5 Tips Memilih Hosting WordPress

0
Memilih Hosting WordPress

Saat ini banyak sekali penyedia hosting wordpress yang menawarkan hosting murah, namun dalam memilih hosting untuk website WordPress harus teliti, perhatikan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan.

Perlu diketahui, bahwa WordPress merupakan platform web yang ringan, yang bisa dipasang pada server yang mendukung PHP dan MySQL. Itu sebabnya kenapa saat ini banyak penyedia layanan web hosting yang memberikan harga terjangkau.

Dengan banyaknya pilihan hosting murah tersebut, semua orang pasti akan mencari layanan hosting yang terjangkau, namun memiliki kualitas yang baik.

Namun yang terpenting ketika akan membeli hosting adalah kualitas layanan yang akan kita peroleh. Jika salah dalam memilih hosting, bisa jadi website yang kita bangun akan sulit diakses oleh pengunjung. Karena kecepatan akses website sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung.

Untuk itu, sangat disarankan memilih hosting terbaik, minimal sudah banyak testimoni dari banyak orang, bahwa shared hosting yang akan digunakan untuk membangun website WordPress Anda memiliki layanan dan fasilitas yang bagus. Sebetulnya ada beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika akan menggunakan layanan hosting.

Tips Memilih Hosting WordPress

Ketika akan memilih sebuah web hosting, pastikan fitur dan layanannya cukup memadai dan bisa memenuhi kebutuhan website agar bisa diakses dengan mudah dan cepat. Ini penting, seperti yang sudah dibahas pada paragraf sebelumnya.

Selain masalah kecepatan saat website diakses, hosting akan dipilih harus memiliki reputasi yang bagus, khususnya oleh Google. Mungkin hosting yang bagus adalah hosting yang bisa cepat terindex di pencarian Google ketika kita membuat artikel.

Tentu saja semua orang pasti tidak mau kalau webnya lama atau suses terindex hanya karena hosting yang digunakannya memiliki reputasi yang jelek di mata Google.

Maka dari itu jangan salah memilih hosting WordPress, jangan hanya mempertimbangkan dari segi harganya saja, namun juga harus memperhatikan kualitas server, fasilitas dan layanannya.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa jadi bahan pertimbangan ketika akan memilih hosting terbaik dengan harga terjangkau.

1. Memenuhi Kebutuhan

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kualitas website, mulai dari server yang digunakan, kode script website dan optimasi tampilan. Khususnya untuk website wordpress self hosting, ketika menggunakan banyak plugin, maka akan banyak pula query ke database yang akan memakan banyak resource, dan website bisa lelet ketika akan diakses. Bahkan beberapa layanan hosting ada yang melakukan suspend ketika resource full.

Jadi ketika akan memilih shared hosting yang berkualitas, Anda bisa bertanya kepada pihak layanan hosting, paket yang akan dipilih bisa digunakan untuk menampung berapa pengunjung. Jika sebelumnya website Anda sudah memiliki pengunjung tetap, apakah dengan jumlah tersebut website akan tetap lancar diakses atau tidak. Anda juga bisa bertanya mengenai layanan mereka bisa digunakan untuk website dengan plugin tertentu dan berapa jumlah maksila page view perhatinya.

2. Kecepatan Server

Kebanyakan orang berpendapat, jika website yang bagus adalah website yang memiliki kecepatakan akses ketika dibuka, kenyataan tersebut memang benar. Website yang memiliki performa yang baik adalah website yang bisa diakses beberapa detik saja. Website yang mudah diakses akan membuat pengunjung nyaman, dan tidak akan cepat meninggalkan website dengan alasan lambat loadingnya.

Saat ini banyak pengguna internet yang tidak sabaran, karena terbiasa dengan akses yang cepat ketika mengunjungi media sosial atau halaman pencarian Google salah satunya, jadi ketika mengunjungi website yang lambat, maka kemungkinan besar akan membatalkan, dan tidak akan mengaksesnya kembali.

Selain mempengaruhi dari segi pembaca atau penggunannya, kecepatan website juga kini jadi salah satu yang mempengaruhi ranking pencarian Google.

3. Server Hosting Harus Stabil

Selain memastikan website cepat diakses, hal lain yang harus diperhatikan adalah website bisa diakses tanpa masalah. Karena jika website sering down ketika dikunjungi, hal tersebut akan berdampak negatif terhadap citra website kita nantinya. Biasanya hal ini sering terjadi pada hosting yang memiliki reputasi yang kurang baik.

Biasanya pada layanan hosting yang bagus akan ada fitur yang bisa digunakan untuk memonitor jalannya server. Juga ada jaminan server uptime lebih dari 99%.

4. Keamanan Hosting

Pastikan juga layanan hosting yang akan kita gunakan aman, dalam artian data website kita aman dari berbagai masalah, baik dari masalah yang disebabkan oleh server atau serangan dari tangan-tangan jail(pada defacer).

Juga tersedia layanan backup rutin untuk melindungi data-data jika terhapus secara tidak sengaja.

5. Pelayanan Prima

Saat menggunakan layanan hosting, adanya kita sebagai pengguna mengalami masalah yang harus dibantu dan ditangani oleh pihak hosting. Masalah tersebut bisa karena ketidak tahuan kita mengenai masalah tersebut, atau karena masalah tersebut hanya bisa diatasi dari pihak penyedia layanan hostingnya.

Untuk itu kita memerlukan bantuan dari support pihak penyedia hosting jika terjadi sesuatu masalah sewaktu-waktu. Pastikan bahwa ada layanan support yang bisa membantu 24 jam dan bisa merespon dengan cepat. Seperti pada saat kita membuat tiket bantuan, email, chatting atau panggilan telepon.

Bagaimana ?

Semoga artikel ini bisa jadi bahan pertimbangan ketika akan membeli hosting wordpress. Pastikan layanan hosting yang dipilih memenuhi kebutuhan website yang Anda kelola, jangan sampai lelet diakses dan sepi dari pengunjung.

Mas Jono
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here