Cara Menggunakan Google Translate Offline

"Ok Google Google Translate" perintah tersebut bisa kita ucapkan pada smartphone Android untuk membuka aplikasi Google Translate dengan cepat.

0
google translate offline

Siapa yang tidak tahu dengan Google Translate? Layanan terjemahan buatan Google ini sudah membantu banyak orang menerjemahkan berbagai bahasa asing ke bahasa Indonesia. Menariknya, pada versi aplikasinya, kita bisa menggunakan Google Translte Offline tanpa koneksi internet.

Seperti yang kita tahu bahwa layanan Google Translate atau Terjemahan bisa diakses langsung lewat websitenya translate.google.com dan aplikasi yang tersedia untuk smartphone Android dan iOS. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google Translate Offline hanya ada pada versi aplikasi.

Dengan menggunakan Google Translate tanpa koneksi internet (offline) akan membuat kita bisa menghemat penggunaan paket data internet saat menerjemahkan berbagai macam kata dan kalimat.

Kita bisa melakukan translate offline berbagai bahasa asing yang tidak kita mengerti kapan saja dan di mana saja tanpa perlu akses jaringan internet. Lalu bagaimana cara menggunakan Google Translate tanpa koneksi internet (offline)?

Simak pembahasan berikut, supaya kita bisa menggunakan aplikasi terjemahan offline.

Google Translate Offline Tanpa Internet

Cara menggunakan Google Translate offline ini bisa kita praktikan di smartphone Android dan iOS (iPhone). Untuk yang belum tahu cara melakukannya bisa mengikuti langkah-langkahnya lewat artikel ini.

Sebelumnya juga sempat pernah kami bahas mengenai beberapa layanan translator online terbarik pada tulisan Situs Translate/ Translator/ Terjemah Online Terbaik. Menarinya sudah ada yang mendukung bahasa daerah seperti Jawa dan Sunda.

Cara Menggunakan Google Translate Offline tanpa Konteksi Internet

Perlu diketahui sebelumnya, untuk bisa menggunakan Google Translate Offline, pertama kita harus mengunduh terlebih dahulu bahasa asing yang akan kita terjemahkan secara offline nantinya.

Berikut caranya:

1. Pertama download dan install Google Translate terbaru lewat Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

2. Setelah terpasang, jalankan aplikasi Google Translate, klik tombol Menu dan pilih Terjemahan offline.

google translate offline apk

3. Pada laman Terjemahan Offline, gulir ke bagian bawah untuk memilih bahasa yang akan digunakan secara offline. Lalu klik salah satunya.

4. Misalkan bahasa Jepang, nantinya akan muncul layar konfirmasi untuk mendownload file terjemahan offline dari bahasa Jepan. Klik Download untuk memulai.

translate offline

5. Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai. Setelah itu kita bisa menggunakan Google Translate Offline dengan bahasa asing yang sudah kita download tadi.

google terjemahan offline

6. Untuk mencobanya, matikan koneksi internet pada smartphone kita. Lalu buka aplikasi Google Terjemahan. Pada pemilihan bahasa piliha Bahasa Indonesia dan Jepang atau sebaliknya. Lalu mulai menerjemahkan kata atau kalimat.

Selanjutnya kita bisa menggunakan aplikasi Google Translate tanpa menggunakan internet untuk menerjemahkan bahasa.

Berikut contoh hasil terjemahan secara offline tanpa koneksi internet menggunakan aplikasi Google Translte di Android.

terjemahan offline

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Dengan melakukan terjemahan lewat aplikasi mobile akan memudahkan kita menerjemahkan berbagai kata dan kalimat dengan mudah, apalagi bisa dilakukan secara offline tanpa terhubung internet.

Sebagai informasi tambahan mengenai fitur yang dimiliki Google Translate.

Fitur Google Translate

download google translate offline apk data

Saat ini Google Translate sudah bisa terjemahkan antara 103 bahasa dengan mengetik. Selain itu kita juga bisa menyalin teks dari aplikasi apapun dan menerjemahkannya.

Khusus untuk mode offline, baru bisa mendukung 59 bahasa. Ada fitur terjemahan kamera instan, yaitu kita bisa menggunakan kamera untuk menerjemahkan teks secara cepat dalam 38 bahasa.

Juga ada Mode Kamera, dengan bantuan kamera kita bisa menerjemahkan berbagai teks bahasa asing ke bahasa yang kita inginkan, fitur ini sudah mendukung 37 bahasa.

Selain itu, kita juga bisa terjemahkan percakapan duarah dengan cepat dalam 32 bahasa dengan Mode Percakapan. Dan kita juga bisa menggunakan tulisan tangan untuk menggambar karakter kata untuk menggantikan keyboard, fitur ini sudah mendukung 93 bahasa.

Kedepannya fitur yang ada pada Google Translate mungkin akan terus bertambah.

Semoga bermanfaat.

Johnny Saketeng
Manusia normal seperti pada umumnya, suka makan dan minum, juga suka tidur. Saat ini sedang belajar menulis seputar teknologi.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here