero role magic seperti Rafaela, bisa menggunakan item Disable dan Team Buff.
item untuk hero role assassin magic
item untuk hero role assassin magic
  • Jika kamu menggunakan hero role assassin magic seperti Karina, kamu bisa menggunakan item Burst. Namun jika kamu menggunakan assassin yang menggunakan physical damage seperti Hayabusa, makan gunakan item Burst juga.

Percepat Leveling Hero

Kunci kemenangan lainnya dalam sebuah permainan game strategi seperti Mobile Legends adalah level hero, karena ketika level hero yang kamu gunakan lebih tinggi dari level hero lawan maka akan dengan mudah mengalahkannya.

Tips melakukan leveling hero adalah dengan menghabisi minion, monster hutan, menggunakan spell retribution, dan membeli item Jungle. Lakukan dengan cepat, agar cepat unggul tim kamu dalam permainan.

Latihan Last Hit Minion

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, dengan berlatihan last hit selain akan mempercepat naik level hero yang kamu gunakan, juga bisa sangat membantu untuk mengumpulkan banyak gold.

Dengan melakukan last hit terus menerus, maka kamu akan lebih unggul dalam hal ekonomi dan level. Tentu ini sangat berpengaruh terhadap reputasi kamu selama permainan.

Lakukan latihan last hit dengan satu hero terus menerus, sampai kamu terbiasa mendapatkan last hit. Nanti kamu akan mengerti dengan damage perlevel, dan item yang tepat untuk melakukan last hit.

Jangan Egois Memilih Hero

Biasanya para pemain yang berada pada level tier Warrior sampai Grand Master, masih setiap menggunakan hero Mage dan Marksman. Hal tersebut tidak salah, namun akan lebih baik dan akan sangat efektif jika ada salah satu dari tim menggunakan hero Tank, Fighter atau Assassin.

Intinya kamu harus bisa mengalah, memilih hero yang sekiranya bisa melengkapi dan bisa mensuport hero yang dipilih anggota tim lainnya.

Maka tidak ada salahnya ketika kamu sudah berhasil menguasai satu hero, dilanjutkan dengan menguasai beberapa tipe hero seperti Carry, Tank, Support, dan Jungler.

Belajar Jeli Melihat Mini Map

Hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan oleh pemain newbie adalah kejelian melihaht mini map, kamu harus sering melihat map supaya bisa tahu pergerakan lawan dan dapat memperkirakan strategi yang akan digunakan oleh tim lawan.

Misalkan banyak hero dari pihak lawan yang menghilang  tiba-tiba dari peta, kemungkinan besar pihak lawan akan merencanakan ganking di line, nah kamu harus segera mengantisipasinya, kamu bisa memberi isyarat atau instruksi kepada anggota tim lain agar bisa lebih waspada.

Kamu juga harus respon terhadap informasi yang diberikan anggota tim lain, misalkan mereka memberitahukan bahwa ada hero yang menghilang dari lane mereka, atau missing. Dengan begitu kamu bisa terus waspada untuk menjaga permainan agar tetap kondusif.

Dalam melihat mini map, kamu harus jeli terhadap beberapa hal berikut :

  • Memperkirakan keberadaan musuh
  • Serangan terhadap Lord
  • Serangan terhadap Turtle
  • Peka terhadap teman yang sedang memerlukan batuan
  • Harus bisa menentukan kapan harus menyerang dan bertahan
  • dll
Baca Juga :  5 Cara Screenshot Tangkap Layar pada Semua Tipe Xiaomi

Fokus Menghancurkan Tower Lawan

Umumnya yang terjadi pada para pemain baru Mobile Legends adalah mengutama menghabisi lawan sebanyak mungkin, dibandingkan dengan menghacurkan tower.

Perlu diketahui semakin cepat kalian menghancurkan tower, makan kemungkinan besar kemenangan diraih tim akan semakin cepat. Untuk itu kamu harus memiliki inisiatif menghancurkan tower sebanyak mungkin ketika lawan lengah.

Bermain Bersama Tim, Jangan Sendirian !

Tips selanjutnya ini masih berhubungan dengan tips sebelumnya, untuk memenangkan permainan Mobile Legends memerlukan kerja sama tim yang solid, maka dari itu kamu harus berusaha bermain bersama tim, jangan bermain sendiri.

Namun tidak akan jadi masalah jika kamu bermain sendirian saat diawal permainan(early game). Namun pada saat masuk ke pertengah pertandingan (mid game) sampai akhir permainan (late game), kamu harus dan wajib bermain secara tim.

Karena biasanya ketika permainan sudah masuk late game, lawan sudah semakin kuat, dan bisa melalukan serangan secara bersama-sama (ganking). Jika kamu bermain sendirian, maka buka tidak mungkin kamu akan dikeroyok dan mudah dikalahkan lawan.

Selalu Main Ranked

Ini juga tidak kalah pentingnya, banyak orang beranggapan jika pemain pemula lebih baik bermain biasa dibandingkan bermain ranked, karena takut bintangnya berkurang. Namun ini keliru, jika ingin cepat menjadi pemain profesional lebih baik banyak bermain ranked, karena akan membuatmu lebih termotivasi untuk banyak belajar.

Bermain dalam mode ranked tentu akan berbeda dengan bermain biasa, kamu akan lebih akan terdorong untuk bermain secara total, mengerahkan semua kemampuan kamu baik dalam bertahan maupun menyerang.

Dengan bermain ranked tentu akan membuat kamu selangkah lebih dekat menuju Epic. Dan walapun kalah, kamu bisa mengambil pelajaran dari setiap kekalahan. Jadi bermain ranked bagus untuk memotivasi diri agar lebih baik dalam bermain.

Sering Menonton Rekaman atau Streaming

Menonton rekaman pertarungan dari pemain yang sudah profesional, bisa membuat  pengetahuan kamu bertambah, kamu bisa lebih tahu kelebihan dan kekurangan setiap hero. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana pemain lain dalam membuat strategi bermain, build item yang tepat untuk hero tertentu dan hal lainnya yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikir.

Kamu bisa mengakses menonton live streaming dari fitur game Mobile Legends itu sendiri, bisa dari youtube, facebook dan website streaming lainnya,

Gunakan Ticket untuk Membeli Hero

Perlu kamu ketahui, bahwa selain Battle Points, Mobile Legend juga memiliki 2 mata uang lainnya, yaitu Diamon dan juga Ticket. Untuk diamond bisa kamu dapatkan dengan melakukan pembelian dengan uang. Sedangkan untuk ticket bisa kamu peroleh dari pemberian pihak Moonton(biasanya usai maintenance).

Untuk ticket sendiri sebetulnya tidak terlalu banyak kegunaanya, selain bisa digunakan untuk memutar Lucky Spin yang menghadiahkan hero dan skin. Namun juga bisa untuk memberli beberapa hero seperti Rafaela, Clint, Franco, Gord, Akai, Miya, Tigreal, dan Alucard. Namun tidak disarankan untuk membeli Tigreal dan Rafaela menggunakan Ticket!, karena kedua hero tersbut bisa dibeli mudah dengan Battle Points. Lebih disarankan kamu menggunakan Ticket untuk membeli Akai, Miya, Alucard, dan Gord.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here