5 Fakta Menarik Snapdragon 855 yang Harus Kamu Ketahui

0
Snapdragon 855 Qualcomm

Qualcomm sebagai pabrikan Amerika yang memproduksi chipset processor smartphone ini tampaknya terus berinovasi dengan hasil produksinya. Belum lama ini Gualcomm merilis chipset berkelas yang paling baru dengan nama Snapdragon 855.

Kehadiran chipset milik Qualcomm tersebut akan membawa fitur-fitur anyar. Bahkan dikabarkan memiliki kecanggihan berlipat dari seri sebelumnya.

Menguak Fakta Snapdragon 855 Qualcomm

 

Sebagai salah satu perusahaan yang memang bergerak di bidang teknologi untuk penyediaan chipset ponsel canggih, tentu tak ada yang perlu diragukan lagi dari produk Qualcomm. Sebab chipset Qualcomm sudah menjadi produk andalan yang ditanamkan pada berbagai ponsel cerdas yang populer di dunia.

Bahkan chipset Snapdragon 855 ini dikabarkan akan hadir pada smartphone flagship tahun depan. Lantas apa yang akan ditawarkan chipset keluaran terbaru ini? Kamu harus cek deretan fakta mengenai Snapdragon 855 berikut ini.

1. Mendukung Jaringan 5G

Chipset Snapdragon 855 mendukung jaringan 5G
Chipset Snapdragon 855 mendukung jaringan 5G (Engadget)

Kalau saat ini zamannya jaringan di ponsel pintar itu 4G, ternyata muncul baru yang lebih berkualitas tinggi berupa jaringan 5G. Sebagai chipset yang banyak digunakan oleh banyak smartphone merek ternama dunia, Snapdragon 855 kini hadir dengan teknologi mumpuni pendukung jaringan 5G. Lantas apa yang jadi kehebatan koneksi 5G?

Jaringan 5G ini tentu saja mempunyai kemampuan yang mumpuni lebih dari 4G. Dibanding sambungan internet biasa lebih dari 100 kali. Bahkan jaringan 5G diklaim akan mengungguli sambungan internet yang memakai fiber optik sekalipun. Keren bukan teknologi satu ini?

Kecepatan jaringan ini disebut-sebut bisa hanya butuh waktu hitungan detik saja untuk mengunduh video film yang terbilang panjang layaknya serial Stranger Things yang memiliki delapan episode semusim.

Mengagumkannya lagi, dengan jaringan 5G maka latency akan terpengaruh. Apa itu latency? Ini seperti waktu respon saat kamu klik tautan hingga situs itu terbuka. Hitungannya hanya 1 milidetik.bisa dibayangkan bukan seberapa cepatnya?

Namun sayangnya, Snapdragon 855 ini tak akan bisa kerja sendiri untuk bisa dapat keistimewaan dari jaringan 5G. Chipset keluaran Qualcomm ini harus disandingkan bersamaan dengan modem X50.

2. Meningkatkan Performa AI

Snapdragon 855 meningkatkan performa AI
Snapdragon 855 meningkatkan performa AI hingga tiga kali lipat dibandingkan chipset versi sebelumnya (DPReview)

Hal menarik yang ditawarkan chipset Snapdragon 855 ialah meningkatkan kemampuan fitur AI pada ponsel pintar dengan performa sampai 3 kali lipat. Lantas apa yang dimaksud fitur AI ini? Selama ini smartphone dengan spesifikasi tinggi memang hadir dengan adanya performa AI yang mumpuni.

AI sendiri bekerja untuk mendapatkan kualitas foto professional. Selain itu, AI juga memiliki pengaruh besar pada Google Assistant dan Bixby, serta bertugas memberi rekomendasi suatu konten pada pengguna. Pasti kamu pernah bukan menikmati fitur ini pada smartphone ini? Ya, itulah campur tangan fitur AI.

Kehadiran Snapdragon 855 ini akan memberi peningkatan performa kecerdasan buatan AI ini lebih dari pendahulunya, Snapdragon 845.

