Filosofi Hujan Tentang Cinta dan Kehidupan

0
Image By Walldevil

Hujan merupakan sebuah fenomena alam biasa yang terjadi hampir disetiap tempat di seluruh belahan dunia. Saya disini tidak akan mengupas tentang apa itu arti Hujan atau definisinya secara ilmiah. Tapi akan membahas tentang makna serta filosofi yang terkandung entah dalam hal cinta maupun kehidupan.

Hujan selalu ditunggu tapi kadang juga dibenci, setiap orang mempunyai pandangan tersendiri terhadap hujan. Ketika kemarau hujan selalu ditunggu, namun tibanya turun berlebihan maka banyak orang akan mengumpatnya. Hujan identik dengan rasa dingin, tapi yang saya rasakan adalah setiap hujan turun selalu membawa kehangatan dan rasa nyaman.

Banyak sekali makna dan pesan yang terkandung dalam setiap butirnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu :

Kenangan, Rindu dan Cinta

Image By Fotostrana
Image By Fotostrana

Hujan adalah hal yang sangat biasa namun begitu berkesan. Bukan tentang hujannya, tapi tentang momen yang terjadi dikala hujan. Khususnya dengan sang kekasih maupun sang mantan, pasti terselip beberapa kenangan Indah saat hujan. Dan itu sangat sulit untuk dilupakan, dan biasanya teringat kembali saat hujan turun.

Rindu dikala hujan turunpun tak kalah hebatnya, kamu pasti pernah mendengan istilah “Hujan mengundang Kerinduan”. Apalagi untuk dua insan yang sedang menjalani Long Distance Relationship atau Hubungan jarak jauh, disetiap hujan pastilah teringat kenangan dengan si dia dan hal itu mengundang rindu untuk cepat berjumpa.

Kenangan dan Rindu itu semua pastinya ya tentang Cinta. Dan saya yakin beberapa dari kalian ada yang terlahir dari sebuah cinta dikala hujan. Hujan akan terasa hangat jika bersama pasangan dan dua insannya akan terdorong untuk merasakan apa itu cinta yang sebenarnya. Masih belum mengerti ? selamat berpikir lagi sampai ngerti, hehehe.

Baca Juga :  Cara Burning CD dengan Aplikasi maupun Tanpa Aplikasi

Filosofi Hujan tentang Kehidupan

Tahukah kamu, bahwa hujan memiliki sifat yang bisa manusia ambil makna baiknya dalam hidup. Jika kita bisa menafsirkannya lebih dalam dan lebih luas maka banyak sekali, dan mungkin bisa jadi motivasi alami. Tak perlu kamu mencari motivator untuk termotivasi, cukup kaji dan cari makna tentang hujan. Apa saja sih, simak beberapa filosofinya dibawah ini :

1. Hujan bisa Marah, Jika Manusia tidak punya rasa Peduli

Image By The Atlantic
Image By The Atlantic

Bukan mahluk hidup saja yang bisa marah, hujanpun sama. Jika kamu adalah tipe orang yang tidak peduli terhadap lingkungan maka siap-siaplah terkena dampak dari marahnya hujan. Banjir dan longsor merupakan bukti nyata, Jika hujan turun dengan sangat deras dan lingkungan tak lagi kondusif maka terjadilah bencana.

Intinya manusia harus sadar bahwa bencana yang ditimbulkan bukan karena pure fenomena alam, namun beberapa karena ulah manusia. Bagaimana tidak, banyak orang jaman sekarang yang membuang sampah serta menebang pohon sembarangan tanpa memikirkan akibatnya. Jadi Intropeksi diri, dan mulailah berubah untuk peduli terhadap alam agar hujan tak lagi marah pada manusia.

2. Hujan itu Dingin dan Nyaman

Image By BhmPics
Image By BhmPics

Setelah cuaca panas dan menimbulkan rasa gerah yang tidak menyenangkan tiba-tiba hujan turun dan membawa rasa dinginnya. Dingin yang dibawa hujan seakan mengajak kita untuk beristirahat sejenak. Makna yang bisa diambil dari poin yang kedua ini adalah janganlah terlalu mengutamakan amarah, terkadang kita harus bersikap dengan kepala dingin dan lebih santai dalam menghadapi sesuatu.

