Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Ragam Cara Mengatasi Keyboard pada Laptop yang Tak Berfungsi

0
keyboard laptop tidak berfungsi

Keyboard laptop tidak berfungsi? Jangan panik dulu, ada beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa kita praktikan sendiri tanpa harus pergi ke tukang service.

Menjadi hal yang sangat menjengkelkan saat mengetik di laptop namun keyboard justru mengalami masalah. Bagi Anda yang pernah mendapati masalah serupa, tentu sangat mengerti betapa menganggunya masalah ini.

Apalagi jika Anda tengah dihadapkan dengan beragam tugas yang harus diselesaikan segera. Untuk itu, dibutuhkan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi untuk membuatnya kembali normal.

Mengatasi keyboard yang tak berfungsi, bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke tukang servis. Dengan demikian, Anda juga akan lebih hemat waktu, tenaga serta uang.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop tidak Berfungsi

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah serupa, bisa lakukan beberapa cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang berikut ini!

1. Pastikan Driver Keyboard Tidak Bermasalah

Penting bagi Anda untuk memastikan apakah drivernya sudah terpasang dengan sempurna atau justru sebaliknya. Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke Start Menu.
  2. Selanjutnya klik Control Panel.
  3. Jika sudah, klik Hardware and Sound.
  4. Baru kemudian klik Device Manager.
  5. Ada tanda panah di sebelah kiri Keyboards, klik.
  6. Jika ada tanda seru dengan warna kuning, maka driver memang dalam kondisi yang bermasalah.
  7. Klik kanan pada driver.
  8. Lalu klik Update driver software.

2. Lepas keyboard dan kemudian Tukar

Jika langkah di atas, masih belum berhasil, Anda bisa melakukan penanganan yang lain. Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi yang satu ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka Youtube lalu ketik “Remove keyboards + (tipe laptop yang digunakan)” di kolom pencarian untuk mencari tutorial melepas keyboard.
  2. Anda juga bisa melepas keyboards laptop lain untuk kemudian dipasang di laptop yang Anda miliki. Coba gunakan apakah berfungsi atau tidak di laptop Anda.
  3. Jika masih belum berfungsi juga, ini artinya masalah tidak ada di keyboards. Masalah bisa saja terjadi karena laptop atau bahkan softwarenya.
  4. Namun jika keyboard yang baru berfungsi, maka keyboard lama memang sudah perlu diganti. Sebaliknya, Anda juga bisa memasang keyboard lama ke laptop yang lain untuk mencari tahu apakah ada masalah pada keyboards tersebut atau tidak.

3. Jangan mengunci Ease of Acces Center

Untuk memastikan hal yang satu ini, Anda bisa ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan masuk ke Control Panel.
  2. Selanjutnya klik Ease of Acces.
  3. Cermati bagian Ease of Acces Centre yang terdapat di bagian Control Panel.
  4. Langkah berikutnya adalah dengan klik Make the keyboard easier to use.
  5. Lalu uncheck all di set up filter key.

4. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel

Debu dan kotoran bisa menjadi penyebab terganggunya keyboards hingga tak bisa digunakan. Debu hingga kotoran bisa saja terselip diantara tombol keyboard hingga mempersulit proses pengetikan.

Apalagi Anda telah menggunakan keyboards tersebut selama bertahun-tahun lamanya, maka tidak heran jika kotoran hingga debu akan makin banyak yang menumpuk disana.

Jika memang tak ingin keyboards mengalami gangguan, Anda bisa secara rutin membersihkannya. Goyang-goyangkan laptop sembari di balikkan.

Dengan demikian, debu dan kotoran bisa keluar dan tak lagi menyumbat di tombol. Bisa juga dengan memanfaatkan sikat kecil yang halus untuk mengatasi debu atau kotoran tersebut.

Selain itu pastikan jika Anda menggunakan keyboards dengan baik dan tidak melakukan pengetikan secara keras. Mengetik dengan keras, membuat keyboards mengalami kerusakan secara perlahan.

Kondisi laptop yang overheat juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop mengalami masalah. Anda bisa mengistirahatkan sebentar agar laptop bisa kembali digunakan dengan baik.

Cara ini efektif untuk mengatasi keyboard laptop huruf tidak bisa sebagian. Setelah dibersihkan, cek tombol yang tidak berfungsi, lalu lepas tombol tersebut (tutorialnya ada di Youtube), lalu tekan socketnya, jika berfungsi berarti tidak ada masalah, semprotkan hair dryer untuk membersihkan kotoran, setelah itu pasang kembali tombolnya.

5. Lepas Baterai Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop yang selanjutnya adalah dengan melepas baterai dari laptop. Langkah yang satu ini membantu membuat keyboards berfungsi kembali.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan melepas baterai:

  1. Shut Down atau matikan laptop terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya lepaskan baterai berikut dengan kabel adapternya.
  3. Diamkan selama beberapa saat lalu tekan dan tahan tombol power selama kurang lebih satu menit.
  4. Masukkan kembali baterai yang telah dicopot tadi lalu coba hidupkan kembali laptop. Coba kembali keyboards Anda.

Jika memang tidak ada masalah, maka keyboards tentu bisa digunakan kembali.

Namun jika cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi di atas sama sekali tidak memecahkan masalah, maka bisa jadi kondisi hardware keyboard yang bermasalah.

Jika memang demikian, maka Anda bisa membeli yang baru. Anda juga bisa mengunjungi tukang service apalagi jika masih memiliki garansi yang dapat dimanfaatkan. Pada tiap kota biasanya memiliki tempat service komputer yang bisa dikunjungi.

Semoga bermanfaat.

Nurina
Tertarik dengan perkembangan teknologi, khusunya yang berhubungan dengan ponsel pintar dan komputer.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here