3. Smartphone Pertama yang Gunakan Snapdragon 855

Xiaomi Mi Mix 3 dengan Snapdragon 855 dan jaringan 5G

Mengetahui smartphone apa yang pertama kali menggunakan kecerdasan chipset Snapdragon 855 Qualcomm pasti akan mengundang penasaran. Pabrikan ponsel pintar yang pertama menggunakan Snapdragon 855 adalah Xiaomi.

Xiaomi mengeluarkan produk seri terbarunya Mi Mix 3 yang sudah dibekali Snapdragon 855 berjaringan 5G. padahal sehari sebelumnya, pabrikan smartphone Amerika Oneplus sudah menyatakan diri bahwa mereka yang akan gunakan chipset flagship teranyar dari Qualcomm.

Tetapi kenyataan berkata lain, justru pesaingnya Xiaomi-lah yang besoknya keluarkan ponsel bertenaga chipset Snapdragon 855 Qualcomm. Wah, ditikung jauh lebih cepat ya oleh pesaingnya!

4. Peningkatan Sensor Sidik Jari dan Fitur Gaming

Mendengar fakta satu ini saja sudah pasti akan membuat siapa saja begitu tertarik. Apalagi selama ini di pasaran smartphone sudah banyak sekali yang menawarkan pengalaman gaming bagus lewat Razer Phone 2 dan Asus ROG Phone. Ditambah lagi game mobile juga makin bermunculan dan begitu digemari para gamer. Sebut saja PUBG dan Mobile Legends yang membuat si gamer begitu betah memainkannya.

Melihat tren smartphone gaming yang makin tinggi, Qualcomm tak mau tinggal diam. Pabrikan asal Amerika ini akahirnya keluarkan Snapdragon Elite Gaming yang akan beri pengalaman gaming menarik bagi pengguna. Nah, Snapdragon 855 inilah yang jadi chipset wahid yang dapat jalankan kecanggihan itu.

Selain soal gaming, Qualcomm juga membidik kecanggihan lewat sensor sidik jari pada layar smartphone. Lewat chipset Snapdragon 855 ini Qualcomm kenalkan 3D Sonic Sensor yang akan mana mengandalkan ultrasonic sebagai pembaca sidik jari pengguna.

3D Sonic Sensor ini akan jadi solusi sensor sidik jari yang umumnya ada. Pasalnya sensor sidik jari lama dinilai kurang akurat. Pemakaian cahaya akan membuat sensor sidik jari jadi butuh respons lebih lama dibanding yang konvensional. Bahkan saat layar kotor atau basah, sensor tak akan mampu membaca sidik jari pengguna. Nah permasalahan inilah yang akan teratasi dengan adanya 3D Sonic Sensor Snapdragon 855.

5. Sempat Dirumorkan Bernama Snapdragon 8150

Ada rumor yang sempat berkembang sebelum diluncurkannya chipset Snapdragon 855. Qualcomm disebut-sebut akan beri nama chipset ponsel flagship ini dengan Snapdragon 8150, tak mengambil nama dengan diikuti 3 angka layaknya model sebelumnya, Snapdragon 845.

Kenyataan berkata lain, Qualcomm tetap menggunakan penamaan dengan tiga anka untuk chipset Snapdragon teranyar. Meski begitu, rumor itu tidak sepenuhnya salah, pasalnya angka 8150 tetap ada sebagai kode nama Snapdragon 844, yaitu SM8150.

Setelah mengetahui lima fakta seputar Snapdragon 855 Qualcomm di atas, pasti jadi tidak sabar menantikan kehadirannya tersemat pada smartphone ya. Apalagi sudah dijanjikan akan rilis tahun depan.

Pasti kamu juga tak sabar menanti ponsel berkekuatan Snapdragon 855 masuk ke tanah air? Kalau sudah tak sabar untuk tahun depan yang hanya tinggal hitungan minggu, mungkin bisa ya mencari produk Mi Mix 3 milik Xiaomi sebagai ponsel pertama yang rilis dengan Snapdragon 855.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here