Pengertian Jaringan Komputer Beserta Sejarah, Manfaat, dan Macam-macamnya

0
Jaringan Komputer

Saat ini berkembangnya teknologi melahirkan internet untuk berkomunikasi. Dengan adanya internet, informasi lebih cepat sampai kepada orang lain yang jauh jaraknya. Dengan internet orang juga bisa berkomunikasi secara langsung tanpa menunggu waktu yang lama.

Internet merupakan salah satu teknologi yang sebenarnya menerapkan jaringan komputer yang sekarang digunakan untuk  melakukan aktifitas, baik itu untuk berkomunikasi, bertukar informasi, bisnis, dan sebagainya.

Internet tidak akan pernah ada jika tidak ada Jaringan Komputer. Banyak orang tahu internet namun tidak tahu apa itu Jaringan Komputer. Maka dari itu melalui tulisan ini kami akan membahas hal tersebut.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan teknologi yang tiap hari digunakan oleh manusia saat ini. Baik jaringan komputer dalam kegiatan kecil maupun skala yang lebih besar. Jaringan komputer merupakan sebuah jaringan / sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung untuk berkomunikasi satu sama lain.

Jaringan komputer dibuat suapaya antar satu komputer dapat mengirim data / informasi agar sampai kepada penerima secara cepat dan aman. Jaringan komputer sendiri juga dapat membuat komunikasi satu sama lain agar lebih mudah. Selain itu, Jaringan Komputer juga dapat membuat pertukaran data antar komputer menjadi lebih baik dan terintegrasi.

Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1940-an di Amerika, di tahun tersebut konsep jaringan komputer yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang diketuai oleh profesor Howard Aiken.

Tujuan awal dari proyek tersebut yaitu ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang bisa dipakai bersama. Agar bisa mengerjakan beberapa proses tanpa membuang banyak waktu, maka diciptakanlah proses beruntung (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan pada sebuah komputer dengan sistem antrian.

Selanjutnya ditahun 1950-an mulai bermunculan jenis komputer sampai terciptanya super komputer. Saat itu sebuah komputer harus bisa melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), maka ditemukanlah konsep distribusi proses berdasarkan waktu, yang dikenal sebutan TSS (Time Sharing System). Pada saat inilah pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan.

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan melakukan riset dengan bertujuan untuk menghubungan beberapa komputer yang membentuk jaringan organik.

Pada tahun 1970, ada lebih dari 10 komputer yang sudah berhasil dihubungkan satu dengan lainnya, sehingga bisa saling berkomunikasi dan membantuk sebuah jaringan. Pada tahun ini juga, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer cukup mahal, maka diciptakanlah konsep proses distribusi (Distributed Processing).

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurkan pekerjaannya untuk ARPANET menjadi sebuah program surat elektonik (email). Program ini cukup mudah digunakan dan cepat populer.[ Selengkapnya ]

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer tentu memiliki manfaat untuk kehidupan manusia dalam berkomunikasi. Ada beberapa manfaat jaringan komputer yang bisa didapat, antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Jaringan komputer memungkinkan pengguna mengakses file atau data dari dan ke komputer pengguna itu sendiri. Misalnya melalui jaringan internet anda bisa berkirim file melalui email atau ftp.
  2. Jaringan komputer bermanfaat untuk membuat proses pengiriman data lebih cepat dan efisien karena menghemat waktu.
  3. Jaringan komputer bermanfaat untuk berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain dari berbagai daerah atau negara dengan lebih mudah.
  4. Melalui jaringan komputer, informasi dapat anda nikmati dengan mudah melalui internet. Jadi informasi saat ini juga (realtime) bisa dinikmati oleh setiap orang dari berbagai negara.

Jaringan komputer memberikan efisiensi perangkat komputer. Misalnya dengan satu printer di satu ruangan kantor yang dihubungkan dengan jaringan komputer, semua orang bisa mengakses dengan mudah tanpa harus membeli banyak printer untuk satu orang.

Macam – macam / Kategori Jaringan Komputer

Secara umum jaringan komputer terbagi atas beberapa kategori. Meski tujuannya sama, jaringan komputer ternyata memiiliki beberapa macam yang digunakan dalam beberapa kepentingan berbeda. Antara lain sebagai berikut :

A. Berdasarkan Jangkauan Jaringan (Area)

gambar jaringan lan
Gambar jaringan lan

Kategori Jaringan ini dikelompokkan berdasarkan luas wilayah yang dapat dijangkau oleh jaringan komputer tersebut, antar lain sebagai berikut :

1. LAN (Local Area Netowrk)

LAN merupakan jaringan komputer skala kecil yang memiliki jangkauan wilayah yang tidak begitu luas, misalnya pada satu ruangan kantor, sekolah, sebuah warnet, dan sejenisnya. Jaringan LAN memiliki jangkauan kurang dari 1 Km, bahkan bisa lebih kecil.

