Cara Memilih Jenis & Harga TV LED

0
merk tv led terbaik kaskus

Televisi merupakan salah satu hiburan keluarga di rumah. Pada saat acara keluarga atau sedang berkumpul bersama, televisi mampu memeriahkan suasana dengan acara-acara khusus dari stasiun lokal maupun internasional.

Nah, biar acara kumpul bersama jadi lebih seru, maka diperlukan televisi yang lebar seperti TV LED. Sebab, ukurannya yang lebar dan desainnya yang tipis sangat fleksibel diletakkan dimanapun. Apalagi, layar televisi yang lebar mampu menjangkau pandangan penonton dalam jumlah yang banyak.

Jika Anda ingin memiliki TV LED namun takut dengan kisaran harga yang mahal, berikut ini kami sampaikan beberapa tips memilih jenis dan harga TV LED yang terbilang mahal atau terjangkau, selanjutnya Anda bisa sesuaikan kebutuhan keluarga Anda.

Cara Memilih Jenis & Harga TV LED

Beberapa cara memilih jenis & Harga TV LED dibawah ini bisa jadi referensi sebelum Anda memutuskan membeli TV LED yang Anda inginkan. Simak ya.

Tentukan Ukuran TV LED yang Sesuai dengan Ruangan

tips membeli tv led 32 inch

Salah satu pertimbangan ketika Anda hendak mencari televisi LED adalah ukuran ruangannya. Entah untuk diletakkan di ruang keluarga, ruang tidur, maupun ruang tamu, sebaiknya pastikan dulu estimasi ruangan yang hendak digunakan.

Hal ini penting Anda ketahui ketika memang Anda tidak keberatan terkait harga TV LED. Namun, bagi Anda yang menuntut harga TV LED terjangkau, pastikan ukurannya juga sesuai.

Disarankan, untuk tidak terlalu memilih ukuran televisi dengan ukuran yang lebar tanpa mempertimbangkan ukuran ruangan. Sebab, apabila jarak pandang terlalu dekat dengan layar televisi, akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Paling tidak, pastikan jarak maksimum aman untuk menonton TV LED dipenuhi sekitar tiga kali dari tinggi TV.

Sebagai contoh, apabila TV LED berukuran 32 inchi dan tinggi 32 cm, maka jarak aman untuk menonton televisi adalah sekitar 1,2 meter.

Pilih TV LED dengan Resolusi 4K atau Full HD

Setiap TV LED atau televisi layar datar memiliki media tampilan layar berupa liquid crystal dengan variasi harga yang berbeda. Yang jelas, semakin mahal harga TV LED, biasanya kualitas gambar yang ditampilkan juga jernih.

Resolusi TV LED yang disarankan yaitu 4K dan full HD (full high definition).  Berikut ini penjelasan mengenai kedua resolusi tersebut.

Resolusi TV LED Full HD

Televisi LED dengan resolusi LED full HD ini adalah jenis yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Pasalnya, dengan resolusi 1920 x 1080 piksel, harga TV LED terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan resolusi 4K.

Namun, bagi Anda yang hendak menikmati kualitas resolusi 4K dari full HD, disarankan untuk memilih TV LED full HD berukuran 50 inch.

Resolusi TV LED 4K

lcd proyektor terbaik

TV LED beresolusi 4K ini disarankan bagi Anda yang mengutamakan kualitas dan detail gambar yang diberikan. Dengan resolusi 3840×2160 pixel, jenis TV LED ini memiliki kualitas gambar yang empat kali lebih baik daripada kualitas TV full HD.

Bahkan, bisa dibilang kualitas resolusi ini lebih tinggi dibandingkan dengan TV Full HD berukuran besar sekalipun. Namun, sesuai dengan kualitas resolusinya, maka harga TV LED ini terbilang lebih mahal.

Jadi, pastikan memiliki ketersediaan budget yang lebih untuk mendapatkan jenis TV LED ini.

Perhatikan Jenis LED Backlight-nya

Perlu diketahui juga bahwa ada dua jenis lampu LED backlight yaitu tipe direct dan edge. Kedua tipe tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri-sendiri.

Tipe direct memiliki ciri layar lebih terang, ukuran layar lebih tebal, dan harga yang lebih mahal. Sebaliknya, tipe edge memiliki kualitas gambar yang dapat menurun tiba-tiba dengan harga yang lebih murah.

Nah, apapun jenis TV LED yang Anda butuhkan, pastikan untuk mendapatkannya melalui situs Bukalapak ya!

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here