Cara Mudah Mengatasi Keyboard Android Error

Keyboard handphone galat ? coba cara ini untuk mengtasinya.

0
Mengatasi Keyboard Android Error
Mengatasi Keyboard Android Error

Seperti yang kita tahu bahwa keyboard adalah fitur yang sangat penting pada smartphone, karena memiliki fungsi untuk menginput teks dan angkat, maka jika mengalami galat atau error tentu akan mempengaruhi kinerja smartphone, untuk itu artikel kali ini akan membahas tentang Cara Mudah Mengatasi Keyboard Android Error.

Banyak kegiatan dengan smartphone yang tidak lepas dari fungsi keyboard seperti menulis pesan SMS, BBM, Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram, pencarian google dan lainnya, hampir 80% semua kegiatan tersebut menggunakan keyboard, baik untuk memasukan huruf ataupun angka.

Namun akan jadi masalah besar jika keyboard pada handphone anda mengalami galat atau error, banyak hal yang menyebabkan keyboard mengalami gangguan pada fungsinya, salah satunya karena file rusak/corrupt.

Masalah yang sering terjadi adalah aplikasi keyboard sering berhenti secara tiba-tiba, dan terus menerus yang ditandai dengan notifikasi “Android Keyboard Has Stopped”. Biasanya ini terjadi karena ada file rusak, atau terlalu banyak simpanan file aplikasi yang tidak pernah dibersihkan.

Namun tidak perlu panik, jangan langsung pergi ke tempat service, cukup baca tutorial cara mengatasi keyboard macet atau error pada android berikut.

Restart Smartphone

Hal yang pertama dilakukan ketika keyboard pada smartphone error adalah dengan me-restart HP. Cara ini cukup efektif mengatasi galat pada keyboard, karena dengan melakukan restart pada handphone, aplikasi akan memuat ulang semua file dari awal.

Sebetulnya untuk beberapa masalah aplikasi keyboard rusak bisa diatasi dengan cara ini, namun ada kalanya ada masalah error lain yang tidak bisa diatasi dengan cara ini, misalnya dengan menghapus data dan cache aplikasi keyboard atau dengan menginstal aplikasi keyboard lain.

Hapus Data dan Cache Aplikasi Keyboard

Cara ini berfungsi untuk menghapus file yang menyebabkan keyboar tidak berjalan dengan baik, juga bisa melonggarkan ruang penyimpanan aplikasi. Cara ini bisa dilakukan pada semua aplikasi, jika penyebab keyboar tidak bekerja karena kelebihan penyimpanan.

Baca Juga :  Cara Cepat dan Mudah dalam mengusir Ketombe

Berikut langkah – langkah membersihkan file sampah atau cache yang menggangu untuk mengatasi keyboard bermasalah.

  1. Masuk pada menu “Setting”, dan pilih “Aplikasi,
  2. Kemudian cari aplikasi Keybiard yang digunakan, seprti “Keyboard Android (AOSP)”,
  3. Selanjutnya lakukan  “Hapus Data” dan “Hapus Cache”.

Note : Lakukan pengecekan pada aplikasi lain yang memiliki ukurang data dan cache yang cukup besar, lakukan juga pembersihkan untuk melonggarkan penyimpanan.

Gunakan Aplikasi Alternatif Keyboard Android

Namun jika kedua cara diatas tetap tidak bisa mengatasi galat pada smartphone android, alangkah baiknya jika mencoba menginstal aplikasi alternatif untuk android, yang tersedia di Play Store, ada banyak pilihan, namun harus tetap ringan, gratis, dan memiliki fitur yang lengkap.

Berikut daftar aplikasi alternatif keyboar android :

Keyboard Error “Android Keyboard Has Stopped”

Namun bagaimana jika keyboard dengan notifikasi “Android Keyboard Has Stopped” ? Cara mengatasi masalah ini sebetulnya tidak terlalu sulit, cukup masuk pada aplikasi “Download Manager”, dan lakukan disable dan enable aplikasi, agar bisa kembali berjalan seperti semula. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke menu “Setting”, dan pilih “Apps” atau “Aplikasi”,
  2. Kemudian cari aplikasi “Download Manager”, dan lakukan disable dan enable,
  3. Selanjutnya lakukan restart pada Android anda.

Bagaimana ? pembahasan mengenai mengatasi Error aplikasi keyboard android cukup sekian, namun jika ada cara lain mengatasinya atau punya permasalah lain, bisa berkomentar dibawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu pembaca mengatasi masalah yang dialami. Terima kasih.

Belajar untuk berbagi
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here