Hujan memang dingin, tapi entah kenapa bisa menjadikan kita nyaman dikala beristirahat. Sifatnya yang satu ini mengajarkan kita bahwa sesuatu yang kita rasakan pertama kali akan terasa berbeda jika kita memandangnya dari perspektif yang lain. Contohnya jika kamu bertemu dengan orang yang cuek, jangan dulu kamu tutup hati. Cobalah untuk menyelaminya, siapa tahu dibalik kecuekannya tersimpan kehangatan yang bisa membuatmu nyaman.

Baca Juga :  Mengejutkan, Setelah keluar dari BOOM ID inYourdream ternyata masuk team ini !

3. Hujan tak Pernah menyerah

Image By Geekswipe
Image By Geekswipe

Hujan terus turun hingga semua tempat terlihat sejuk dan menenangkan. Hujan seakan mengajarkan kita untuk terus mencoba meskipun ribuan kali kamu jatuh. Jangan pernah untuk menyerah, karena jatuh merupakan hal yang biasa dalam kehidupan. Tetaplah kuat dan dan teruslah berusaha untuk menggapai sesuatu.

4. Hujan mengajarkan tentang Sabar

Image By Walldevil
Image By Walldevil

Hujan biasanya akan turun setelah sekian lama kemarau, makna dibalik poin yang satu ini adalah kita harus sabar dalam menghadapi sesuatu. Semua rasa panas dan kering akibat kemarau yang berkepanjangan akan sirna begitu saja ketika hujan turun. Jika kamu saat ini merasakan hidup yang pahit dan dipenuhi kesengsaraan, maka bersabarlah karena suatu saat hal itu akan berubah menjadi indah dan bahagia pada waktunya.

5. Hujan membawa harapan

Image By Hipwee
Image By Hipwee

Setiap manusia selalu mempunyai harapan, dan kamu jangan pernah berhenti untuk berharap. Hujan turun biasanya membawa harapan baru bagi setiap manusia, khususnya para petani yang setiap tahun selalu mendamba kedatangannya. Tahu tentang kutipan film legend nya Morgan Freeman yang berjudul The Shawshank Redemption ? Di Film itu ada kutipan seperti ini “Hope is a Good thing, Maybe the best of things, and No good thing ever dies”

6. Hujan akan tetap turun, Meski kadang dibenci

Image By Videezy
Image By Videezy

Ada beberapa orang yang tidak senang akan turunnya hujan, tapi dia selalu turun pada waktunya karena memang hujan itu adalah hal yang baik. Makna yang bisa kita ambil adalah jangan pernah berhenti untuk berbuat jika itu menyangkut dengan kebaikan. Meski banyak orang yang mencaci ataupun mengomentari, jangan pernah hiraukan mereka jika menurutmu itu memanglah hal yang baik untuk dilakukan.

Baca Juga :  Penyembuhan Instan, Mukjizat Tuhan atau Modus Penipuan ?

7. Hujan selalu ada karena dibutuhkan

Image By Lifehack
Image By Lifehack

Hujan merupakan anugerah dari yang maha kuasa, entah bagaimana jadinya jika dunia tanpa hujan. Hujan akan selalu turun karena memang dia dibutuhkan, seakan dia tahu bahwa dia memang ada karena bermanfaat. Hal itu bisa jadi pelajaran untuk kita agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain serta selalu siap jika ada teman atau kerabat yang sedang membutuhkan kehadiran kita di sampingnya.

Bagaimana ? luas sekali bukan, jika kita mengkajinya lebih dalam maka segala sesuatu memang begitu syarat akan beribu makna. ya salah satunya hujan, banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari fenomena yang satu ini jika memandangnya secara positif. Semoga tulisan ini bermanfaat dan membuat kita lebih bersyukur akan segala sesuatu yang diberikan Tuhan. Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel dari penulis amatir ini 😀 .

Hanya Seorang Player Noob di sebuah game yang bernama "Kehidupan"
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here