LAN dibangun dengan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan transmisi sekitar 10 – 1000 Mbps. LAN bukan hanya dapat dilakukan dengan teknologi kabel (ethernet), namun juga dapat digunakan dengan perangkat Wi-fi yang lebih dikenal dengan WLAN (Wireless LAN).

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Berbeda dengan LAN, MAN merupakan jaringan komputer yang lebih luas dan memiliki kecepatan transmisi yang tinggi. Jaringan MAN mencakup area di beberapa gedung atau kota, jaringan MAN bisa dibuat dari gabungan beberapa jaringan LAN. Jaringan ini memiliki jangkauan sekitar10-50 km. MAN terhubung dengan infrastuktur jaringan khusus yang perangkatnya lebih sedikit untuk menghubungkannya.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan area yang sangat luas, misal antar negara bahkan benua. WAN berfungsi untuk menghubungkan dua daerah lokal yang berbeda dan jauh keberadaanya untuk dapat terhubung satu sama lain. Jika jaringan ini diperluas lagi maka sudah merambah ranah global atau lebih dikenal dengan sebutan internet.

B. Berdasarkan Jenis Media Transmisi

sebutkan media transmisi data
Kabel UTP , salah satu Media Transmisi Data pada pada wired network

1. Jaringan Komputer Kabel (Wired Network)

Jaringan komputer jenis ini menggunakan media kabel untuk bertukar informasi. Kabel yang digunakan khusus dibuat untuk menghubungkan antar dua komputer untuk bisa berkomunikasi atau bertukar informasi/ data baik secara lokal maupun melalui jaringan internet. Contoh kabel yang bisa digunakan dalam jaringan kabel ialah kabel UTP, kabel coaxial, atau kabel fiber optik.

2. Jaringan Komputer Tanpa Kabel (Wireless Network)

Jaringan komputer ini tidak memerlukan kabel, namun transmisi dengan media gelombang elektromagnetik / radio untuk komunkaisnya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini membutuhkan lebih sedikit perangkat untuk dapat menghubungkan antara satu komputer dengan lainnya. Contoh perangkat wireless yang biasa digunakan antara lain adalah wireless adapter atau router wifi.

C. Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Logik

Model client-server

Topologi logik merupakan cara / bentuk antara komputer untuk mentransmisikan data satu sama lain. Bisa dibilang topologi ini berperan dalam menentukan hubungan tiap komputer dalam memproses data. Topologi logik dibagi dalam dua jenis sebagai berikut :

1. Topologi Peer to Peer

Topologi ini tidak memerlukan server sebagai media pertukaran informasi, anda bisa menggunakan dua komputer yang terhubung sudah dapat melakukan pengiriman data sehingga tiap komputer dapat berfungsi masing – masing tanpa server.

2. Topologi Client Server

Jaringan ini mengharuskan satu atau beberapa komputer yang berperan sebagai server dan komputer client. Komputer server biasanya merupakan komputer khusus atau komputer biasa yang diakses menggunakan software jaringan tertentu. Komputer client berperan untuk meminta informasi dan mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server berfungsi memberikan data / informasi tersebut kepada klien.

D. Berdasarkan Distribusi Sumber Data/ Informasi

Jaringan terpusat dan terdistribusi

1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat merupakan jaringan komputer yang terdiri dari komputer client dan komputer server, dimana komputer client memiliki fungsi sebagai perantara dalam mengakses sumber data/ informasi yang berada pada komputer server. Pada jaringan terpusat ada istilah terminal bisu(dumb terminal), yaitu terminal yang tidak memiliki alat untuk pemroses data.

2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan Terdistribusi merupakan jaringan komputer hasil dari gabungan beberapa jaringan terpusat yang memungkinkan beberapa komputer server dan client saling terhubung membentuk suatu jaringan tertentu.

E. Berdasarkan Topologi Fisik Jaringan

Salah satu contoh jenis topologi bus

Topologi fisik adalah topologi jaringan yang memiliki bentuk fisik yang berbeda – beda untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan komputer. Ada banyak variasi dari topologi fisik jaringan komputer ini, hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kondisi wilayah yang akan dibuat jaringan komputer tersebut.

Contoh topologi jaringan ini adalah topologi Bus, topologi ring, topologi mesh, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih banyak pembahasan mengenai jaringan komputer, namun tidak bisa kami jelaskan satu per satu. Namun semoga saja tulisan kami bermanfaat bagi anda untuk lebih memahami apa itu jaringan komputer dan manfaatnya bagi masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here