Memperbarui Aplikasi Android

0
perbarui aplikasi Android

Memperbarui aplikasi Android perlu Anda lakukan, khususnya untuk aplikasi yang mengharuskan penggunannya memasang aplikasi versi terbaru. Contohnya seperti WhatsApp, jika kadaluarsa maka tidak bisa digunakan. Untuk itu Anda harus tahu cara memperbarui aplikasi Android.

Dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, maka aplikasi bisa berfungsi dengan maksimal, karena biasanya pada setiap pembaruan aplikasi akan selalu ada pemabahan fitur, optimasi lanjutan dan perbaikan celah pada aplikasi.

Maka penting sekali untuk Anda melakukan pembaharuan aplikasi, khususnya untuk aplikasi-aplikasi yang sering digunakan. Seperti aplikasi keuangan, Bisnis dan beberapa aplikasi pentingnya lainnya.

Untuk Anda yang sering bertanya “Bagaimana sih melakukan pembaruan aplikasi saya?” Nah pada kesempatan kali ini Saung Net akan membahas mengenai cara memperbarui aplikasi Android. Jadi Anda bisa update aplikasi setiap hadir versi terbaru dari aplikasi yang sering Anda gunakan.

Memperbarui Aplikasi Manual

Dengan cara perbarui aplikasi secara manual, Anda bisa memilih beberapa aplikasi penting saja yang penting untuk di-update ke aplikasi versi terbaru. Dengan memperbarui aplikasi secara manual akan menghemat penggunaan jumlah kuota internet.

pembaruan aplikasi saya

Cara memperbarui aplikasi Android secara manual:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Google Play Store.
  2. Klik tombol Menu > Aplikasi & game saya.
  3. Nantinya akan nampak daftar aplikasi dengan label Update, artinya aplikasi tersebut sudah tersedia versi terbaru.
  4. Tap tombol Update pada beberapa aplikasi yang ingin Anda perbarui.

Catatan: Kadang ada beberapa aplikasi yang memerlukan konfirmasi pada saat melakukan pembaruan. Nantinya akan muncul notifikasi konfirmasi, Anda menyetujui atau tidak aplikasi tersebut di perbarui.

Memperbarui Aplikasi Otomatis

Agar bisa melakukan pembaruan aplikasi Android secara otomatis, Anda harus melakukan pengaturan pada setelan aplikasi Google Play Store. Nantinya, setiap ada pembaruan aplikasi, maka secara otomatis aplikasi akan diperbarui ke versi terbaru.

perbarui semua aplikasi saya

Cara perbarui aplikasi Android secara otomatis:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Google Play Store.
  2. Klik tombol Menu > Setelan.
  3. Pada menu Setelan, klik pilihan Update aplikasi secara otomatis.
  4. Selanjutnya Anda bisa memilih opasi: 1). Perbarui semua aplikasi secara otomatis kapan saja menggunakan jaringan WiFi atau data seluler. 2). Perbarui semua aplikasi secara otomatis melalui WiFi saja, aplikasi hanya diperbarui pada saat tersambung pada jaringan WiFi.

Memperbarui Otomatis Pada Aplikasi Tertentu Saja

Selain bisa perbarui semua aplikasi secara otomatis, Anda juga bisa melakukan setelan perbarui otomatis pada aplikasi tertentu saja. Artinya Anda hanya memberikan akses update aplikasi otomatis pada aplikasi yang dipilih.

perbarui aplikasi saya

Berikut adalah cara memberikan akases pembaruan pada aplikasi tertentu:

  1. Buka dan jalankan aplikasi Google Play Store.
  2. Klik Tombol Menu > Aplikasi & Game Saya.
  3. Pilih aplikasi yang akan diberi akses untuk melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis.
  4. Klik Menu Lainnya (ikon titik tiga horizontal).
  5. Lalu centang ‘Aktifkan update otomatis‘.

Setelah melakukan setelan diatas, maka aplikasi akan update/ melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis ketika tersedia versi terbaru dari pihak pengembang aplikasi.

Mengalami masalah pada saat akan memperbarui aplikasi? Misalkan aplikasi Google Play Store Anda tidak bisa dibuka. Mungkin akan muncul pertanyaan ” Lalu bagaimana melakukan pembaruan aplikasi saya?”.

Tenang, penyebab utama dari masalah tidak bisa melakukan pembaruan aplikasi Android adalah Google Play Store yang kadaluarsa, Anda mungkin mengabaikan notifikasi pemberitahuan bahwa Anda harus melakukan pembaruan aplikasi Play Store.

Cara Perbarui Google Play Store

Supaya bisa update aplikasi, maka Anda harus perbarui Google Play Store ke versi terbaru.

Ada dua cara melakukan pembaruan Google Play Store, Pertama dengan download Google Play Store Apk Terbaru dan install manual di Android Anda.

Cara kedua yaitu dengan melakukan pembaruan pada aplikasi Google Play Store-nya langsung. Masih bingung? Berikut adalah cara perbarui Google Play Store ke versi terbaru.

perbarui play store
  1. Buka dan jalankan aplikasi Google Play Store.
  2. Klik Menu > lalu pilih Setelan.
  3. Kemudian gulir ke bagian paling bawah, klik atau tap Versi Play Store.
  4. Lalu klik Install jika tersedia versi terbaru.
pembaruan play store

Jika tersedia versi terbaru, akan ada notifikasi konfirmasi meminta izin download dan install Google Play Store versi terbaru. Namun jika tidak tersedia versi terbaru akan muncul keterangan “Versi Google Play Store sudah yang terbaru”.

Akibat jika Google Play Store Tidak Diperbarui

1. Aplikasi Google Play Store tidak bisa Dibuka

Jika Anda tidak memperbarui aplikasi Play Sore dalam jangan waktu lama, maka ada kemungkinan aplikasi tersebut tidak bisa dibuka. Solusinya Anda harus melakukan pembaruan aplikasi play store dengan download dan install APK dari luar.

2. Tidak Bisa Melakukan Update Aplikasi

Umumnya kebanyak orang memasang aplikasi melalui Google Play Store, karena bisa dengan mudah mengunduh dan memperbarui aplikasi. Namun, jika belum update ke versi terbaru, maka akan mengalami kendala pada saat memperbarui aplikasi/ tidak bisa memperbarui aplikasi di play store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here